Jangan Lengah, Kenali Gejala Penyakit AIDS dan Cara Penularannya

2 min read

Gejala Penyakit AIDS – Menurut data WHO, pada akhir 2014, sekitar 37 juta orang penduduk dunia yang hidup dengan HIV dan 1,2 juta orang meninggal karena penyebab yang terkait penyakit AIDS. Namun, hanya 54% di antaranya yang menyadari bahwa dirinya mengidap HIV/AIDS.

Cara Penularan Virus Secara Umum

Penyakit AIDS
Penyakit AIDS | doktersehat.com

Virus HIV/AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan beragam komplikasi yang membuat penderitanya mengalami depresi berat. Anda pun tentu tidak ingin mengalaminya. Untuk itu, Anda perlu tahu cara penularan virus ini agar dapat menghindarinya.

1. Hubungan Badan tanpa Pengaman

Ketika seseorang yang sudah terinfeksi virus melakukan hubungan suami istri tanpa pengaman, sangat besar kemungikannya ia akan menularkan virus kepada pasangannya. Virus akan berpindah melalui pertukaran cairan saat berhubungan.

2. Alat Suntik

Cara penularan ini umum terjadi di kalangan para pengguna narkoba akibat sering memakai jarum suntik secara bergantian. Petugas rumah sakit juga rentan tertular HIV akibat jarum suntik bekas sampel darah pasien HIV tidak sengaja menancap di kulit.

3. Dari Ibu Hamil kepada Bayinya

Janin yang dikandung seorang ibu yang positif HIV berpotensi besar tertular virus dari ibunya. Penularan sangat mungkin terjadi selama proses persalinan dan menyusui. Oleh karena itu, seorang ibu pengidap HIV/AIDS sangat dianjurkan untuk tidak memberikan ASI.

4. Transfusi Darah

Virus HIV juga bisa menyebar melalui proses transfusi darah, yakni dari pendonor yang positif HIV kepada penerima darah atau karena darah tercemar virus HIV. Untuk itu, penting sekali dilakukan screening untuk memastikan darah bebas HIV.

Apakah yang akan Terjadi bila Seseorang Terinfeksi Virus?

Gejala Penyakit AIDS
Penyakit AIDS | metroasahan.com

Virus HIV bekerja secara perlahan, tetapi sangat mematikan. Proses yang terjadi sejak infeksi hingga muncul gejala dan dinyatakan positif mengidap penyakit AIDS membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Apa sebenarnya yang terjadi bila seseorang terinfeksi virus? Berikut ini tahapan-tahapannya:

a. Tahap I – Infeksi Akut

Tahap ini terjadi dalam 2-6 minggu setelah terinfeksi. Gejalanya mirip gejala flu, seperti demam, badan menggigil, berkeringat saat malam hari, nyeri otot, radang tenggorokan, mudah letih, kelenjar getah bening membesar, sariawan, dan muncul ruam pada kulit.

Untuk membedakannya, Anda bisa mengamati kemunculan gejala tersebut. Gejala flu biasa akan hilang dalam waktu satu minggu dan tidak mucul lagi. Sebaliknya, jika gejala terjadi berulang kali dan semakin berat, hal itu kemungkinan merupakan pertanda infeksi HIV.

b. Tahap II – HIV Positif

Biasanya, orang yang terinfeksi tidak merasakan gejala yang signifikan, bahkan terlihat sehat karena perkembangan virus mulai melambat, meski tetap bereproduksi. Setelah beberapa bulan infeksi terjadi, 40%-90% penderita mengalami sindrom ARS (Accute Retroviral Syndrome).

Dalam hitungan 5-10 tahun, virus HIV akan membuat kadar sel kekebalan tubuh (CD4+) semakin menurun. Jumlah virus dalam tubuh penderita menjadi semakin banyak dan mulai merusak sistem kekebalan tubuh. Penderita menjadi mudah terserang berbagai macam penyakit.

c. Tahap III – HIV/AIDS

Jumlah virus yang semakin banyak dan jumlah CD4+ semakin menurun hingga di bawah 200 sel per mikrometer membuat kekebalan tubuh semakin hancur. Orang dengan HIV akan dinyatakan positif AIDS. Pada fase ini, penyakit berat mulai menyerang dan mengancam nyawa penderita.

Gejala Terkena Virus

Gejala Penyakit AIDS
Penyakit AIDS | kuyahejo.com

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus HIV atau tidak adalah melalui tes HIV. Namun, Anda dapat mengenali gejala-gejala orang yang terjangkit virus HIV yaitu:

  • Demam mendadak dan lama
  • Mudah lelah
  • Pembengkakan getah bening
  • Sakit kepala yang konstan.
  • Sakit tenggorokan
  • Kulit menjadi sensitif
  • Mual dan diare
  • Kuku berubah warna, lebih tebal, dan mengeriting
  • Sering berkeringat di malam hari
  • Infeksi atau luka genital
  • Tangan dan kaki kesemutan
  • Kehilangan memori
  • Menstruasi tidak teratur
  • Berat badan turun drastis

Begitu mengerikannya dampak yang diakibatkan oleh serangan virus ini. Oleh karena itu, sebelum menyesal, hindarilah perilaku berisiko untuk melindungi diri dari penyakit AIDS yang mematikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *