7 Gejala Kolesterol Tinggi Pada Tubuh dan Cara Mengatasinya

1 min read

Gejala Kolesterol Tinggi – Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang terdapat pada setiap sel dalam tubuh. Kolesterol kerap dikonotasikan negatif, sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan seperti jantung koroner dan stroke. Namun, sebenarnya kolesterol sangat diperlukan oleh tubuh. Yang menjadi masalah adalah ketika gejala kolesterol tinggi menghinggapi Anda.

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol dalam darah yang sudah melebihi batas normal (160-200 mg) seringkali belum menimbulkan gejala yang dirasakan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan tes darah atau meninjau riwayat kesehatan keluarga dan gaya hidup. Namun, secara umum ada 7 gejala kolesterol tinggi yang harus diperhatikan.

1. Rasa nyeri pada kaki

Gejala Kolesterol Tinggi

Rasa nyeri pada kaki atau klaudikasio merupakan gejala umum kolesterol. Hal ini diakibatkan oleh arteri yang tersumbat sehingga aliran darah ke kaki tidak lancar. Sebagian penderita kolesterol tinggi mengalami cepat lelah atau kaki terasa berat.

2. Pemulihan luka lamban

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala kolesterol ini hampir menyerupai diabetes. Luka terutama di kaki akan sulit pulih, disebabkan penurunan sirkulasi darah.

3. Diare yang berkepanjangan

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Tubuh dapat menyerap sepertiga kebutuhan kolesterol dari makanan. Dalam kondisi normal, hati dapat memproduksi kolesterol sesuai kebutuhan. Namun, dalam kondisi tertentu hati tidak dapat mendeteksi kebutuhan sehingga timbul masalah metabolisme lemak yang mengakibatkan diare berkepanjangan.

4. Lesu dan migrain

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Terganggunya metabolisme lemak bisa mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Kemudian organ pencernaan akan mengirimkan sinyal kenyang pada otak agar tidak menambah asupan dari luar. Akibatnya tubuh akan terasa lesu disertai migrain karena kekurangan energi.

5. Fungsi otak menurun

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Otak menyimpan kolesterol hingga 25%. Oleh karena itu, jika proses metabolisme tidak optimal produksi kolesterol darah akan terganggu. Jika kadar kolesterol LDL lebih tinggi dari HDL, otak akan mengalami gangguan seperti mudah emosi, daya ingat menurun, dan gejala alzheimer.

6. Jantung terasa sakit dan berdebar

Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol berlebihan akan menghambat sirkulasi darah sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah agar mengalir normal. Efeknya, jantung akan terasa sakit dan kadang berdebar-debar seperti baru saja berlari.

7. Obesitas

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Metabolisme lemak yang terganggu akan mengakibatkan gas dan lemak menumpuk pada daerah perut. Dengan demikian sel-sel lemak akan semakin banyak dan mengakibatkan kegemukan hingga berpotensi obesitas.

Akibat Kolesterol Tinggi

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat mengakibatkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah arteri atau aterosklerosis. Kondisi ini menjadikan aliran darah tersumbat sebagian atau seluruhnya sehingga memicu penyakit jantung koroner.

Apabila aterosklerosis terjadi pada arteri yang memasok darah ke jantung, maka akan timbul nyeri dada dan gejala jantung koroner. Plak pada arteri juga dapat pecah dan menimbulkan gumpalan darah di permukaannya.

Gumpalan pada plak yang besar akan menghalangi aliran darah sehingga otot jantung akan kekurangan oksigen. Kalau kondisi ini tidak cepat pulih, bisa terjadi serangan jantung.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

7 Gejala Kolesterol Tinggi

Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup yaitu:

  • Mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan lemak sehat.
  • Mengurangi konsumsi makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans.
  • Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran.
  • Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula.
  • Rutin berolahraga.
  • Menghentikan kebiasaan merokok.

Berbagai cara di atas dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami jika dilakukan secara konsisten. Akan tetapi, jika kadar kolesterol tetap tinggi, konsultasikan segera kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lanjut.


Demikian yang dapat diuraikan mengenai gejala kolesterol tinggi dan dampaknya bagi kesehatan serta cara-cara mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Amalkan selalu gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *