Gejala Kanker Rahim yang Wajib Anda Ketahui

2 min read

Gejala Kanker Rahim – Tidak seperti banyak penyakit lain, kanker leher rahim bukanlah penyakit keturunan. Kanker leher rahim disebabkan oleh virus yang bernama papillomavirus.

Pada tahap awal, kanker rahim biasanya tidak menimbulkan gejala yang membuat tidak nyaman. Gejala kanker rahim pada waktu awal biasanya sama dengan gejala flu biasa, serta sakit sendi yang nanti akan sembuh sendiri.

Kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan penyakit yang menyerang leher rahim organ reproduksi wanita. Biasanya gejala baru akan muncul pada stadium lanjut.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain itu, Anda juga perlu mengamati ciri ciri kanker serviks agar bisa mengenalinya sejak dini dan melakukan pengobatan secepatnya.

Makanan Penyebab Kanker Serviks

Kanker Rahim
Kanker Rahim | patas.id

Selain disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) kanker rahim juga tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh pola makan yang salah. O

leh karena itu, sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan yang dianggap dapat memicu timbulnya sel kanker serviks untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Makanan yang dianggap sebagai pemicu timbulnya sel kanker rahim yaitu makanan dengan kandungan alkohol. Pada dasarnya alkohol merupakan zat yang tidak baik bagi tubuh. Terlebih lagi, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu timbulnya sel kanker.

Selain itu, makanan yang diolah dengan cara dibakar juga dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Makanan yang diolah melalui proses pembakaran dengan arang seperti sate dapat menyebabkan aktifnya zat beracun sehingga memicu tumbuhnya sel kanker.

Makanan berlemak juga merupakan salah satu penyebab kanker serviks. Wanita yang mengonsumsi banyak makanan berlemak berpotensi terkena kanker serviks lebih besar ketimbang wanita yang mengonsumsi buah dan sayur.

Hal ini karena lemak dapat memproduksi hormon estrogen, kondisi rahim yang sering terpapar hormon estrogen dapat memicu timbulnya sel kanker.

Ciri Ciri Kanker Serviks Pada Remaja

Gejala Kanker Rahim
Kanker Rahim | http://ngomongin.com

Gejala kanker rahim memang jarang terlihat pada stadium awal. Namun jika kanker rahim dapat dideteksi lebih dini, maka tentu akan lebih mudah melakukan pengobatan dan penyembuhannya.

Gejala awal kanker serviks pada remaja yaitu keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina. Jika keluar darah bukan dalam siklus menstruasi dan berbau busuk, sebaiknya Anda mewaspadainya.

Selain itu, pendarahan setelah melakukan hubungan seksual, terdapat darah pada urin, serta pendarahan di luar siklus haid atau menopause juga dapat menjadi salah satu ciri kanker rahim.

Keputihan yang tidak normal juga dapat menjadi salah satu tanda kanker rahim. Lendir pada keputihan akan mengalami perubahan tekstur serta warna dan memiliki aroma yang tidak sedap.

Gejala Kanker Serviks Stadium Dua

Kanker Rahim
Kanker Rahim | infokusehat.com

Karsinoma serviks berkembang sangat lambat dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang dari beberapa sel menjadi tumor.

Pada tahap awal kanker serviks, gejalanya mungkin tidak ada. Hal ini menjadi salah satu faktor pentingnya pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Ketika tumor telah mencapai ukuran tertentu, barulah muncul beberapa keluhan fisik. Kaki yang bengkak, kencing atau buang air besar yang menyakitkan, nyeri perut yang tidak jelas, nyeri panggul, atau nyeri punggung persisten dapat menjadi gejala kanker serviks. Dalam kasus penyakit lanjut, gejala nonspesifik seperti kelemahan umum atau penurunan berat badan juga mungkin muncul.

Deteksi dini kanker rahim penting dilakukan agar harapan sembuh dari kanker rahim lebih tinggi. Selain pendeteksian secara dini, melakukan pencegahan kanker rahim dengan menjauhi makanan yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dan vaksinasi HPV juga dapat menjadi alternatif.

Selain makanan, faktor kebersihan seperti mencuci pakaian dalam di tempat atau wadah yang samajuga menjadi salah satu penyebab timbulnya sel kanker rahim. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan dengan meminimalisir faktor-faktor yang dapat memicu sel kanker.


Jika gejala kanker rahim yang disebutkan di atas muncul, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan lupa pula untuk terus menjalankan kebiasaan hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *