Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Sejak Dini

1 min read

Gejala Kanker Paru-Paru – Kanker paru-paru (karsinoma bronkial) mengacu pada penyakit ganas pada bronkus. Karsinoma mempengaruhi sekitar 25 persen dari semua pasien kanker.

Gejala kanker paru-paru yang muncul sangat beragam, tetapi gejala tersebut juga bisa terjadi pada banyak penyakit lain. Oleh karena itu, jika gejala tersebut muncul sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk diagnosis lebih awal.

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal

Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru | kondisiumum.com

Deteksi dini kanker paru-paru sangat sulit dilakukan. Ketika pasien mengalami gejala yang mencolok seperti nyeri dada, sesak napas atau batuk berdarah, tumor biasanya telah berkembang dengan baik dan telah menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Semua pasien yang lebih berisiko terkena kanker paru paru seperti perokok sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin di spesialis paru.

Tidak ada gejala khas awal kanker paru paru. Namun, ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan untuk diantisipasi, terutama di kalangan perokok.

Batuk adalah gejala yang mungkin dari penyakit ini. Jika Anda sering batuk baru-baru ini apalagi bagi Anda yang merupakan perokok aktif, sebaiknya segera lalukan pemeriksaan dengan dokter.

Terlebih lagi jika Anda mengalami batuk berdarah. Tanda-tanda lainnya yaitu penurunan berat badan dan penurunan kinerja fisik secara umum. Terjadinya nyeri dada dan bahu atau kelumpuhan lengan juga bisa merupakan gejala kanker paru paru.

Tanda-tanda penyakit ini seringkali sangat ambigu, sehingga Anda mungkin bisa salah menilai pada awalnya. Jika tanda-tanda tersebut muncul hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik.

Kemudian lakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk mendeteksi adanya kanker atau tidak. Makin dini diagnosis, akan lebih baik prognosisnya.

Gejala Kanker Paru-Paru Basah

Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru | catatanmini.com

Alveolus yang berisi cairan atau nanah sehingga menyebabkan penderita kesulitan bernapas adalah salah satu ciri paru paru basah. Pada umumnya paru-paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri atau serangan virus.

Gejala paru-paru basah dapat ditandai dengan munculnya gangguan seperti batuk kering yang disertai dahak dan mengi, serta nyeri dada yang semakin parah ketika batuk. Napas cepat serta asma juga dapat menjadi salah satu gejala yang muncul.

Bila gejala-gejala tersebut muncul, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan di klinik kesehatan terdekat. Apalagi jika mengalami gejala lain seperti perubahan warna kulit membiru karena kekurangan oksigen dan kerap merasa linglung.

Pencegahan Kanker Paru-Paru

Gejala Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru | doktersehat.com

Penyebab utama kanker paru paru adalah merokok. Dalam tar rokok ada lebih dari 70 zat karsinogenik. Risiko terkena penyakit kanker paru paru akan semakin meningkat jika seseorang telah mulai merokok pada waktu muda dan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk melindungi diri dari kanker paru paru adalah berhenti merokok, atau bahkan tidak merokok sama sekali.

Risiko terkena kanker paru paru akan terus menurun setelah berhenti merokok. Saat ini pun sudah ada alat bantu yang efektif bagi mereka yang ingin berhenti merokok.

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker paru paru adalah radon, gas mulia radioaktif yang diproduksi di tanah dan dapat masuk ke rumah dari tanah.

Selain itu, polusi udara, terutama partikulat dan jelaga diesel, arsenik, kromium dan senyawa nikel juga dapat meningkatkan risiko kanker paru paru.


Gejala kanker paru-paru biasanya hanya muncul pada stadium lanjut. Hal ini menunda diagnosis penyakit dan membuat perawatan menjadi lebih sulit.

Tidak ada keluhan atau tanda-tanda yang jelas menunjukkan seseorang menderita kanker paru paru. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala ke klinik kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *