Gejala Kanker Otak Stadium Awal-Akhir yang Wajib DiKetahui

2 min read

Gejala Kanker Otak – Kanker otak merupakan pertumbuhan sel tidak normal atau tumor ganas pada otak. Sel tidak normal tersebut dapat menguasai ruang, darah, dan nutrisi sel-sel sehat dalam tubuh.

Gejala kanker otak harus dikenali sejak awal karena organ ini sangat vital. Gangguan pada otak dapat menimbulkan masalah kompleks pada tubuh dan berakibat fatal.

Kanker otak termasuk kanker yang mematikan dan kerap menyebabkan penderitanya tidak dapat bertahan hidup dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan perkembangan tumor ganas yang cepat dan menyebar ke bagian tubuh lain, serta dapat muncul kembali meski sudah diangkat.

Untuk membantu Anda mengenali gejala pada penyakit kanker otak lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Sampai Akhir

Gejala Kanker Otak
Kanker Otak | klikdokter.com/

Kanker otak dapat menyerang bagian otak tertentu. Meski jinak, kanker ini sangat berbahaya karena tumbuh di sel otak, sehingga dapat mengganggu fungsi dan merusak susunan saraf pusat yang terletak di dalam rongga tengkorak.

Berkembangnya tumor mengakibatkan jaringan otak semakin tertekan dan menyebabkan munculnya sakit kepala sebagai gejala awal kanker otak. Faktor yang dapat menurunkan atau mempercepat pertumbuhannya antara lain radiasi dan pola makan tidak sehat.

Berikut stadium kanker otak:

Stadium 1

Pada stadium 1, sel tumor masih terlihat normal jika dilihat melalui mikroskop. Gejala kanker otak stadium 1 sulit dideteksi karena penderita umumnya belum merasakannya. Tanda-tanda kanker juga tidak terlalu jelas, sehingga penderita tidak menyadari keberadaan sel kanker pada otaknya.

Stadium 2

Pada stadium 2, pertumbuhan sel tumor lambat tetapi mulai terlihat tidak normal. Penderita sudah mulai merasakan gejalanya seperti kelelahan berlebihan meski tidak melakukan aktivitas berat. Hal ini disebabkan pasokan oksigen ke otak tidak lancar. Penderita juga kerap menurun kondisi tubuhnya dan pingsan.

Stadium 3

Pada stadium 3, sel terlihat tidak normal dan mulai berkembang aktif. Penderita kanker stadium 3 biasanya mulai mengalami sakit kepala yang parah dengan intensitas tinggi. Sakit kepala biasanya dibarengi dengan mimisan, terkadang kaki dan tangan sulit digerakkan, dan keseimbangan tubuh terganggu.

Stadium 4

Pada stadium 4, sel sudah berbentuk tidak normal dan tumbuh begitu cepat. Apabila penderita sampai pada tahap ini, penglihatan mulai terganggu dan mengalami gangguan pendengaran.

Ciri-ciri Kanker Otak Ringan

Gejala Kanker Otak
Kanker Otak | doktersehat.com

Deteksi dini pada kanker otak ringan sangat penting untuk memperbesar harapan hidup penderita. Untuk mengenali tanda-tandanya cukup sulit karena perbedaan kondisi penderita. Namun secara umum, ciri-ciri kanker otak ringan antara lain:

  • Nyeri kepala. Keluhan nyeri yang menusuk terdapat pada titik tertentu atau meluas di seluruh kepala.
  • Limbung. Penderita merasa seolah sedang terombang-ambing seperti di dalam kapal. Ada juga yang mengeluhkan pandangan gelap sesaat dan mual karena keseimbangan mulai terganggu.
  • Fungsi motorik menurun. Kesulitan melakukan gerakan tertentu yang kadang disangka sebagai kelelahan biasa.
  • Gangguan emosi. Apabila kanker menyerang bagian otak yang mengatur emosi, penderita bisa jadi mengalami kemurungan, menjadi pemarah atau emosional.
  • Gangguan kognitif. Kanker yang mengganggu bagian tertentu pada otak dapat mengakibatkan konsentrasi, kemampuan berhitung, dan menganalisis terganggu.

Kanker Otak Stadium 4

Gejala Kanker Otak
Kanker Otak | liputan6.com

Kanker otak stadium 4 merupakan fase yang paling menakutkan karena penyakit telah menyebar hingga hampir seluruh tubuh. Kemungkinan sembuhnya pun sangat kecil.

Dilansir dari newhealthguide.org, kanker otak stadium akhir memiliki ciri-ciri pendengaran terganggu, tidak bertenaga, melemahnya koordinasi gerakan, halusinasi, gangguan memori, penglihatan ganda, kaki dan tangan mati rasa, kejang, mual dan muntah, sakit kepala, perubahan perilaku, dan berat badan yang turun drastis.

Setelah terdiagnosis mengidap kanker otak stadium 4, penderita diharuskan menjalani pengobatan berupa operasi, kemoterapi, dan radiasi untuk membasmi sel kanker.


Itulah gejala kanker otak yang wajib Anda ketahui. Apabila mengalami gejala serupa segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *