Ciri Ciri Gejala Ginjal Tahap Awal Hingga Kronis yang Wajib Anda Ketahui

1 min read

Gejala Ginjal – Ginjal adalah organ penting yang bertugas menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh.

Hasil penyaringan kemudian dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine. Jika ginjal bermasalah, selanjutnya akan muncul cirri ciri gejala ginjal yang harus Anda waspadai.

Ciri-Ciri Gejala Ginjal

Ginjal
Gejala Ginjal | hellosehat.com

Selain menyaring darah, ginjal juga bertugas memisahkan racun, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mengatur keseimbangan elektrolit. Gejala ginjal pada tahap awal biasanya tidak terlalu disadari hingga fungsi utama ginjal mulai menurun.

Ciri-ciri gejala ginjal yang dapat dirasakan yaitu urine sedikit, kulit kering, pucat, dan gatal, mual, muntah, nafsu makan berkurang, serta beberapa bagian tubuh seperti mata dan pergelangan kaki membengkak.

Ada juga penderita yang mengalami gejala lainnya, seperti kram otot, napas pendek, bau mulut, dan mengalami tekanan darah tinggi.

Pada anak-anak, gejala ginjal ditunjukkan dengan sering mengantuk, cepat lelah, nafsu makan berkurang, dan pertumbuhan terlambat.

Gejala Gagal Ginjal Kronis

Gejala Ginjal
Gejala Ginjal | doktersehat.com

Gagal ginjal kronis terjadi ketika fungsi ginjal berada di bawah normal. Gagal ginjal kronis berarti ginjal sudah tidak mampu lagi menyaring kotoran dan mengontrol kadar air dalam tubuh, serta mengatur kadar garam dan kalsium dalam darah.

Akibatnya, zat-zat sisa metabolisme mengendap dalam tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya. Penyakit gagal ginjal kronis berlangsung lambat dan tidak muncul hingga timbul gejala yang parah dan membahayakan.

Gagal ginjal kronis termasuk penyakit yang umumnya terkait dengan proses penuaan. Risiko terkena penyakit ini semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Pada usia 65–74 tahun, diperkirakan 1 dari 5 pria dan 1 dari 4 wanita memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini.

Gejala gagal ginjal kronis antara lain mual dan muntah, hilang nafsu makan, lemah dan lesu, sesak napas, sakit perut, frekuensi buang air kecil meningkat pada malam hari, mati rasa, kesemutan, terasa sensasi terbakar pada tangan dan kaki, serta pembengkakan kaki dan tangan.

Gejala lain yang muncul yaitu sakit perut, kram dan kejang otot, kulit gatal, ketajaman mental menurun, tekanan darah tinggi, dan nyeri dada. Jika terdapat tanda-tanda seperti yang disebutkan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Makanan Penyebab Sakit Ginjal

Gejala Ginjal
Gejala Ginjal | ciputrahospital.com

Tidak hanya pada orang dewasa, penyakit ginjal juga dapat menyerang anak-anak. Penyebabnya, yaitu kelainan ginjal bawaan dan obesitas. Kelebihan berat badan pada anak dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda perlu menghindari makanan yang dapat menyebabkan penyakit ginjal sejak dini. Makanan yang harus dibatasi, yaitu makanan cepat saji, minuman yang memiliki kandungan gula tinggi, dan soda.

Selain itu, kurangi asupan garam dan kolesterol untuk mengontrol tekanan darah, perbanyak sayuran dan buah segar, dan banyak minum air putih agar ginjal sehat. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan mineral.

Di samping menghindari makanan tidak sehat dan mengonsumsi asupan gizi sejak dini, Anda perlu membiasakan gaya hidup sehat di dalam keluarga agar tidak terkena penyakit ginjal.

Misalnya, olahraga secara teratur, banyak melakukan aktivitas fisik ringan setiap hari, serta menghindari paparan rokok dan minuman beralkohol. Lakukan pemeriksan kesehatan secara berkala untuk memastikan tidak ada gejala penyakit yang berbahaya dalam tubuh Anda.


Setelah mengetahui ciri ciri gejala ginjal tahap awal hingga kronis, sebaiknya Anda lebih waspada terhadap penyakit ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.