5 Gejala Ginjal Bermasalah dan Cara Tepat Mengatasinya

1 min read

Gejala Ginjal Bermasalah – Banyak orang yang menganggap enteng gejala ginjal dan memandangnya sebagai hal yang sepele. Padahal, ginjal punya tugas utama untuk menyaring darah dari kotoran dan racun di dalam tubuh, jadi ketika organ ini mulai bermasalah, Anda tidak boleh menyepelekannya.

Gejala Ginjal Bermasalah: Ciri-ciri pada Stadium Awal dan Lanjut

Gejala Ginjal

Penyakit ginjal sendiri sebenarnya bermacam-macam, mulai dari infeksi, batu ginjal, atau bahkan kanker. Tapi apapun jenis penyakitnya, semua memiliki gejala yang cukup mirip dan Anda pun harus waspada ketika merasakan hal-hal di bawah ini:

1. Nyeri pada pinggang belakang

Ginjal terletak di perut bagian belakang di bawah punggung. Ketika ada masalah dengan ginjal, wajar bila Anda merasa nyeri di bagian pinggang belakang.

2. Bermasalah saat buang air kecil

Masalahnya bisa beragam, mulai dari warna urin yang berubah keruh, jadi lebih jarang buang air kecil, hingga terasa sakit saat kencing. Jika sudah stadium lanjut, gejalanya urin berbusa, berdarah, atau bahkan tidak ada produksi urin lagi.

3. Sering mual

Ketika ginjal bermasalah, kotoran dan racun akan menumpuk di dalam tubuh, dan hal inilah yang menyebabkan rasa mual dan ingin muntah.

4. Kulit gatal

Menumpuknya kotoran di dalam tubuh juga berakibat buruk pada kulit sehingga akan terasa gatal-gatal.

5. Bagian tubuh membengkak

Gejala ginjal lainnya pada stadium lanjut adalah adanya bagian tubuh yang membengkak, misalnya perut atau kaki.

Gaya Hidup dan Makanan Penyebab Sakit Ginjal

Gejala Ginjal Bermasalah

Penyakit ginjal merupakan hal serius yang sebisa mungkin harus dicegah. Untuk melakukan pencegahan, Anda pun harus mengetahui dulu penyebab penyakit yang satu ini. Berikut penyebab sakit ginjal yang harus diketahui:

• Kurang minum air putih

Detoksifikasi tubuh paling mudah adalah dengan minum air putih. Bayangkan bila Anda jarang minum, racun semakin menumpuk dalam darah dan akan membuat ginjal bekerja lebih berat. Rajin minum air putih juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal.

• Terlalu sering mengonsumsi obat

Minum obat memang dianjurkan untuk menyembuhkan penyakit, tapi bila terlalu sering dan mengonsumsinya dalam jangka waktu lama, zat-zat kimia di dalamnya bisa mempengaruhi kinerja ginjal.

• Gaya hidup yang buruk

Rokok dan alkohol adalah dua hal yang bisa menambah racun dalam darah dan dapat merusak ginjal. Selain itu, orang yang kurang tidur juga berisiko mengalami sakit ginjal, pasalnya organ-organ tubuh tidak pernah dibiarkan beristirahat saat malam hari.

• Junk food

Junk food adalah makanan dengan kadar gula dan garam yang sangat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi gula dan garam rupanya juga bisa berpengaruh buruk pada ginjal.

• Akibat penyakit lain

Penyakit ginjal juga bisa disebabkan karena adanya komplikasi dari penyakit lainnya. Orang-orang yang menderita diabetes, kolesterol dan tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung ternyata punya resiko lebih tinggi terhadap sakit ginjal.

Obat Penyakit Ginjal

Gejala Ginjal

Pengobatan sakit ginjal tentunya harus berdasarkan jenis penyakit maupun penyebabnya. Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati sakit ginjal:

• Obat

Bila sakit ginjal disebabkan oleh infeksi, dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik. Apabila disebabkan oleh hal lain (misal: tekanan darah tinggi), dokter akan memberi obat ACE inhibitors maupun ARBs.

• Diet

Dokter pastinya juga akan menganjurkan diet sehat untuk mengurangi kadar garam, gula, hingga kalium di dalam tubuh.

• Hemodialisis (cuci darah)

Hal ini hanya dilakukan oleh seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis. Belum ada pengobatan yang tepat untuk gagal ginjal, satu-satunya cara agar penderita bisa bertahan hidup hanyalah dengan melakukan hemodialisis.


Demikian penjelasan mengenai gejala ginjal, penyebab penyakit, maupun cara pengobatannya. Apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala di atas, jangan ragu untuk langsung memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *