Ciri-ciri, Faktor Penyebab Kanker Otak, dan Pengobatannya

2 min read

Faktor Penyebab Kanker Otak dan Pengobatannya – Kanker otak merupakan kondisi ketika sel-sel abnormal tumor ganas tumbuh pada jaringan otak. Kanker ini termasuk kategori berbahaya karena menyerang salah satu organ vital dalam tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ciri-ciri, cara pengobatan, dan pencegahannya, simak ulasan berikut ini.

Ciri-ciri Kanker Otak Ringan Maupun Berat

Penyebab Kanker Otak dan Pengobatannya
Kanker Otak | hellosehat.com

Ciri-ciri kanker ini bisa diketahui dari kemunculan gejala berikut:

  • Sakit kepala. Sakit kepala yang mengindikasikan kanker berbeda dari sakit kepala biasa. Rasa sakit akan muncul pada pagi hari dan malam ketika sedang tidur.
  • Mual dan ingin muntah. Penderita kanker pada otak akan mudah mual dan ingin muntah jika mencium aroma menyengat. Rasa mual dan ingin muntah tersebut juga diikuti dengan sakit kepala seperti ditekan.
  • Kinerja otak menurun. Kanker menyerang organ yang berfungsi untuk berpikir. Akibat dari kinerja otak yang berkurang, fungsinya pun akan terganggu. Karena hal ini konsentrasi dan daya ingat pun mengalami penurunan.
    Jika terdapat ciri-ciri atau gejala seperti disebutkan di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan selanjutnya.

Pengobatan Kanker Otak

Penyebab Kanker Otak dan Pengobatannya
Kanker Otak | penyakit.id

Penanganan terhadap penderita kanker otak dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti usia, kondisi kesehatan, lokasi, ukuran, dan jenis tumor. Tindakan pengobatan yang dapat dilakukan antara lain radioterapi, operasi, kemoterapi, atau kombinasi dari ketiganya.

Operasi

Operasi dilakukan untuk mengangkat tumor dan meredakan gejala kanker. Operasi dijalankan untuk menunjang keberhasilan terapi yang lain. Beberapa metode operasi kanker pada otak antara lain:

  • Kraniotomi. Pada prosedur operasi ini, dokter membelah tulang rangka kepala tempat tumor terdeteksi oleh pemindaian. Setelah diangkat, potongan tulang akan dipasang kembali dengan briket logam kecil.
  • Neuroendoskopi. Operasi dengan pengangkatan tumor lewat lubang kecil yang dibuat pada rangka kepala.
  • Transsphenoidal surgery, operasi dari hidung untuk mengangkat tumor pada kelenjar pituitari tanpa pembedahan rangka kepala.

Kemoterapi

Pengobatan kedua yaitu dengan kemoterapi, yaitu memasukkan obat antikanker untuk memusnahkan sel kanker. Tindakan ini bisa dilakukan setelah operasi untuk mencegah munculnya tumor kembali.

Kemoterapi bisa diberikan dalam bentuk tablet, kapsul, atau suntikan pada cairan otak dan tulang belakang, serta pembuluh darah vena. Terapi ini dilakukan secara berkala dengan siklus pemberian obat dan masa istirahat yang berlangsung selama beberapa minggu setiap siklusnya.

Radioterapi

Radioterapi dilakukan dengan radiasi sinar yang diarahkan pada lokasi tumor untuk menghambat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali. Terapi ini dilakukan untuk menghilangkan tumor yang tak dapat diangkat dengan operasi.

Radioterapi bisa dilakukan dari luar ditujukan pada tumor atau menggunakan kapsul radioaktif yang ditempatkan pada tumor.

Pencegahan Kanker Otak

Penyebab Kanker Otak dan Pengobatannya
Kanker Otak | gedubar.com

Cara mencegah penyakit yang paling mudah adalah dengan menghindari faktor risiko dan penyebabnya. Kanker pada otak disebabkan oleh perubahan pada sel otak normal yang mengakibatkan terbentuknya tumor yang kemudian menjadi kanker pada otak.

Menurut riset ilmuwan, orang-orang yang memiliki faktor risiko tertentu lebih berkemungkinan mengalami penyakit ini. Mereka yang memiliki faktor risiko termasuk orang-orang yang lama bekerja di kilang atau pengeboran minyak serta penanganan bahan bakar, bahan kimia, dan pekerja industri karet.

Memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat kanker juga bisa berpengaruh. Sementara itu, faktor risiko seperti merokok, infeksi virus, dan paparan radiasi juga banyak diduga menjadi penyebab. Namun, belum ada bukti dapat menyebabkan kanker pada otak.

Penyakit ini juga tidak terbukti menular lewat trauma di kepala atau penggunaan ponsel. Jadi, hindarilah faktor risiko seperti rokok, bekerja di lingkungan dengan paparan bahan kimia.


Itulah sedikit informasi tentang kanker otak, dari faktor penyebab, ciri-ciri, dan cara pengobatannya. Semoga kita bisa tercegah dari penyakit ini melalui pola pikir positif dan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *