Kenali Ciri Perut Kembung pada Bayi dan Bagaimana Mengatasinya

2 min read

Ciri Perut Kembung pada Bayi – Perut kembung memang membuat badan tidak nyaman. Orang dewasa saja merasa terganggu apalagi bayi, pastilah membuatnya rewel dan susah tidur. Lalu apa sajakah cirinya dan bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Simak artikel berikut ini!

Kembung sendiri adalah kondisi di mana lambung dan usus dipenuhi oleh gas, sehingga perut terasa penuh. Pada kondisi umum, perut kembung mudah untuk disembuhkan. Namun jika kondisi tersebut telah berlangsung lama dan rasa begah makin menjadi, harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Ciri-Ciri Perut Kembung pada Bayi

Perut Kembung Pada Bayi
Perut Kembung Pada Bayi | glitzmedia.co

Kemampuan komunikasi bayi yang masih sangat terbatas seringkali membuatnya kesulitan untuk mengungkapkan ketidaknyamanannya akibat perut kembung. Karena itulah Anda perlu mengetahui ciri-ciri ketika bayi mengalami perut kembung seperti berikut ini:

1. Menangis dan Susah Ditenangkan

Rasa begah membuat bayi terusmenangis. Bayi juga cenderung menolak untuk menyusu karena perutnya terasa penuh. Karenanya jika bayi Anda mengalami hal seperti ini segeralah periksa perutnya.

2. Perut Keras dan Sering Buang Angin

Pegang perut bayi dan tekan pelan. Perut yang kembung akan terasa keras dan kencang. Banyaknya gas dalam lambungnya juga membuat bayi lebih sering kentut.

3. Sering Mengangkat Kaki ke Arah Perut

Perut kembung pada bayi juga dapat dikonfirmasi dengan memperhatikan perilakunya. Bayi akan sering mengangkat kaki dan menekuknya ke arah perut. Gerakan tersebut membuat perut bayi terasa lebih nyaman.

Penyebab Perut Bayi Kembung

Penyebab perut bayi kembung penting untuk Anda ketahui, agar dapat melakukan tindakan pencegahan. Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi pemicu bertumpuknya gas pada perut bayi:

1. Makanan yang Diasup Ibu

Bayi yang masih minum ASI akan mengasup juga zat makanan yang dikonsumsi ibu. Jika ibu memakan makanan yang banyak mengandung gas, akan masuk juga ke perut bayi sehingga mengakibatkan kembung. Makanan yang mengandung gas misalnya bawang bombay, kol, kacang, atau brokoli.

2. Bayi Terkena Banyak Angin

Perhatikan pemakaian kipas angin atau pendingin ruangan di kamar bayi Anda. Usahakan agar bayi tidak terkena angin atau hembusan dinginnya secara langsung. Bayi berisiko masuk angin hingga menyebabkan perut kembung.

3. Bayi Terlalu Sering Menangis

Menangis dalam jangka waktu panjang dan sering dapat berakibat buruk pada bayi. Mulutnya yang terbuka lebar membuatnya menelan banyak angin hingga mengakibatkan perutnya kembung.

4. Salah Posisi Menyusui

Memperhatikan posisi menyusui tidak hanya untuk mendapatkan pelekatan yang sempurna, namun juga dapat menghindarkan bayi dari perut kembung. Hal ini karena bayi berisiko menelan banyak udara jika posisi puting ibu tidak pas.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Secara Tradisional

Perut Kembung Pada Bayi
Perut Kembung Pada Bayi | honestdocs.id

Mengatasi perut kembung pada bayi dapat dilakukan dengan cara tradisional seperti berikut ini:

1. Pijat Perut Bayi

Untuk mengurangi gas dalam perutnya, Anda dapat melakukannya dengan pijat. Lakukan pijatan lembut pada area perut, terutama pada posisi lambung dan usus bayi. Perkiraan area pijat adalah satu telapak tangan di atas pusar dan sekeliling pusar.

Ambil minyak kayu putih secukupnya dan balurkan pada area pijat. Untuk membuang gas pada perut bayi, lakukan gerakan memutar pada area pijat ke arah kanan sambil menekan perut dengan lembut.

2. Gerakan Kayuh Sepeda

Gerakan berikutnya adalah dengan menggerakkan kedua kaki bayi secara berulang-ulang. Lakukan gerakan seperti saat mengayuh sepeda. Posisi tersebut dapat menekan gas pada perut bayi.

3. Sendawakan Bayi

Bayi perlu dibantu untuk bersendawa agar gas dalam perutnya dapat dikeluarkan. Caranya adalah dengan menengkurapkan bayi atau menggendongnya dengan posisi tegak sehingga kepalanya menempel ke pundak atau dada Anda. Sebaiknya sendawakan bayi setelah menyusu untuk mencegah perutnya kembung.


Perut kembung merupakan salah satu konsekuensi dari organ pencernaan bayi yang belum berkembang sempurna. Karena itulah sebelum mempraktikkan cara mengatasi perut kembung pada bayi di atas, Anda harus tetap tenang dan fokus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *