Ciri-Ciri Wasir (Ambeien) Dalam dan Luar

2 min read

Ciri-Ciri Wasir – Sebelum membahas ciri-ciri wasir atau ambeien, Anda perlu mengenal terlebih dahulu dua jenis ambeien. Berdasarkan letak pembuluh darah yang terkena, ambeien (hemorrhoid) dikategorikan menjadi dua bagian: internal dan external.

Ciri-Ciri dan Gejala Ambeien Dalam

Wasir
Ciri-ciri Wasir | doktersehat.com

Pembuluh darah ini mengalami luka dan berada di bagian dalam liang rektum yang letaknya lebih tinggi sehingga tidak terlihat dari luar, bahkan tak bisa dirasakan. Umumnya tidak terasa sakit, karena hanya memiliki sedikit saraf nyeri di sana.

Namun, jika ada pembuluh darah yang pecah yang disebabkan karena rapuh, tidak bisa dihindari pendarahan adalah satu-satunya gejala yang dapat diamati ketika buang air besar.

Ketika telah berukuran besar, wasir bisa menonjol keluar (prolaps) dan terasa mengganjal. Keparahan tersebut tergantung tingkat derajatnya.

Gejala Ambeien Dalam

Wasir
Gejala Ambeien Dalam | works.bepress.com

1. BAB berdarah: Apabila melihat sejumlah kecil darah setelah buang air besar, hal itu merupakan ambeien. Dan biasanya darah itu berwarna merah terang.

2. Prolaps: Dalam perkembangannya dan beberapa kasus, wasir akan menonjol keluar melewati liang anus yang mengharuskan si penderita menekan dan mendorong kembali agar kembali masuk.

Namun pada awal tahap ini, biasanya prolaps akan masuk dengan sendirinya. Lebih lanjut dijelaskan dalam derajat hemorrhoid.

3. Gatal pada rektum: Rasa gatal yang berada di anus bagian dalam merupakan salah satu gejala wasir yang paling umum dan menjengkelkan karena mengganggu. Kondisi ini bisa berisiko menyebabkan infeksi jika kulit pecah akibat garuka.

4. Pembengkakan: Umumnya penderita wasir mengalami pembengkakan di daerah anus. Hal tersebut disebabkan adanya gesekan dan iritasi jaringan prolaps.

Ciri-Ciri Hemorrhoid Berdasarkan Tingkat Derajatnya

Wasir
Ciri-ciri Wasir | ditya.over-blog.com

1. Hemorrhoid Derajat I: Pada tahap ini tidak ada prolaps, hanya pembuluh darah yang menonjol dan tidak sampai melewati liang anus.

2. Hemorrhoid Derajat II: Tahap ini prolaps melewati liang anus, namun bisa kembali lagi dengan sendirinya.

3. Hemorrhoid Derajat III: Prolaps melewati liang anus dan membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya kembali.

4. Hemorrhoid Derajat IV: Prolaps tidak bisa dikembalikan lagi secara manual dan harus dengan bantuan medis.

Ciri-Ciri dan Gejala Ambeien Luar

Ciri-Ciri Wasir
Ciri-Ciri Ambeien Luar | id.theasianparent.com

Pada ambeien luar, pembuluh darah yang melebar berada di bawah kulit sekitar anus. Di area ini terdapat lebih banyak saraf sehingga akan terasa sakit.

Rasa sakit merupakan gejala ambeien luar yang lebih menonjol dibandingkan ambeien dalam yang mengalami pendarahan.

Secara lebih lengkap, berikut gejala ambeien luar.

• Rasa sakit dan nyeri di sekitar anus.

• Merasakan rasa gatal di sekitar anus.

• Terdapat benjolan di dekat atau di sekitar anus.

• Buang air besar disertai darah.

Kejadian pembekuan darah bisa terbentuk pada ambeien luar, warnanya akan berubah menjadi ungu atau biru. Ini disebut trombosis. Anda akan merasakan sakit, gatal, dan bisa berdarah ketika lapisan pembuluh darah menjadi rapuh.

Pastikan dengan Pemeriksaan

Jika Anda memiliki gejala-gejala di atas, maka temui dokter untuk memastikan penyebabnya, karena tidak hanya wasir saja yang menyebabkan buang air besar berdarah.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menganalisa penyebab pasti lainnya. Beberapa penyakit yang memiliki gejala mirip dengan ambeien, di antaranya termasuk fisura ani, abses, kutil, dan polip.

Pemeriksaan yang akan dilakukan dokter meliputi pemeriksaan secara fisik dan juga pemeriksaan penunjang lainnya.

Tips Mencegah dan Meringankan Ambeien

Apabila gejala ambeien sudah bisa dirasakan, maka ubahlah pola hidup yang salah saat ini. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan agar ambeien tidak semakin parah, bahkan bisa mencegahnya agar tidak kambuh lagi setelah menjalani perawatan.

1. Makan serat. Salah satu cara terbaik untuk merubah pola makanan adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Minum air. Kebiasaan minum air mineral cukup membantu mencegah terbentuknya kotoran keras dan sembelit, sehingga usus besar, rektum, dan anus mengalami regangan yang lebih sedikit saat buang air besar.

Sayuran dan buah-buahan banyak memiliki serat, juga memiliki air di dalamnya.

3. Olahraga. Aktivitas fisik satu ini juga diperlukan oleh Anda. Melakukan gerak jalan selama setengah jam per hari merupakan contoh olahraga ringang untuk menjaga kesehatan Anda.

4. Jangan ditahan. Bersegeralah ke toilet setelah Anda merasakan dorongan ingin buang air besar.


Kenalilah penyebab dan ciri-ciri wasir agar Anda dapat melakukan usaha untuk pencegahan dan pengobatan sejak dini.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read