Ciri-Ciri Tipes Ini Wajib Anda Ketahui Agar Segera Tertangani!

1 min read

Ciri-Ciri Tipes – Penyakit yang sangat sering terjadi di masyarakat ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Dari situlah penyebutan tipes bermula. Ciri-ciri tipes hampir tidak bisa dibedakan dengan penyakit perut lainnya. Butuh kejelian seorang dokter serta hasil laboratorium sebagai bukti.

Tipes terjadi karena penularan bakteri S. typhi baik melalui makanan atau minuman. Bakteri yang masuk ke saluran pencernaan akan menginfeksi beberapa organ dan menimbulkan gejala khas. Kebersihan diri dan lingkungan menjadi kunci utama pencegahannya.

Ciri-ciri Tipes Kambuh

Tipes dikatakan kambuh ketika seseorang pernah mengalami tipes sebelumnya dan terulang kembali. Tipes ini merupakan kelanjutan penyakit tipes yang tidak tertangani dengan sempurna. Di dalam tubuh penderita masih ada bakteri yang siap menginfeksi dan membuat penyakit tipes kambuh kembali.

Tipes kambuh memiliki ciri-ciri sama dengan tipes untuk pertama kalinya. Berikut ini ciri-ciri tipes akut:

Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celsius

Ciri-Ciri Penyakit Tipus

Demam merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Demam terjadi saat bakteri telah masuk ke dalam pembuluh darah. Dikatakan demam jika telah mencapai suhu 38 derajat celsius.

Mengalami kelelahan, nyeri pada otot

Ciri-Ciri Penyakit Tipus

Bakteri yang terbawa aliran darah hingga sumsum tulang menjadi penyebab kelelahan. Terkadang terasa nyeri di semua otot penderita, sehingga mobilitasnya sangat menurun.

Perut terasa mual

Ciri-Ciri Penyakit Tipus

Bakteri tipes juga menginfeksi limpa dan usus. Akibat yang ditimbulkan adalah rasa tidak enak di perut. Jika diperiksa tinja akan terdapat bakteri dalam jumlah banyak. Bakteri ini berkumpul di usus setelah menginfeksi beberapa organ lain.

Sakit kepala

Ciri-Ciri Tipes

Akibat dari efek yang telah disebutkan di atas, maka sakit kepala pada penderita tipes kadang tak dapat dihindari. Besar kemungkinan, efek ini dikarenakan perut yang tak diisi karena merasa mual.

Nafsu makan berkurang drastis

Ciri-Ciri Penyakit Tipus

Karena menginfeksi bagian perut, penyakit tipes membuat penderitanya tidak memiliki nafsu makan yang baik. Tidak jarang mereka mengalami penurunan berat badan dengan cepat.

Komplikasi penyakit tipes cukup serius. Tipes dapat menyebabkan usus berlubang dan berkembang menjadi sepsis. Selain itu juga terjadi infeksi pada selaput pembungkus perut. Komplikasi lainnya meski sangat jarang adalah infeksi pada jantung, paru hingga persendian.

Memutus rantai penularan tipes sangat penting. Penderita harus memikirkan lingkungan yang memungkinkan untuk ditularinya. Akan lebih membahayakan orang yang secara fisik sehat padahal dirinya adalah carrier penyakit tipes.

Ciri-ciri Tipes pada Anak

Ciri-Ciri Tipes

Gejala tipes pada anak sebenarnya hampir sama dengan orang deasa. Hanya saja karena anak-anak belum bisa mengidentifikasi dan mengkomunikasikan nyeri yang dideritanya, maka orang tualah yang harus jeli dalam melihat gejala yang muncul.

Gejalanya antara lain:

  • Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celsius. Demam adalah reaksi umum terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus dalam tubuh, tidak terkecuali pada tipes
  • Diare. Jika pada orang dewasa cenderung sembelit, pada anak-anak lebih sering terjadi diare
  • Mual dan muntah
  • Rewel dan kurang aktif bergerak
  • Tidak mau makan

Obat Gejala Tipes

Ciri-Ciri Penyakit Tipus

Pengobatan antibiotik menjadi solusi untuk membunuh bakteri tipes. Beberapa penderita menjalani rawat inap jika kondisinya sangat lemah dan butuh pengawasan ekstra. Rawat jalan dapat dilakukan jika penderita mampu mematuhi seluruh saran dokter.

Selain diberikan obat-obatan, penderita rawat jalan harus menjaga hal-hal berikut:

  1. Beristirahat dengan cukup
  2. Makan secara teratur dan memiliki tekstur lunak karena usus masih terluka
  3. Menjaga kebersihan terutama cuci tangan setelah dari kloset
  4. Menghindari makan di luar, jika terpaksa pilih yang bersih dan masih hangat saat disantap.

Anda harus segera menghubungi dokter jika merasakan ciri-ciri tipes. Penanganan yang cepat dan tepat akan mencegah terjadinya komplikasi dari penyakit ini. Patuhi anjuran dokter agar Anda lekas pulih kembali.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *