Ciri-Ciri Tifus yang Sudah Parah yang Perlu Anda Kenali

2 min read

Ciri-Ciri Tifus – Tifus merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ciri ciri tifus yang paling umum adalah demam tinggi selama berhari-hari dan perut terasa sakit. Meski termasuk penyakit yang sangat umum terjadi, tifus tetap tidak boleh dianggap sepele.

Ciri-ciri penyakit tifus ringan:

Ciri-Ciri Tifus
Ciri-Ciri Tifus | doktersehat.com

1. Demam tinggi, biasanya mencapai 39° C;

2. Nyeri otot;

3. Sakit perut;

4. Tubuh terasa sangat lemah;

5. Nafsu makan menurun drastis;

6. Diare atau justru sembelit; dan

7. Sakit kepala.

Ciri Ciri Tifus yang Sudah Parah

Tifus
Ciri-Ciri Tifus | delikkalbar.com

Penyakit tifus yang tidak segera diobati bisa berkembang menjadi lebih parah. Di bawah ini adalah beberapa ciri tifus yang sudah parah dan bisa berakibat fatal.

1. Pendarahan dalam usus

Tifus yang sudah parah akan menyebabkan infeksi di bagian usus sehingga terjadi pendarahan. Bahkan tak jarang, ada kasus usus yang berlubang gara-gara penyakit tifus yang lambat ditangani dengan benar.

Pada tahap ini, penderita biasanya akan mengalami beberapa gejala tertentu, seperti pucat, muntah darah, atau fesesnya berwarna hitam. Jika usus sampai bocor, hal ini akan menimbulkan komplikasi penyakit yang jauh lebih parah.

Rongga perut pastinya akan mengalami infeksi, organ-organ di dalamnya juga akan terganggu dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Kondisi ini sangatlah berbahaya dan dapat mengancam nyawa si penderitanya.

2. Komplikasi ke bagian paru-paru

Tifus yang sudah parah akan menimbulkan masalah kesehatan lain, salah satunya adalah gangguan pada organ paru-paru. Saluran pernapasan akan ikut terinfeksi dan menyebabkan terjadinya pneumonia atau radang paru-paru.

Selain paru-paru, tifus yang sudah parah juga bisa merembet ke masalah lain, seperti infeksi ginjal dan gangguan jantung. Jadi, jangan pernah sepelekan penyakit tifus dan segera lakukan pengobatan yang tepat.

Makanan untuk Penderita Tifus

Ciri-Ciri Tifus
Ciri-Ciri Tifus | babyologist.com

Tak hanya soal pengobatan, hal lain yang harus diperhatikan oleh para penderita tifus adalah makanan. Penderita tifus memang tidak boleh makan sembarangan dan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Makanan yang lunak

Makanan yang paling baik untuk penderita tifus adalah yang bertekstur lembek, halus, dan mudah dicerna, contohnya bubur. Saat terserang tifus, sistem pencernaan Anda akan melemah dan tidak berfungsi dengan baik.

Itulah mengapa makanan-makanan yang keras tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan yang bertekstur keras justru akan memperburuk kondisi sistem pencernaan, bahkan bisa meningkatkan risiko terjadinya pendarahan usus.

2. Makanan berserat rendah

Prinsipnya hampir sama seperti makanan lunak. Makanan dengan kandungan serat yang rendah cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh penderita tifus, tetapi bukan berarti tidak boleh memakan sayur dan buah-buahan.

Saat sakit tifus, Anda tetap boleh mengonsumsi sayur dan buah-buahan tertentu seperti tomat, wortel, atau melon. Namun, jangan lupa untuk terus berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam hal makanan.

3. Makanan berprotein tinggi

Makanan yang tinggi protein sangat baik bagi kesehatan, termasuk bagi penderita tifus. Protein yang tinggi akan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat infeksi penyakit, sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat dan sistem kekebalan tubuh semakin meningkat.

Contoh makanan tinggi protein adalah ikan, tempe, tahu, atau daging ayam. Agar lebih mudah dicerna, makanan-makanan ini sebaiknya direbus/dikukus sampai lunak atau bisa juga dihaluskan sebagai campuran bubur.

Hindari memproses makanan dengan cara digoreng atau dibakar, karena hal itu bisa membuat teksturnya jauh lebih keras. Selama sakit tifus, hindari juga makanan-makanan yang berlemak tinggi, junk food, minuman berkafein, dan soda.


Itu dia beberapa contoh makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita tifus. Jika Anda mengalami ciri-ciri tifus seperti yang sudah disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter agar penyakit tidak semakin memburuk.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read