Ciri-Ciri Terkena Kanker Serviks yang Jarang Disadari Wanita

2 min read

Ciri-Ciri Terkena Kanker Serviks – Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Bila lambat diketahui dan sudah masuk ke stadium akhir, kemungkinan untuk sembuh dari penyakit ini terbilang kecil. Lalu, apa saja ciri-ciri terkena kanker serviks?

9 Ciri-Ciri Terkena Kanker Serviks

Ciri-ciri Terkena Kanker Serviks
Kanker Serviks | honestdocs.id

Kanker serviks stadium awal cenderung tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Namun, bila mengalami beberapa gejala di bawah ini, Anda patut waspada dan jangan ragu pergi ke dokter.

1. Keputihan yang tidak normal

Keputihan adalah hal yang sangat normal bagi seorang wanita. Pada kanker serviks, cairan keputihan biasanya lebih berbau serta terjadi perubahan warna dan tekstur.

2. Pendarahan yang tak biasa pada alat vital

Gejala yang patut diwaspadai adalah pendarahan di luar masa haid. Pendarahan seperti ini bisa juga disebabkan oleh penyakit lain. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Nyeri saat berhubungan badan

Seseorang yang menderita kanker serviks biasanya akan merasa nyeri dan tidak nyaman saat berhubungan badan dengan pasangan.

4. Menstruasi yang abnormal

Menstruasi umumnya berlangsung selama beberapa hari saja atau kurang dari seminggu. Bila haid berlangsung lebih lama dan pendarahan terus terjadi, segera periksakan diri ke dokter.

5. Mudah lelah

Seseorang yang menderita kanker serviks biasanya akan mudah capai dan tidak bersemangat. Sel-sel kanker akan menyerap cadangan energi tubuh dan merusak organ-organ di dalamnya, hal inilah yang kemudian membuat si penderita merasa lebih mudah lelah.

6. Sakit saat buang air kecil

Pada stadium lanjut, sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain, seperti kandung kemih. Karena itu, penderita biasanya akan merasakan nyeri saat buang air kecil. Frekuensi untuk buang air kecil juga akan lebih meningkat.

7. Urine bercampur dengan darah

Urine yang bercampur dengan darah menandakan adanya infeksi di saluran kencing. Hal ini termasuk salah satu gejala kanker serviks, tetapi juga bisa menjadi tanda penyakit lainnya.

8. Nafsu makan menurun

Penderita kanker serviks, terutama yang stadium lanjut, umumnya kehilangan nafsu makan. Hal ini membuat berat badan turun drastis dan tubuh pun semakin melemah.

9. Nyeri pinggul dan pinggang

Kanker serviks juga bisa menyebabkan rasa nyeri di sekitar pinggul, pinggang, dan bahkan menimbulkan sakit punggung yang berkepanjangan.

Pencegahan Kanker Serviks

Ciri-ciri Terkena Kanker Serviks
Kanker Serviks | honestdocs.id

Mencegah selalu lebih baik ketimbang mengobati. Jadi, sebelum Anda terkena kanker serviks, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut.

1. Pap smear

Khusus bagi Anda yang sudah menikah, disarankan untuk rutin melakukan tes pap smear. Ini adalah langkah pencegahan yang tepat untuk mendeteksi kanker serviks lebih awal.

Pada tes ini, dokter akan mengambil sampel jaringan di bagian serviks untuk diteliti lebih lanjut. Dari pemeriksaan inilah nantinya akan diketahui apakah sel-sel dari sampel tersebut berpotensi menjadi kanker atau tidak.

2. Vaksin HPV

Seperti yang diketahui, kanker serviks disebabkan oleh virus HPV. Vaksinasi HPV berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh dapat melawan serangan virus penyebab kanker serviks.

3. Gaya hidup sehat

Baik pap smear maupun vaksin HPV tidak akan berguna apabila Anda tidak menjalankan pola hidup sehat. Pada dasarnya, kanker dan penyakit apapun akan muncul ketika Anda memiliki gaya hidup yang buruk, baik soal makanan, kebiasaan, maupun faktor lingkungan.
Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat, jauhi junk food, sering-seringlah bergerak dan berolahraga, serta hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, atau minum alkohol.


Itulah ciri-ciri terkena kanker serviks serta cara pencegahannya. Jika Anda merasa mengalami beberapa gejala di atas, jangan pernah ragu untuk segera pergi ke dokter. Semakin awal diketahui, kanker serviks akan semakin mudah disembuhkan.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read