Kenali Ciri-Ciri TBC yang Perlu Anda Waspadai

2 min read

Ciri-Ciri TBC – TBC adalah penyakit menular kronis yang disebabkan oleh bakteri. TBC ditularkan melalui infeksi tetesan dalam napas, yang dihirup. Oleh karena itu, TBC dalam banyak kasus mempengaruhi paru-paru terlebih dahulu. Orang dengan berat badan kurang dan lemah secara fisik lebih rawan terserang TBC. Sebelum terjangkit, sebaiknya kenali ciri-ciri TBC.

Ciri-Ciri TBC pada Bayi

TBC
Ciri-Ciri TBC | lifestyle.okezone.com

Balita juga memiliki risiko tertular infeksi seperti orang dewasa. Bahkan, bayi lebih rentan terkena infeksi karena daya tahan tubuhnya cenderung masih rendah. Salah satu infeksi yang mengintai bayi adalah TBC. Ciri TBC pada bayi tidak sama seperti orang dewasa yang biasanya ditandai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh.

Pemeriksaan TBC pada balita dilakukan dengan cara mengumpulkan dahak karena penyakit ini pada balita cenderung tersembunyi. Kemudian akan dilakukan mantoux test, di mana anak akan diberi suntikkan sebagian kecil protein dari bakteri TBC untuk melihat reaksinya apakah tertular atau tidak.

Gejala TBC pada bayi yaitu berat badan yang turun secara perlahan-lahan walaupun bayi masih mau makan. Namun, nafsu makannya rendah dan tidak bersemangat memakan makanan. Gejala lainnya yaitu bayi mungkin mengalami diare atau gangguan saluran pencernaan dan muncul benjolan di bagian sekitar abdomen atau perut bayi.

Ciri dari Penyakit TBC pada Anak

TBC
Ciri-Ciri TBC | dinkes.inhukab.go.id

Pengetahuan tentang gejala TBC pada anak tentunya dapat membantu Anda untuk melakukan penanganan awal sebelum semakin parah. TBC pada anak memiliki beberapa gejala misalnya anak-anak menjadi mudah kelelahan.

Secara umum, anak-anak yang sehat biasanya memiliki energi yang meluap-luap. Mereka dapat melakukan banyak aktivitas selama berjam-jam tanpa lelah.

Namun, anak yang cepat merasa kelalahan berperilaku sangat berbeda. Mereka menghindari permainan aksi gerak dan cenderung duduk di setiap kesempatan. Selain mudah lelah, anak-anak juga menjadi mudah marah karena meningkatnya iritabilitas.

Seorang anak dapat menjadi histeris dan marah atas hal-hal sepele karena hampir tidak bisa mengelola emosi mereka.
Menurunnya nafsu makan dan lebih banyak berkeringat juga dapat menjadi salah satu gejala TBC pada anak.

Ketika seorang anak terinfeksi TBC, kelenjar keringatnya menghasilkan keringat dalam jumlah besar sehingga menyebabkan seorang anak berkeringat terus menerus.

Gejala lainnya yaitu demam ringan. Suhu biasanya meningkat di malam hari untuk waktu yang lama. Perubahan komposisi darah juga dapat menjadi gejala TBC. Di laboratorium, tes darah menunjukkan perubahan dalam nilai normalnya seperti peningkatan ESR (laju sedimentasi eritrosit) dan meningkatnya jumlah leukosit (sel darah putih).

Tanda-Tanda Penderita TBC Aktif

Ciri-Ciri TBC
Ciri-Ciri TBC | hellosehat.com

Penyakit TBC memiliki dua jenis infeksi yaitu TBC laten dan TBC aktif. Orang yang terkena infeksi TBC laten biasanya tidak merasa sakit dan tidak muncul gejala apapun. Mereka terinfeksi bakteri tuberkulosis namun tidak memiliki penyakit TBC atau TBC aktif. Orang dengan infeksi TBC laten tidak dapat menyebarkan infeksi kepada orang lain.

Kondisi ini dapat berubah menjadi TBC aktif jika penderitanya mengalami penurunan daya tahan tubuh. Tanda-tandanya yaitu batuk yang berkepanjangan sampai lebih dari satu bulan, demam, batuk berdahak yang bisa juga disertai darah, nyeri dada, kelelahan, dan kehilangan selera makan.

TBC dapat diobati dengan baik, sehingga dalam banyak kasus memungkinkan untuk penyembuhan infeksi secara menyeluruh. Namun, patogen yang resistan terhadap beberapa obat, semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dalam kasus ini, perawatannya jauh lebih sulit dan panjang.


Pengetahuan akan ciri-ciri TBC atau pemeriksaan adanya infeksi TBC laten atau tidak tentunya akan menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk diketahui lebih awal. Dengan adanya pengetahuan ini proses penyembuhan (jika terinfeksi) dapat dilakukan sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *