Waspadai Ciri-Ciri Serangan Jantung, Bisa Fatal Kalau Diabaikan!

1 min read

Ciri-Ciri Serangan Jantung – Penyakit jantung seolah jadi momok paling menakutkan dalam dunia medis, karena bisa mengancam nyawa. Maka sebagai langkah pencegahan, Anda pun harus mengetahui ciri-ciri serangan jantung yang bisa datang kapan saja.

Selain serangan jantung yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, Anda juga harus waspada terhadap penyakit kardiomiopati. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Lemah

Ciri-Ciri Serangan Jantung
Serangan Jantung | hellosehat.com

Sebutan jantung lemah mengacu pada penyakit kardiomiopati. Kardiomiopati adalah kelainan otot jantung yang menyebabkan organ ini tidak bisa bekerja maksimal. Penyebabnya pun cukup beragam, mulai dari faktor genetik, pengaruh obat, alkohol, hingga adanya infeksi.

Penyakit jantung lemah ini sebenarnya tidak memiliki gejala khusus, sehingga sering tidak disadari oleh penderitanya. Meski demikian, Anda patut waspada apabila mengalami beberapa gejala ringan sebagai berikut.

1. Napas pendek

Napas pendek adalah hal yang wajar ketika Anda sedang melakukan aktivitas berat, misalnya berlari. Namun, bila napas pendek tetap terjadi dalam kondisi normal atau saat bersantai, Anda patut curiga karena hal itu bisa jadi adalah gejala lemah jantung.

2. Sesak napas

Saat melakukan aktivitas yang cukup berat, penderita lemah jantung cenderung mengalami sesak napas. Hal ini disebabkan jantung tidak memompa darah dengan baik, sehingga paru-paru pun kekurangan pasokan oksigen.

3. Mudah lelah

Otot jantung yang tidak bekerja sempurna dalam memompa darah bisa berpengaruh pada organ-organ tubuh lainnya. Akibatnya, tubuh seolah kekurangan energi sehingga badan lebih cepat lelah.

4. Detak jantung tidak teratur

Jantung yang normal biasanya berdetak dengan irama yang teratur. Namun, pada kasus kardiomiopati, jantung akan berdetak tak beraturan bahkan terasa seperti berdebar-debar.

5. Pusing dan sakit kepala

Jantung lemah menyebabkan aliran darah tidak terpompa dengan baik, sehingga pasokan oksigen ke otak pun juga ikut berkurang. Akibatnya, penderita lemah jantung sering mengalami pusing dan sakit kepala. Bila sudah parah, penderita juga bisa pingsan.

6. Kaki membengkak

Aliran darah yang tidak lancar akan menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, terutama di bagian kaki.

7. Dada terasa berat

Penderita lemah jantung biasanya merasakan tekanan di bagian dada. Dada terasa berat seolah-olah ditekan oleh sesuatu.

8. Perut kembung dan membesar

Kinerja jantung yang tidak sempurna rupanya juga akan mengganggu fungsi hati. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan pada perut (ascites) sehingga penderita akan merasakan kembung.

Ciri-Ciri Serangan Jantung Mendadak

Serangan Jantung
Ciri-Ciri Serangan Jantung | hellosehat.com

Bukan tanpa alasan bila penyakit jantung sering disebut dengan julukan silent killer. Hal ini karena serangan jantung bisa datang kapan saja, bahkan ketika si penderita terlihat sehat dan bugar.

Serangan jantung yang datang tiba-tiba memang sulit untuk diprediksi. Meski demikian, Anda tetap bisa mencegahnya asalkan tidak mengabaikan gejala-gejala awal penyakit ini. Ciri-ciri serangan jantung yang patut diwaspadai:

1. Nyeri di bagian dada sebelah kiri;

2. Rasa nyeri yang menjalar ke bagian bahu, lengan, dan juga punggung;

3. Keringat dingin;

4. Nyeri di bagian rahang dan leher;

5. Sesak napas;

6. Mual dan muntah; dan

7. Merasa sangat kelelahan tanpa sebab, padahal tidak sedang beraktivitas berat.

Ciri-ciri di atas memang terlalu umum dan mirip seperti gejala penyakit lain. Jadi, tak heran bila penderita penyakit jantung tidak menyadarinya bahkan mengabaikan tanda-tanda tersebut.

Untuk lebih memastikan, serangan jantung dapat dideteksi dengan pemeriksaan medis menggunakan elektrokardiografi. Dan bila dibutuhkan, pemeriksaan echocardiography juga akan dilakukan untuk mengetahui fungsi jantung lebih jauh.


Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri serangan jantung yang patut Anda ketahui. Yang tak kalah penting, terapkan pola hidup sehat sekarang juga, perbanyak makan buah dan sayur, rutin berolahraga, dan jangan malas memeriksakan diri ke dokter.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read