Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru yang Harus Diwaspadai

2 min read

Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru – Paru-paru memiliki peran yang sangat penting dalam hal pernapasan. Maka ketika organ ini bermasalah, ciri-ciri sakit paru-paru yang paling terlihat tentunya berhubungan dengan pernapasan.

Gejala sakit paru-paru pun bisa bermacam-macam tergantung dari jenis penyakitnya. Sementara itu, ada banyak jenis penyakit paru-paru yang sangat mengganggu kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan benar.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru

Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru
Sakit Paru-Paru | lvyoult.com

Sakit paru-paru bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor genetik, infeksi virus, bakteri, polusi udara, hingga zat racun dari rokok. Berikut adalah beberapa contoh penyakit paru-paru yang berbahaya.

1. Tuberkulosis (TBC)

TBC adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC termasuk penyakit menular dan mudah menyebar lewat udara. Bila tidak ditangani dengan tepat, bakteri bisa menyerang organ tubuh lain dan menyebabkan kematian.

2. Pneumonia

Pneumonia juga sering disebut dengan paru-paru basah. Penyakit ini terjadi ketika kantong udara dalam paru-paru meradang dan terisi cairan/lendir. Pneumonia dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri.

3. Efusi Pleura

Efusi pleura hampir sama seperti penumonia. Bedanya, penumpukan cairan justru terjadi di dalam pleura (selaput yang mengelilingi paru-paru). Penyebabnya bisa beragam, mulai dari infeksi paru, gagal jantung, hingga penyakit autoimun.

4. Asma

Asma termasuk penyakit paru-paru yang cukup umum terjadi. Penyebabnya adalah saluran pernapasan yang meradang dan menyempit sehingga penderitanya kesulitan bernapas. Penderita asma biasanya juga mengalami batuk dan mengi (napasnya berbunyi).

5. Kanker Paru-Paru

Kanker adalah penyakit berbahaya yang bisa menyerang organ apa saja, termasuk paru-paru. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya adalah rokok. Bila tidak segera ditangani, kanker tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga bisa menyerang organ tubuh lainnya.

6. Pneumotoraks

Penyakit ini terjadi ketika ada udara atau gas yang masuk ke dalam pleura (letaknya di antara paru-paru dan dinding rongga dada). Pneumotoraks bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti kanker paru-paru.

Meski demikian, pneumotoraks juga bisa terjadi pada orang yang sehat tanpa riwayat penyakit paru-paru. Gejala yang paling umum adalah nyeri dada dan kesulitan bernapas.

Ciri-Ciri Paru-Paru Bermasalah

Paru-Paru
Sakit Paru-Paru | rotendaokab.go.id

Meski jenis penyakitnya berbeda, namun paru-paru yang mengalami masalah akan menunjukkan gejala tertentu yang berhubungan dengan pernapasan. Contohnya seperti berikut:

1. Napas pendek (ngos-ngosan)

Bila Anda terengah-engah sehabis berlari, itu adalah hal normal, tapi bila dalam kondisi biasa masih saja ngos-ngosan, maka Anda perlu curiga. Napas yang pendek bisa jadi gejala adanya gangguan dalam paru-paru, misalnya Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

2. Batuk yang tak kunjung sembuh

Batuk adalah gejala umum dari beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan pernapasan. Saat batuk terjadi dalam waktu lama dan susah sembuh, bukan tidak mungkin paru-paru sedang mengalami masalah serius.

3. Dada terasa sesak

Ciri-ciri sakit paru-paru berikutnya adalah dada terasa sesak, nyeri, atau merasa seperti ditekan.

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah pada Anak

Ciri-Ciri Sakit Paru-Paru
Sakit Paru-Paru | http://jurnalkeluarga.com

Paru-paru basah atau pneumonia bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Ciri-cirinya pun hampir sama seperti yang terjadi pada orang dewasa, tapi ada pula beberapa gejala yang hanya terjadi pada anak-anak.

Gejala paru-paru basah:
1. Demam
2. Batuk berdahak
3. Dada terasa nyeri
4. Sesak napas
5. Mual dan muntah
6. Tubuh lemas dan mudah lelah
7. Pada balita, napasnya tidak teratur dan cenderung pendek/lebih cepat.
8. Pada bayi, gejalanya adalah lemas, pucat, muntah, serta sulit makan dan minum.


Itulah ciri-ciri sakit paru-paru yang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Jangan pernah anggap remeh gejala-gejala ringan seperti batuk dan nyeri dada, karena itu bisa jadi salah satu pertanda bahwa paru-paru Anda bermasalah.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read