Ciri-Ciri Sakit Maag Akut yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

1 min read

Ciri-Ciri Sakit Maag – Penyakit maag biasanya disebabkan oleh pola makan tidak teratur, makanan yang tidak sehat, stres, dan sebab lainnya. Meski terbilang penyakit yang umum, Anda tetap perlu mengetahui ciri-ciri sakit maag kronis, cara mengatasi, dan makanan yang baik bagi penderita penyakit ini.

Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah

Sakit Maag
Sakit Maag | hellosehat.com

Sakit maag tidak boleh dianggap enteng, sebab maag yang tidak mendapat penanganan yang tepat dapat berubah menjadi maag kronis. Ciri-ciri sakit maag kronis yang utama adalah adanya rasa sakit seperti melilit dan perih pada perut bagian atas.

Maag kronis akan menimbulkan rasa mual hingga muntah. Hal ini dikarenakan adanya kelebihan asam lambung.

Maag kronis akan membuat penderitanya terus berserdawa karena produksi gas yang berlebihan dalam perut. Penderita maag kronis akan kehilangan nafsu makan, sehingga tubuhnya menjadi lemah, muncul keringat dingin, pusing, dan wajah jadi pucat.

Maag kronis bisa membuat lambung mengalami radang dan infeksi, sehingga penderita akan mengalami buang air besar atau muntah darah.

Cara Mengatasi Sakit Maag

Ciri-Ciri Sakit Maag
Sakit Maag | tirto.id

Maag dapat diobati secara medis dengan menggunakan obat maag umum hingga obat dari resep dokter. Obat antasida merupakan obat yang di jual bebas dan tidak membutuhkan resep dokter. Kenaikan asam lambung dapat diringankan dengan obat antasida.

Jenis obat lainnya yakni H2RA yang dapat membatasi produksi asam dalam lambung dan PPI yang berguna untuk mengatasi maag yang disertai gejala nyeri lambung. Antibiotik bisa pula dipakai untuk mengatasi maag jika ada infeksi bakteri.

Ada juga obat prokinetik yang bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dalam lambung. Obat-obatan tersebut memerlukan resep dari dokter.

Kasus maag kronis yang sudah sangat buruk dan menimbulkan komplikasi membutuhkan pengobatan yang lebih lama. Komplikasi yang bisa menyertai maag kronis yang parah diantaranya kebocoran lambung, pendarahan, adanya jaringan parut, hingga kanker lambung. Untuk menangani masalah tersebut dibutuhkan tindakan operasi.

Makanan untuk Penderita Maag

Sakit Maag
Sakit Maag | kaskus.co.id

Penderita maag perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Jika salah pilih makanan, maag berpotensi kambuh. Menjaga pola makan dapat membantu penderita maag untuk lekas pulih.

Salah satu buah yang tepat untuk penderita maag adalah pepaya. Soalnya, buah ini mengandung zat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Saat gejala maag muncul, cobalah untuk minum susu. Susu diketahui bisa menetralisasi kondisi asam lambung yang timbul ketika penyakit maag kambuh. Rasa pedih yang dirasakan di ulu hati pun dapat berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa meminum air jahe. Jahe disebut bisa meredam rasa sakit akibat maag. Jahe mengandung zat yang berguna sebagai anti inflamasi dan bisa mengurangi efek buruk dari asam lambung.

Untuk mengonsumsi jahe, penderita dapat merebus umbi akar ini dan mengambil air rebusannya untuk kemudian diminum. Namun sebelum Anda melakukan ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, ya.

Makanan lain yang tidak kalah penting untuk penderita maag adalah oatmeal. Makanan ini dapat melapisi dan melindungi lambung.

Makanan ini juga kaya akan serat yang menyehatkan pencernaan. Untuk sayuran, penderita maag disarankan mengonsumsi seledri. Seledri punya kandungan air tinggi dan merupakan sumber serat yang baik untuk memperlancar proses pencernaan.


Jadi, adakah ciri-ciri sakit maag yang Anda alami? Bila iya, segeralah mengubah pola makan dan menu harian Anda. Pastikan pula melakukan konsultasi kesehatan agar lambung Anda bisa pulih kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *