Ciri-Ciri Sakit Lambung, Kenali Sejak Dini dan Segera Obati

2 min read

Ciri-Ciri Sakit Lambung – Penyakit lambung adalah masalah kesehatan yang serius dan tidak boleh dipandang remeh. Jenis penyakitnya pun bisa beragam, beberapa di antaranya adalah mag dan tukak lambung. Lalu, seperti apa gejala atau ciri-ciri sakit lambung yang harus diwaspadai?

Gejala Maag Ringan

Sakit Lambung
Sakit Maag | hellosehat.com

Salah satu penyakit lambung yang cukup umum dan bisa menyerang siapa saja adalah mag atau gastritis. Mag sendiri adalah peradangan dinding lambung, tepatnya di lapisan mukosa dan submukosa.

Penyakit mag bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satu yang paling umum adalah pola makan yang tidak sehat. Penyebab lainnya bisa berupa stres, mengonsumsi obat dalam jangka panjang, merokok, serta kebiasaan minum alkohol.

Ciri-ciri penyakit maag

Ciri-Ciri Sakit Lambung
Sakit Maag | sehatfresh.com

1. Nyeri perut bagian atas, tepatnya di ulu hati;
2. Merasa mual dan muntah;
3. Perut kembung dan terasa sangat penuh;
4. Nafsu makan menurun; dan
5. Sering bersendawa.

Maag yang masih dalam tahap ringan biasanya cukup mudah untuk diobati. Rasa sakitnya pun bisa mereda apabila diberi obat mag yang banyak dijual di pasaran. Apabila diikuti dengan perbaikan pola makan, maka mag akan sembuh total.

Namun, pada maag yang sudah cukup parah, penanganan dengan obat maag biasa cenderung tidak memberikan efek yang signifikan. Rasa sakitnya mungkin akan mereda untuk sementara waktu, tetapi hal itu tidak menyelesaikan masalah karena nyeri perut bisa datang kembali.

Jadi, bila Anda mengalami gejala maag yang terjadi secara terus-menerus dan sulit sembuh dengan obat antasida, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Gejala maag yang terasa lebih berat bisa jadi adalah tanda penyakit lambung lainnya.

Ciri-Ciri Sakit Lambung

Sakit Lambung
Ciri-Ciri Sakit Lambung | thehowdyindonesia.com

Anda pernah mendengar istilah tukak lambung? Ini adalah penyakit ketika dinding lambung terluka atau mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan oleh terkikisnya selaput pelindung (mukus) sehingga asam bisa dengan mudah melukai dinding lambung.

Menipisnya lapisan pelindung ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang umum terjadi adalah infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid dalam jangka waktu lama, serta pola hidup yang sangat buruk.

Tukak lambung sendiri memiliki gejala yang hampir sama seperti penyakit mag, ini dia contohnya.

1. Sakit perut

Rasa sakit yang dialami hampir sama seperti nyeri perut pada penyakit mag. Perut bagian atas atau tepatnya ulu hati akan terasa sangat perih. Bedanya dengan mag, sakit perut ini sampai menyebar ke area pusar, punggung, hingga ke bagian dada.

Rasa sakit yang dialami bisa berlangsung lama sampai berjam-jam. Rasa sakitnya bahkan akan menjadi lebih parah bila perut dalam keadaan kosong atau belum makan.

2. Perut kembung

Selain sakit dan perih, perut juga akan terasa kembung dan begah. Perut terasa sangat penuh dan menyebabkan serdawa berkali-kali.

3. Sensasi terbakar (heartburn)

Gejala tukak lambung yang juga patut diwaspadai adalah heartburn, yaitu sensasi terbakar di area dada. Pada tahap ringan, keluhan ini bisa hilang dengan obat antasida. Namun bila sudah parah, heartburn sulit mereda sehingga memerlukan penanganan medis yang lebih serius.

4. Mual dan muntah

Penderita tukak lambung biasanya akan mengeluh mual dan ingin muntah, terutama saat perut dalam keadaan kosong. Bila sudah parah, penderita akan mengalami muntah darah karena luka lambung yang semakin berat.

5. Perubahan warna feses

Kerusakan lambung akan menyebabkan perubahan warna pada feses. Biasanya kotoran akan menjadi lebih gelap atau menghitam. Jika penyakitnya sudah parah, bukan tidak mungkin feses akan bercampur dengan darah.


Itulah beberapa ciri-ciri sakit lambung yang harus Anda waspadai. Sebagai langkah pencegahan, pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat dan jangan ragu pergi ke dokter apabila mengalami gejala-gejala di atas.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read