Ini Ciri-Ciri Sakit Jantung yang Perlu untuk Diwaspadai

2 min read

Ciri-Ciri Sakit Jantung – Sakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini bisa dialami oleh berbagai rentang umur, khususnya pada usia produktif. Karena itulah ciri-ciri sakit jantung perlu dikenali sebelum terjadi.

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh banyak hal. Penyebab yang paling umum adalah adanya penumpukan kolesterol yang menyebabkan plak pada pembuluh darah. Untuk berkenalan lebih jauh mengenai penyakit ini, simak ulasan seputar ciri penyakit jantung berikut.

Ciri-ciri Penyakit Jantung dan Pengobatannya

Sakit Jantung
Sakit Jantung | doktersehat.com

Ciri-ciri sakit jantung kerapkali diremehkan dan tidak dianggap serius oleh kebanyakan orang. Gejala sakit jantung yang sering dirasakan kebanyakan penderita adalah rasa nyeri di bagian dada.

Rasa nyeri biasanya akan hilang setelah beristirahat namun pada kasus yang parah, rasa nyeri dapat bertahan lebih lama. Rasa nyeri pada dada memang tidak selalu berarti sakit jantung.

Akan tetapi, rasa nyeri dada dapat menjadi penanda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Patut Anda ingat bahwa, mengabaikan gejala penyakit dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Gejala lain dari penyakit jantung adalah sering merasa pusing dan tubuh mudah merasa lelah. Rasa pusing disertai kelelahan merupakan akibat dari peredaran darah dan kinerja jantung mengalami masalah.

Karena gejala gangguan jantung sangat umum, orang seringkali mengacuhkannya. Padahal penyakit jantung yang tidak segera tertangani akan makin memperparah kondisi organ vital ini.

Penanganan penyakit jantung secara medis dilakukan dengan pemberian obat-obatan oleh dokter spesialis jantung. Pengobatan harus dilakukan secara rutin hingga kondisi organ jantung semakin membaik.

Pengobatan untuk sakit jantung yang lebih serius bisa dengan operasi pada jantung untuk memperbaiki bagian yang tersumbat. Pilihan terakhir yakni dengan operasi cangkok jantung untuk kondisi yang lebih parah.

Ciri-Ciri Sakit Jantung pada Wanita

Ciri-Ciri Sakit Jantung
Sakit Jantung | doktersehat.com

Penyakit jantung pada wanita terkadang tidak disertai adanya rasa nyeri di bagian dada. Wanita lebih rentan terkena infark myocardia, dimana serangan jantung terjadi tanpa menimbulkan suatu gejala tertentu. Karena itu, wanita harus lebih berhati-hati dan lebih menyadari keadaan tubuhnya.

Ciri-ciri sakit jantung pada wanita ditandai dengan rasa nyeri, tekanan, rasa tertindih, atau panas pada bagian tubuh seperti rahang, lengan, bahu, punggung, dada. Gejala tersebut diikuti dengan napas cepat dan pendek, tanpa sebab tertentu.

Kedua gejala tersebut dapat berlangsung 5-10 menit. Gejala lain yang terasa adalah detak jantung yang tidak beraturan dan rasa pusing.

Selain gejala di atas, ada gejala lain yang mungkin terjadi diantaranya mual dan muntah, gangguan pencernaan, berkeringat tanpa sebab, kelelahan yang teramat sangat secara tiba-tiba, pingsan, dan merasa panik tanpa alasan.

Apabila berbagai gejala tersebut dirasakan, segeralah pergi ke rumah sakit untuk mendapat pemeriksaan dan penangan dokter.

Jenis Penyakit Jantung dan Gejalanya

Sakit Jantung
Sakit Jantung | merdeka.com

Jenis dari penyakit jantung ada beberapa macam, setiap jenisnya punya penyebab yang berbeda.

  • Angina merupakan sakit jantung karena adanya penumpukan plak pada arteri.
  • Aritmia adalah gangguan jantung karena masalah pada kinerja detak jantung.
  • Kardiomiopati adalah masalah pada otot jantung. Selain itu, ada pula sakit jantung karena permasalahan pada fungsi katup jantung, serta serangan jantung karena kerusakan otot jantung.

Setiap jenis pada dasarnya punya gejala yang hampir mirip dengan gejala umum sakit jantung, namun ada pula yang tidak memunculkan gejala khusus. Gejala muncul disebabkan karena ada permasalahan pada jantung.


Bila dirangkum gejala sakit jantung bisa berupa sesak napas, demam, ketidaknormalan detak jantung, dan lainnya.
Itulah beberapa uraian seputar ciri-ciri sakit jantung. Lakukan kontrol kesehatan secara berkala untuk menjaga kesehatan organ vital Anda yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *