Ciri-Ciri Sakit Ginjal, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

2 min read

Ciri-Ciri Sakit Ginjal – Sakit ginjal terdiri atas beberapa jenis, mulai dari infeksi ginjal, batu ginjal, hingga gagal ginjal. Semuanya memiliki ciri-ciri sakit ginjal yang berbeda satu sama lain. Ciri-ciri penyakit penting untuk diketahui agar dapat mengetahui sakit yang diderita sejak awal.Meski demikian, tetap harus dengan diagnosis dokter untuk memastikannya, berikut ciri-ciri yang harus diperhatikan.

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Sakit Ginjal
Penyakit Ginjal | pantau.com

Secara umum, ciri-ciri sakit ginjal pada stadium awal adalah sebagai berikut:

1. Mudah Lelah

Menurunnya fungsi ginjal menyebabkan penyerapan racun dan zat residu pada darah terhambat.Akibatnya, darah membawa racun selain oksigen dan nutrisi, sehingga membuat tubuh mudah lelah, letih, dan kurang konsentrasi.

2. Kaki Bengkak

Pasien sakit ginjal umumnya mengalami kaki bengkak akibat ginjal sudah tidak dapat mengolah cairan tubuh dengan maksimal.Meski demikian pembengkakan tidak selalu menyebabkan kaki pincang, hanya saja terlihat menyeret kaki ketika berjalan.

3. Kesulitan Tidur

Penderita penyakit ginjal biasanya mengalami kesulitan tidur.Hal itu disebabkan karena fungsi ginjal terganggu sehingga kerap terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.Sakit ginjal juga menyebabkan pasien mengalami penurunan kualitas tidur.

4. Urine Berdarah

Jika mendapati urine berdarah, artinya harus segera mendapat penanganan dokter. Urine berdarah disebabkan karena penyaring pada ginjal yang harus membuang zat sisa tidak berfungsi maksimal, sehingga langsung membuang darah.

5. Kulit Kering dan Gatal

Salah satu ciri-ciri penyakit ginjal adalah kulit kering, kasar, dan gatal. Kondisi ini disebabkan karena ginjal tidak dapat membuang zat sisa dan racun dari dalam tubuh sehingga muncul kembali pada bagian tubuh yang lain.

Penyebab Penyakit Ginjal

Ciri-Ciri Sakit Ginjal
Penyakit Ginjal | klikdokter.com

Penyebab penyakit ginjal bermacam-macam, dapat diakibatkan oleh hipertensi atau diabetes. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mencegah terkena sakit ginjal adalah mengendalikan kedua penyakit tersebut. Apabila kadar gula darah dan tekanan darah tidak terkendali, lambat laun ginjal akan mengalami kerusakan.

Penyakit ginjal terbagi menjadi dua kategori yaitu penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronik.Penyakit ginjal akut disebabkan oleh kerusakan ginjal karena infeksi berat, pengobatan, atau zat radioaktif.

Sementara penyakit ginjal kronik disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah ginjal karena diabetes dan tekanan darah tinggi, atau penyakit sistem imun.Selain itu, dapat juga disebabkan karena kista pada ginjal, kerusakan jaringan karena aliran balik urine ke ginjal, atau kelainan ginjal bawaan.

Cara Mengobati Penyakit Ginjal

Ciri-Ciri Sakit Ginjal
Sakit Ginjal | doktersehat.com

Sebelum menentukan cara mengobati penyakit ginjal, dokter akan melakukan observasi terlebih dahulu dan memastikan penyebabnya. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu:

1. Obat-obatan

Obat-obatan untuk mengatasi penyakit ginjal ialah obat dosis tinggi dari golongan ACE inhibitors seperti ramipril dan captopril atau golongan ARBs seperti irbesartan dan valsartan. Obat diberikan untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi kadar protein dalam urine.

2. Terapi Batu Ginjal

Batu ginjal yang masih ringan tidak perlu diatasi dengan tindakan khusus.Untuk membilas saluran kemih, pasien dianjurkan meminum 2 hingga 3 liter air per hari, diberikan obat penahan sakit, dan obat untuk melemaskan otot saluran kemih.Sehingga batu dapat keluar dengan cepat tanpa nyeri.

Jika ukuran batu cukup besar dan tidak dapat keluar dengan sendirinya, dokter akan melakukan prosedur menghancurkan batu ginjal hingga dapat dibuang bersama urine.

3. Diet

Pola diet bagi penderita sakit ginjal yaitu diet rendah protein dan beberapa mineral seperti fosfat, kalium, dan natrium. Mereka juga harus membatasi asupan cairan agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

4. Terapi Pengganti Ginjal

Apabila ginjal sudah tidak berfungsi normal, harus dilakukan cara untuk menggantikan ginjal menjalankan tugasnya yaitu cuci darah, continuous ambulatory peritoneal dialysis (CAPD), ataupun transplantasi ginjal.


Demikian informasi mengenai ciri-ciri sakit ginjal, penyebab, dan cara pengobatannya. Semoga dapat menambah kewaspadaan Anda terhadap penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *