Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Tipes dan Cara Pengobatannya

1 min read

Ciri-Ciri Penyakit Tipes – Penyakit tipes diakibatkan oleh infeksi dari bakteri salmonella typhii. Ciri-ciri penyakit tipes yang utama adalah adanya demam yang terus meningkat disertai ruam pada bagian perut dan leher.

Gejala lain yang muncul diantaranya tubuh mudah lelah, keringat berlebih, nyeri pada otot, masalah pencernaan, perut terasa sakit, pusing, dan kehilangan nafsu makan.

Makanan untuk Penderita Tipes

Ciri-Ciri Penyakit Tipes
Penyakit Tipes | http://siklinik.com

Penderita tipes perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi guna membantu proses pemulihan. Tidak hanya itu, pengidap tipes disarankan untuk memilih makanan yang bertekstur lembut dan lembek.

Penderita dapat mengkonsumsi bubur yang dicampur dengan kaldu ayam. Sebagai penambah nutrisi, pilihan lainnya bisa berupa nasi tim ditambah ayam, kentang yang dihaluskan, puding, dan makanan lain.

Asupan protein diperlukan penderita tipes agar tubuh tetap bertenaga dan daya tahan tetap terjaga. Sumber protein yang direkomendasikan yaitu ikan rebus, tahu, hati ayam, daging ayam yang direbus, kacang kedelai, dan lain-lain.

Kecukupan nutrisi pada penderita tipes akan membantu proses penyembuhan. Makanan yang kaya vitamin juga sangat dianjurkan untuk penderita tipes. Perlu Anda ingat, makanan bervitamin yang dipilih haruslah rendah serat.

Makanan yang rendah serat lebih mudah dicerna dan aman bagi penderita tipes. Beberapa makanan rendah serat yang bisa dipilih yakni kacang panjang, pepaya, pisang, buncis, alpukat, wortel, dan lainnya.

Pantangan Sakit Tipes

Penyakit Tipes
Penyakit Tipes | hellosehat.com

Salah satu ciri dari penyakit tipes adalah adanya masalah pada sistem pencernaan. Karena itu penderita tipes harus menghindari makanan jenis tertentu. Makanan dengan karbohidrat tinggi harus dihindari atau dikurangi, sebab sukar dicerna oleh penderita tipes.

Penderita tipes tetap boleh mengkonsumsi buah-buahan. Karena penderita membutuhkan vitamin untuk menjaga keseimbangan nutrisi.

Buah yang dilarang untuk penderita tipes adalah yang punya rasa asam atau buah yang bisa memicu timbulnya gas dalam perut. Buah tersebut antara lain jambu biji, jeruk, apel, nangka, durian, dan lain-lain.

Pantangan lainnya yakni sayuran tinggi serat. Sayuran yang kaya serat tidak baik dikonsumsi penderita tipes karena dapat membuat kinerja pencernaan makin berat.

Begitu pula dengan protein, penderita tipes harus menghindari makanan dengan tekstur yang keras, seperti daging sapi, daging kambing, dan ikan asin. Minuman yang bersoda, beralkohol, dan berkafein juga perlu dihindari oleh penderita tipes

Pencernaan pada penderita tipes lebih lemah dan sensitif. Karenanya penderita tipes dilarang makan makanan yang terlalu berlemak serta pedas. Makanan berlemak dapat memicu terjadinya komplikasi. Makanan pedas bisa memperburuk kondisi pencernaan dan menimbulkan peradangan pada pencernaan.

Beberapa Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Kambuh

Penyakit Tipes
Penyakit Tipes | plimbi.com

Pada dasarnya penyakit tipes dapat kambuh kembali bila daya tahan dan pola makan penderita tidak dijaga dengan baik.
Beberapa tanda dari tipes yang kambuh intinya sama dengan gejala awal kemunculannya, yakni demam tinggi, kepala pening, masalah pada sistem pencernaan, adanya bintik merah, otot tubuh terasa pegal, lesu, perut sakit, kebingungan, dan kurang nafsu makan.

Kambuhnya penyakit tipes dapat dicegah dengan beberapa cara. Penderita perlu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi higienis dan sudah matang. Penderita sebaiknya tidak jajan di sembarang tempat.

Penderita tipes harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Penderita lebih baik memisahkan alat makan supaya bakteri pemicu tipes.


Ciri-ciri penyakit tipes memang banyak yang kadang menyerupai penyakit lain. Namun, Anda harus lebih peka mengamati perubahan tubuh dan melakukan antisipasi dengan meningkatkan asupan makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *