Ciri-Ciri Penyakit Rematik dan Cara Mengobatinya

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Rematik – Rematik merupakan keluhan kesehatan yang sering terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Ciri-ciri penyakit rematik yang paling umum adalah rasa nyeri dan pegal di persendian tubuh.

Berdasarkan penyebabnya, reumatik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, mulai dari rheumatoid arthritis, osteoarthritis, hingga ankylosing spondylitis. Meski disebabkan oleh hal yang berbeda, semua jenis reumatik tetap memiliki gejala yang hampir sama.

Ciri-Ciri Penyakit Rematik pada Tangan

Ciri-Ciri Penyakit Rematik
Penyakit Rematik | hellosehat.com

Gejala reumatik seperti nyeri sendi sebenarnya bisa terjadi pada bagian tubuh manapun, termasuk tangan, lutut, dan telapak kaki. Khusus untuk tangan, ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

1. Pergelangan tangan dan jari-jari terasa kaku, terutama di pagi hari. Biasanya gejala ini semakin berkurang saat menjelang siang.

2. Tangan terasa kesemutan, ada sensasi terbakar, atau bahkan mati rasa. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan tendon yang membuat saraf terhimpit.

3. Tangan sulit untuk digerakkan. Gejala yang satu ini relatif jarang terjadi, tetapi bisa saja dialami apabila penyakit reumatiknya sudah sangat parah dan merusak saraf.

Penyebab Rematik di Usia Muda

Ciri-Ciri Penyakit Rematik
Penyakit Rematik | sehatafiat.com

Walau identik sebagai penyakit yang menyerang orang tua, rematik tetap bisa dialami oleh anak-anak muda. Berikut adalah penyebab rematik yang terjadi di usia muda.

1. Genetik

Faktor genetik memungkinkan seseorang yang masih muda terkena rematik. Resiko mengalami rematik akan lebih tinggi apabila anggota keluarganya memiliki riwayat penyakit tersebut.

2. Gaya hidup tidak sehat

Selain pola makan yang buruk, malas berolahraga juga bisa meningkatkan risiko terkena rematik. Hal ini karena tulang dan persendian tubuh jarang digerakkan sehingga akan terasa kaku.

3. Penyakit autoimun

Salah satu penyebab terjadinya rematik adalah adanya gangguan sistem kekebalan tubuh, misalnya menderita penyakit lupus. Lupus merupakan penyakit autoimun yang membuat tubuh memproduksi antibodi berlebih.

Antibodi ini tidak melindungi tubuh dari penyakit, tetapi justru menyerang sel-sel sehingga menyebabkan kerusakan dan peradangan. Lupus sendiri bisa diderita oleh siapa saja, termasuk anak-anak muda.

Cara Mengobati Penyakit Rematik

Penyakit Rematik
Penyakit Rematik | honestdocs.id

Banyak orang yang menganggap enteng penyakit rematik, tetapi bagaimanapun juga keluhan kesehatan ini harus tetap diobati. Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit tersebut, contohnya seperti di bawah ini.

1. Obat rematik

Rematik dapat diatasi dengan meminum beberapa jenis obat, misalnya dari golongan NSAID, kortikosteroid, dan DMARD.

Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID)

Obat jenis ini berguna untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit, contohnya ibuprofen dan naproxen. Meski banyak dijual bebas, NSAID dengan dosis yang lebih kuat harus disertai dengan resep dokter.

Kortikosteroid

Obat jenis ini tak hanya mengurangi peradangan dan rasa sakit, tapi juga berguna untuk memperlambat kerusakan pada persendian tubuh. Contoh obat yang termasuk jenis kortikosteroid adalah prednison.

• Disease-modifying anti-rheumatic drugs (DMARD)

Methotrexate, sulfasalazine, dan leflunomide merupakan contoh DMARD yang gunanya untuk menekan perkembangan penyakit rematik. DMARD juga berguna untuk mengurangi risiko kerusakan permanen pada persendian dan jaringan tubuh.

2. Terapi fisik

Keluhan rematik yang paling umum adalah persendian yang terasa kaku sehingga sulit digunakan untuk beraktivitas. Hal ini dapat diobati dengan terapi fisik untuk melemaskan otot dan juga sendi-sendi tubuh yang kaku.

3. Operasi

Saat penyakit rematik sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan obat maupun terapi, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah operasi. Tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki sendi maupun jaringan tubuh lainnya sehingga rematik bisa dihilangkan.

Prosedur operasi pun bisa bermacam-macam dan tergantung dari keluhan yang dialami. Contohnya adalah synovectomy atau membuang lapisan sendi yang meradang, memperbaiki tendon yang kondisinya memburuk, atau mengganti sendi yang sudah rusak total.


Itu dia penjelasan mengenai ciri-ciri penyakit rematik serta bagaimana cara mengobatinya. Tetap jalankan gaya hidup sehat dan jangan ragu ke dokter apabila mengalami gejala rematik seperti di atas.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read