Ciri-Ciri Penyakit Maag Ringan dan Kronis yang Perlu Anda Ketahui

1 min read

Ciri-Ciri Penyakit Maag – Maag merupakan salah satu gangguan lambung yang bisa menyerang siapa saja. Ciri penyakit maag sendiri bisa beragam, tergantung dari tingkat keparahannya. Gejalanya pun tidak hanya berkisar di perut, tapi juga terasa di bagian tubuh lainnya.

Maag sebenarnya adalah istilah orang awam untuk menyebut keluhan pada perut (terasa nyeri dan terbakar). Sederhananya, maag adalah gejala dari penyakit lain yang memang menyerang lambung.

Penyakit yang paling sering menimbulkan gejala maag adalah GERD atau yang sering disebut sebagai asam lambung. Itulah kenapa maag sering dikait-kaitkan dengan asam lambung yang naik. Padahal, maag juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, misalnya tukak lambung.

Gejala Maag Ringan

Ciri-Ciri Penyakit Maag
Penyakit Maag | tirto.id

Maag ringan bisa berarti penyakit yang dialami lambung belum terlalu parah. Biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, sering mengonsumsi makanan pedas, atau mengalami stres. Di bawah ini adalah beberapa ciri penyakit maag ringan yang sudah umum:

1. Nyeri pada perut bagian atas ulu hati
2. Perut terasa kembung dan begah
3. Nafsu makan berkurang karena perut terasa penuh dan kenyang
4. Maag juga dapat menyebabkan rasa mual dan ingin muntah
5. Muncul sensasi panas/terbakar di bagian dada dan teggorokan

Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Sudah Parah

Ciri-Ciri Penyakit Maag
Penyakit Maag | hellosehat.com

Penyakit maag dianggap kronis atau sudah parah apabila terjadi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam, tapi yang biasanya terjadi adalah akibat adanya infeksi dan peradangan lambung.

Infeksi seperti ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penggunaan obat-obatan, minuman beralkohol, stres, atau akibat dari penyakit tertentu. Secara umum, gejala penyakit maag kronis adalah sebagai berikut:

1. Perut bagian atas terasa sangat perih.
2. Nyeri perut berlangsung lama dan bisa sampai terasa ke bagian punggung.
3. Perut terasa mual dan sering muntah. Bila sudah parah, muntahannya bisa bercampur dengan darah.
4. Perut terasa kembung sehingga sering bersendawa dan nafsu makan berkurang.
5. Kepala pusing, berkeringat, dan wajah terlihat pucat.
6. Bila disebabkan asam lambung, penderita kadang mengalami sesak napas/dada terasa penuh.

Cara Penyembuhan Penyakit Maag

Ciri-Ciri Penyakit Maag
Penyakit Maag | hellosehat.com

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit maag. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat maag yang banyak dijual di pasaran. Namun cara ini biasanya hanya akan meredakan penyakit maag secara sementara.

Mengingat maag bisa disebabkan oleh beberapa macam penyakit, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih jelas. Bila penyebabnya diketahui secara pasti, maka pengobatan maag pun bisa lebih optimal.

Di sisi lain, cara penyembuhan maag yang paling dianjurkan adalah menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah masalah makanan, mulai dari jenis, porsi, hingga waktunya.

Berikut pola makan yang dianjurkan untuk meredakan penyakit maag:

1. Atur waktu makan dengan baik, misalnya 3 kali dalam sehari.

2. Hindari makan dalam jumlah yang terlalu banyak. Sebaliknya, makanlah dalam porsi kecil tapi sudah mencakup semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Makanlah secara perlahan. Kunyah makanan dengan baik hingga benar-benar halus.

4. Setelah makan, jangan langsung berbaring apalagi tidur. Jika ingin rebahan, tunggu setidaknya 30 menit setelah makan.

5. Pastikan Anda mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah. Kurangi makanan kemasan seperti keripik, roti, atau mi.


Meski kelihatannya tidak berbahaya, jangan pernah menganggap remeh penyakit maag Bila Anda mengalami ciri-ciri penyakit maag, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read