Inilah Ciri-Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi, Jangan Anggap Remeh!

1 min read

Ciri-Ciri Penyakit Kolesterol tinggi – bisa jadi sumber masalah bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Karena itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri penyakit kolesterol tinggi agar terhindar dari masalah kesehatan apa pun.

Namun, jangan salah paham dan menganggap semua kolesterol itu buruk. Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol. Pertama ada LDL yang dikenal sebagai kolesterol baik. Kedua ada HDL yang sering disebut sebagai kolesterol jahat.

Bila kadar HDL sangat tinggi, kondisi inilah yang berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Tingginya kadar HDL pun bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi yang paling utama adalah gaya hidup yang tidak sehat, contohnya sebagai berikut.

1. Sering mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi, misalnya produk-produk hewani.

2. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak trans, contohnya junk food, keripik, kue kering, dan lain-lain.

3. Jarang olahraga. Tubuh yang jarang bergerak dan tidak pernah rutin berolahraga akan meningkatkan kadar kolesterol jahat (HDL) dalam darah.

7 Ciri-Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi

Ciri-Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi
Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi | hellosehat.com

Ada beberapa ciri-ciri yang umum terjadi saat seseorang menderita penyakit kolesterol tinggi, berikut adalah contohnya.

1. Tengkuk terasa pegal

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang paling umum adalah rasa pegal di beberapa bagian tubuh, terutama di bagian pundak dan tengkuk. Leher bagian belakang biasanya terasa kaku dan berat karena aliran darah yang tidak lancar.

2. Kesemutan

Kolesterol tinggi juga bisa memengaruhi saraf, misalnya pada bagian tangan. Karena itu, penderita kolesterol tinggi biasanya merasakan kesemutan atau kebas pada tangannya.

3. Sakit kepala

Kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit hipertensi. Jika sudah cukup parah, hal ini bisa merusak pembuluh darah di otak sehingga menimbulkan sakit di bagian kepala.

4. Jantung berdebar

Kolesterol tinggi akan menumpuk di pembuluh darah dan menyumbatnya. Hal ini membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Efeknya, detak jantung terasa lebih kencang dan Anda akan merasa berdebar-debar.

5. Mudah lelah dan mengantuk

Pembuluh darah yang dipenuhi oleh plak kolesterol menyebabkan terhambatnya aliran oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Karena otak kekurangan asupan oksigen, tak heran bila penderita kolesterol tinggi lebih mudah mengantuk, lelah, dan sulit berkonsentrasi.

6. Gangguan pernapasan

Dalam kondisi yang sudah cukup parah, sesak napas bisa saja terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya tumpukan kolesterol di pembuluh darah, terutama di organ-organ pernapasan seperti paru-paru.

7. Nyeri dada

Kolesterol yang menyumpat pembuluh darah di jantung bisa menyebabkan dada terasa nyeri. Bila dibiarkan dan tidak segera ditangani, hal ini bisa menimbulkan penyakit jantung yang sangat berbahaya.

Cara Mengatasi Kolesterol

Ciri-Ciri Penyakit Kolesterol Tinggi
Kolesterol Tinggi | jogjainside.com

Setidaknya ada dua cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yaitu dengan obat-obatan dan juga penerapan gaya hidup sehat, berikut adalah penjelasannya.

1. Obat kolesterol

Pemakaian obat sebaiknya dilakukan dengan resep dokter. Penggunaannya pun dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari seberapa tinggi kadar kolesterolnya, usia, sampai kemungkinan efek sampingnya. Salah satu obat penurun kolesterol yang umum adalah statin.

2. Pola hidup sehat

Menjalankan gaya hidup sehat adalah obat utama untuk menurunkan kadar kolesterol. Menjaga pola makan, mengonsumsi makanan bergizi, sering berolahraga, serta menghindari rokok adalah cara-cara sederhana untuk terbebas dari berbagai macam penyakit.


Pada intinya, kolesterol tinggi bisa terjadi ketika Anda tidak menerapkan pola hidup sehat. Dan bila Anda mengalami beberapa ciri-ciri penyakit kolesterol yang sudah disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read