Jangan Tunggu Kena, Kenali Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium di Sini!

1 min read

Ciri-Ciri Penyakit Kista – Sama dengan penyakit pada umumnya, kista juga punya beberapa gejala. Ciri-ciri penyakit kista ovarium pada wanita ditandai dengan adanya rasa nyeri yang tidak wajar pada perut bagian bawah.

Rasa nyeri tidak wajar akan muncul tak hanya saat datang bulan tapi juga pada situasi tubuh normal. Rasa nyeri tersebut dapat menjalar hingga kebagian punggung dan paha.

Penyakit kista dapat membesar dan menyebabkan perdarahan pada daerah intim. Pembesaran kista juga dapat mengganggu siklus datang bulan.

Ciri lain yang bisa dirasakan adalah perut terasa membesar dan berat. Selain itu, bila diraba ada benjolan pada bagian bawah perut. Kista yang sudah membesar akan menimbulkan rasa tertekan pada perut yang dapat mengganggu pencernaan.

Pengertian Kista

Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium
Kista Ovarium | artikelmedis.com

Kista adalah suatu penyakit berupa benjolan yang berisi suatu cairan atau gas, kista dapat muncul di semua jaringan pada tubuh. Ukuran kista cukup beragam, ada yang berukuran sangat kecil hingga besar. Kista yang membesar akan mengganggu organ yang ada disekitarnya.

Kista ovarium merupakan kista yang menyerang para wanita. Kista ini akan terbentuk pada area ovarium. Pada dasarnya ada kista ovarium yang tidak berbahaya namun ada pula yang berbahaya.

Kista ovarium fungsional, biasanya muncul saat masa datang bulan dan dapat hilang sendiri. Namun, kista ovarium patologis merupakan kista yang disertai dengan gejala tertentu, kista ovarium jenis ini bisa jadi kista jinak atau ganas.

Tanda Penyakit Kista pada Wanita yang Belum Menikah

Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium
Kista Ovarium | starberita.com

Penyakit kista, utamanya kista ovarium dapat menyerang semua wanita, termasuk wanita yang belum menikah. Ciri-ciri penyakit kista yang terjadi para wanita yang belum menikah pada dasarnya sama dengan gejala kista ovarium pada umumnya.

Biasanya akan timbul rasa nyeri pada area tubuh yang dekat dengan perut bawah, gangguan pencernaan karena tekanan kista, dan benjolan.

Kista pada wanita dapat disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebabnya diantaranya aktivitas fisik yang terlalu berat, kondisi psikis yang tidak stabil, hingga diet yang terlalu berlebihan.

Penyebab lain dari kista bisa karena masalah dalam sistem tubuh seperti kegagalan proses ovulasi, hormon yang tidak seimbang, faktor keturunan, hingga datang bulan saat usia muda.

Pertanda Kista Kembali Kambuh

Kista Ovarium
Kista Ovarium | kabarwanita.id

Kista yang sudah dihilangkan baik melalui tindakan operasi atau pengobatan tetap punya kemungkinan untuk kambuh. Hal ini dikarenakan, adanya sel kista yang mungkin masih aktif.

Namun, kista tidak akan begitu saja kambuh tanpa adanya pemicu. Kista dapat kambuh karena dipicu gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak makan makanan tidak sehat dan tinggi kafein.

Penyakit kista ovarium yang kambuh ada yang menimbulkan gejala, tetapi ada juga yang tidak. Jenis kista ovarium tertentu yang kambuh mungkin akan menyebabkan pendarahan dan gangguan dalam siklus datang bulan.

Kista yang kambuh dapat menyebabkan nyeri di sekitar panggul. Jika kista kambuh ini sudah terinfeksi, akan membuat penderitanya demam, mual, dan muntah.

Kekambuhan kista bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan secara teratur dan menjaga pola makan. Sebaiknya hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat tinggi dan sederhana.

Pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks. Selain itu, kurangi makanan tinggi glikemik, berkafein, dan daging merah. Perbanyaklah konsumsi protein dari ikan, kacang, atau susu yang rendah lemak


Ciri-ciri penyakit kista ovarium di atas bisa dialami oleh siapa saja. Bila Anda menjaga pola makan sehat dan rajin berolahraga, risiko mengidap kista pun relatif rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *