Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Dalam tubuh manusia terdiri dari triliunan sel yang tersebar di setiap organ dan bagian.

Sel-sel tersebut akan terus tumbuh dan berkembang menjadi sel baru. Sementara itu, sel-sel yang sudah tua, tidak sehat, dan tidak berfungsi lagi akan mati secara alamiah.

Pertumbuhan Sel yang Liar dan Abnormal

Ciri-Ciri Penyakit Kanker
Ciri-Ciri Penyakit Kanker | hellosehat.com

Beda halnya dengan sel biasa, sel kanker tidak akan mati dengan sendirinya. Sel ini akan terus menggandakan dan memperbanyak diri hingga jumlah yang sudah tak bisa dikendalikan lagi.

Sel tubuh dan sel kanker memiliki banyak sekali perbedaan. Sel ini dapat tumbuh secara agresif dan menyebar ke bagian tubuh lainnya guna membentuk sebuah jaringan baru. Sel kanker juga tidak bisa mati dan rusak dengan sendirinya.

Penyakit yang diakibatkan selama kanker bisa muncul pada bagian tubuh mana pun karena asalnya dari sel dalam tubuh manusia. Sehingga, terdapat banyak sekali jenis penyakit kanker yang didapati pada manusia. Kurang lebih ada 200 jenis penyakit kanker.

Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala berikut, segera hubungi doker. Lebih cepat lebih baik, agar dokter dapat sedini mungkin menegakkan diagnosis dan memudahkan penanganan sebelum terlambat.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker

Ciri-Ciri Penyakit Kanker
Ciri-Ciri Penyakit Kanker | harianpost.co.id

1. Adanya benjolan

Terdapat benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa di bagian tubuh mana saja yang harus ditanggapi dengan serius. Contohnya, benjolan dan pembengkakan di leher, ketiak, perut, pangkal paha, atau daerah dada.

Jika benjolan tersebut berlangsung selama tiga minggu atau lebih, penting sekali untuk segera memeriksakannya.

2. Tahi lalat yang tidak biasa

Tahi lalat yang awalnya tumbuh dengan tidak mencurigakan namun sangat cepat melebar atau yang berubah bentuk dan warnanya, harus diwaspadai dengan cara memeriksakannya ke dokter kulit.

3. Rasa sakit atau nyeri yang tidak kunjung sembuh

Segera periksakan rasa sakit yang: berlangsung lama, terus-menerus, tidak dapat dijelaskan, serta datang da pergi selama lebih dari empat minggu.

4. Sakit sariawan (ulkus) pada mulut atau lidah

Secara normal, lapisan mulut akan memperbaharui dirinya setiap dua minggu atau lebih. Oleh karenanya, sariawan biasa tidak akan terjadi lebih lama dari waktu tersebut. Jika mengalami sariawan selama lebih dari tiga minggu periksalah ke dokter.

5. Batuk atau suara parau

Waspadai pula batuk dan suara serak yang berlangsung selama lebih dari tiga minggu dan batuk berdarah.

6. Kesulitan menelan atau gangguan pencernaan

Apabila Anda mengalami kesulitan menelan dan masalah pencernaan seperti sakit perut, mules atau mencret yang tidak hilang setelah beberapa minggu, maka harus diperiksa.

7. Masalah buang air kecil

Tanda-tandanya biasanya disebabkan oleh kondisi medis umum akibat membesarnya kelenjar prostat. Namun, bisa juga disebabkan oleh kondisi yang jarang namun berbahaya, yakni kanker prostat.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami salah satu gejala tersebut, periksakan diri segera ke dokter. Pada wanita, infeksi saluran kencing (ISK) merupakan penyebab tersering rasa sakit dan kesulitan buang air kecil.

8. Kencing berdarah atau darah dalam urine

Jika Anda menjumpai darah dalam urine atau air seni, segera konsultasikan ke dokter. Memang gejala ini tidak semuanya disebabkan oleh kanker, namun harus tetap waspada.

9. Buang air besar (BAB) berdarah

Hal tersebut paling sering terjadi ketika menderita ambeien atau wasir (hemorrhoid). Namun, BAB berdarah bisa juga merupakan gejala kanker usus atau bahkan kondisi yang lebih serius.

10. Penurunan berat badan

Penyusutan berat badan dari waktu ke waktu dinilai cukup normal. Namun, jika Anda merasa kehilangan berat badan tanpa adanya diet atau dengan pola makan yang biasa-biasa saja, hal ini perlu diwaspadai.

11. Sesak napas

Sesak napas juga tidak selalu dikaitkan dengan gejala kanker. Namun, jika Anda mengalami sesak napas lebih berat atau lebih sering dari biasanya, berhati-hatilah. Ada kecurigaan hal itu merupakan gejala kanker paru-paru.


Demikian sebelas ciri-ciri penyakit kanker yang umumnya terjadi pada penderita. Penyebab penyakit ini memang belum diketahui dengan pasti, namun pola hidup yang buruk dapat dipastikan berpengaruh pada hidup Anda. Maka, mari terapkan gaya hidup sehat!