Ciri-Ciri Penyakit Kanker Serviks dan upaya Pencegahannya

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Serviks – Dalam urusan penyakit, ada jenis-jenis yang hanya menyerang satu gender tertentu, kanker serviks yang berisiko menjangkiti kaum hawa saja, misalnya. Nah, artikel ini ditulis untuk Anda para wanita, yang ingin lebih mewaspadai ciri-ciri penyakit kanker serviks.

Di dalamnya, akan Anda temukan apa saja gejala penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan badan yang tak sehat ini, lengkap dengan cara pencegahannya. Berikut ulasannya.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Serviks

Penyakit Kanker Serviks
Kanker Serviks | wajibbaca.com

Pada kebanyakan kasus kanker serviks, penderita baru menyadari gangguan kesehatan ini setelah memasuki stadium lanjut. Hal ini karena para penderita umumnya mengabaikan gejala-gejala yang dirasakan di awal masa terjangkitnya.

Untuk menghindari berkembangnya penyakit, waspadai tanda-tanda tak normal yang dialami tubuh berikut ini.

1. Pendarahan

Pendarahan tak normal yang keluar dari jalan lahir, umumnya menjadi tanda-tanda awal kanker serviks. Frekuensi pendarahan tak normal meliputi lebih banyak atau justru lebih sedikit dari menstruasi biasa.

Gejala ini dapat terjadi saat tak menstruasi atau bahkan setelah menopause. Dapat pula terjadi pendarahan setelah berhubungan badan.

2. Keputihan

Keputihan umum dialami oleh wanita. Yang tak umum adalah jika Anda mendapati lendir keputihan berubah warnanya, berbau, dan teksturnya berbeda dari biasanya.

3. Mudah capai

Penderita kanker serviks akan merasa mudah lelah. Hal ini disebabkan oleh pendarahan yang tak normal pada jalan lahirnya. Rasa lelah itu umumnya akan sering terjadi sekalipun sudah merasa cukup istirahat.

4. Hematuria

Hematuria adalah kondisi di mana ditemukannya bercak darah pada urine. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda menemukan gejala ini.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Penyakit Kanker Serviks
Penyakit Kanker Serviks | moneysmart.id

Adapun tanda-tanda yang muncul pada penderita kanker serviks stadium lanjut lebih spesifik sehingga diagnosis penyakit ini baru dapat ditegakkan. Beberapa tanda-tandanya:

– panggul terasa nyeri saat berhubungan badan;

– berkemih tak wajar: frekuensi meningkat, terasa sakit, dan tidak dapat menahan desakan;

– tungkai membengkak akibat sirkulasi darah yang terhambat;

– nafsu makan menghilang karena menyebarnya sel kanker membuat tubuh sulit menerima makanan yang masuk;

– sembelit, jika sel kanker menyebar hingga ke usus besar; serta

– keluar feses atau urine dari jalan lahir.

Pencegahan Kanker Serviks

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Serviks
Penyakit Kanker Serviks | hellosehat.com

Mencegah, selamanya lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku pada penyakit yang disebabkan karena terinfeksi HPV (human papillomavirus) ini. Untuk mencegah terserangnya penyakit ini, lakukan empat hal berikut.

1. Pap smear

Pemeriksaan pap smear adalah upaya terbaik untuk mencegah kanker serviks. Prosedur ini bermanfaat dalam mengenali sel-sel pada leher rahim yang memiliki kemungkinan berkembang menjadi kanker.

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan pap smear untuk pertama kalinya setelah menginjak usia 21 tahun. Setelah itu, ulangi secara rutin dengan frekuensi sekali dalam tiga tahun hingga berusia 30 tahun.

Setelah berusia lebih dari 30 tahun, pemeriksaan pap smear dilakukan lima tahun sekali dibarengi dengan tes HPV. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan pap smear.

2. Vaksinasi HPV

Tindakan pencegahan yang satu ini efektif dilakukan baik pada perempuan maupun laki-laki berusia antara 9–26 tahun, atau mereka yang belum menikah dan berhubungan badan. Namun, orang dewasa di atas rentang usia tersebut juga dapat melakukannya.

Yang harus disadari adalah vaksinasi HPV memang dapat mengurangi risiko terkenanya kanker serviks, tetapi tidak serta-merta menjamin Anda terbebas 100%. Melakukan pemeriksaan pap smear tetap dianjurkan.

3. Tidak merokok

Rokok mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh yang bersifat oksidatif dan memicu munculnya sel kanker. Tinggalkan kebiasaan buruk menjadi perokok aktif atau pasif sekarang juga.

4. Berhubungan badan hanya dengan yang sah

Seperti telah disebutkan pada paragraf awal, kanker serviks dapat ditularkan melalui aktivitas hubungan badan yang tak aman, seperti melakukannya di luar ikatan pernikahan.

Alih-alih menggunakan istilah ‘setia pada satu pasangan’ dan ‘memakai kondom’ yang masih memiliki celah untuk disusupi kegiatan ‘seks bebas’, ‘melakukan hubungan badan hanya dengan pasangan yang sah’ merupakan jalan teraman yang dapat dilakukan.


Demikian ulasan mengenai ciri-ciri penyakit kanker serviks beserta upaya pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read