Ciri-Ciri Penyakit Kanker Otak yang Wajib Diwaspadai

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Otak – Kanker otak masih menjadi penyakit yang ditakuti hingga kini. Walau angka kejadiannya kecil, WHO mencatat 13.000 kematian dari 22.000 kasus kanker otak setiap tahunnya. Artikel ini akan membahas ciri-ciri penyakit kanker otak beserta cara pencegahannya.

Tujuannya tidak lain adalah untuk membangkitkan rasa awas Anda terhadap penyakit ini, sehingga dapat mengenali ciri-ciri dan gejalanya sejak awal. Dengan begitu, kanker tak akan bertambah parah karena tidak terlambat ditangani. Berikut ulasannya.

Gejala Kanker Otak Stadium Awal sampai Akhir

Penyakit Kanker Otak
Ciri-Ciri Penyakit Kanker Otak | penyakit.id

Penderita kanker otak biasanya menampakkan gejala-gejala: sakit kepala, berubahnya mental, muntah, terganggunya penglihatan dan kesadaran, sulit bergerak, kejang-kejang, demensia, menurunnya berat badan, demam, serta hilangnya sensasi dan nafsu makan.

Namun, tidak semua orang yang terlihat dengan keluhan-keluhan tersebut pasti mengidap kanker otak, karena beberapa gejala di atas juga dapat mengindikasikan penyakit lain. Lalu, bagaimana membedakannya?

1. Sakit kepala

Sakit di kepala karena kanker otak akan terasa baru, seperti tak pernah Anda rasakan sebelumnya. Sakit kepala ini juga hampir selalu dibarengi dengan muntah-muntah atau gejala kanker otak lainnya.

2. Berubahnya mental

Yang disebabkan oleh kanker otak adalah perubahan mental yang meliputi memori hilang, konsentrasi terganggu, penalaran bermasalah, kepribadian berubah, dan intensitas tidur meningkat.

3. Muntah

Muntah-muntah karena kanker otak terjadi tiba-tiba dan biasanya berbarengan dengan sakit kepala. Cairan muntah juga terlihat tidak normal, berwarna agak kehijauan.

4. Terganggunya penglihatan

Yang disebabkan oleh kanker otak adalah gangguan penglihatan yang meliputi pandangan kabur, hanya dapat melihat lurus, serta ‘kehilangan’ teks saat membaca. Pada stadium lanjut, kebutaan bahkan bisa terjadi.

5. Sulit bergerak

Kanker otak menyebabkan salah satu sisi tubuh penderita sulit digerakkan. Penderita juga kehilangan keseimbangan, sering tersandung, membutuhkan sandaran saat berjalan, dan kesulitan mengoordinasi anggota geraknya.

6. Kejang-kejang

Kejang-kejang karena kanker otak terjadi mendadak, diikuti hilangnya kesadaran dan kontrol fungsi tubuh.

Cara Mencegah Kanker Otak

Ciri-Ciri Penyakit Kanker Otak
Penyakit Kanker Otak | klikkabar.com

Memang belum ada yang dapat memastikan penyebab persisnya penyakit kanker secara umum, sehingga satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan hidup yang baik. Di antara upaya tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memeriksakan diri ke dokter. Ketika merasakan lebih dari satu gejala kanker otak terjadi pada diri Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jika hasil diagnosis menunjukkan adanya kanker otak, Anda telah berupaya untuk mencegahnya bertambah parah.

2. Hindari stres. Luangkan waktu untuk beristirahat dari rutinitas harian dan lakukan kegiatan kesukaan Anda untuk menghalau tekanan.

3. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian. Kurangi makanan yang mengandung lemak dan zat pengawet. Hindari pula mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara diasap atau dibakar.

4. Menghentikan kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi alkohol. Tak ada hal baik yang akan datang pada diri dan hidup Anda dengan merokok dan mabuk-mabukan, sebab zat-zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol sangat mematikan.

5. Olahraga teratur. Siapkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, mengakses tempat-tempat sekitar dengan berjalan kaki tanpa mengandalkan kendaraan apa pun sudah terhitung cukup.

Jenis-Jenis Kanker Otak

Penyakit Kanker Otak
Penyakit Kanker Otak | klcbs.net

Terdapat lebih dari satu jenis kanker otak yang dibedakan menurut tempat pertumbuhan selnya. Berikut uraiannya.

1. Astrositoma, paling sering tumbuh di serebrum atau otak besar, dengan klasifikasi:

– Grade I: Astrositoma Pilositik, umum terjadi pada remaja dan anak-anak;

– Grade II: Astrositoma Difusa, umum terjadi pada dewasa muda;

– Grade III: Astrositoma Anaplastik, umum menyerang dewasa berusia di atas 41 tahun; dan

– Grade IV: Gliobastoma Multiforme, umum menyerang dewasa berusia antara 50 hingga 70tahun.

2. Glioma Batang Otak, tumbuh di bagian otak paling bawah yang terhubung dengan sumsum tulang belakang.

3. Ependymoma, tumor glial yang berawal dari sel ependymal di dalam sistem saraf pusat.


Demikian informasi ciri-ciri penyakit kanker otak dan cara pencegahannya dirangkum dalam artikel ini untuk Anda. Semoga Anda terhindar dari gangguan kesehatan yang berbahaya.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read