Berikut Ini Ciri-Ciri Penyakit Jantung di Segala Usia

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Jantung – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan beban kesehatan yang tinggi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan dan perawatan pasca medikasi terbilang cukup besar. Mengenali ciri-ciri penyakit jantung dengan baik diharapkan dapat menekan ongkos yang dikeluarkan untuk kesembuhan.

Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Anak

Ciri-Ciri Serangan Jantung

Penyakit jantung jenis disebut juga penyakit jantung bawaan. Biasanya terjadi sejak janin berusia 6 hingga 8 minggu kehamilan. Faktor genetik dari ibu yang juga menderita penyakit jantung ini diduga menurun kepada janin.

Faktor risiko lainnya yaitu lingkungan yang meliputi asupan nutrisi ibu hamil serta infeksi virus rubella. Rubella diketahui tidak berdampak parah pada anak-anak.

Namun dampaknya pada ibu hamil trimester awal sangat fatal. Bayi yang dilahirkan kemungkinan memiliki kelainan bawaan akibat abnormalitas organ.

Paparan sinar rontgen, penggunaan obat-obatan terlarang, jamu serta pil KB pada saat kehamilan juga memperbesar peluang terjadinya penyakit jantung pada anak.

Ciri-ciri penyakit jantung yang khas ini dapat diketahui sejak bayi dilahirkan seperti berikut,

1. Tidak menangis saat dilahirkan

Saat dilahirkan seharusnya bayi yang normal menangis dengan kencang.

2. Kulit berwarna putih kebiruan

Salah satu dampak penyakit jantung yaitu tidak lancarnya peredaran darah sehingga kulit nampak pucat. Darah yang normal berwarna merah segar mengandung banyak oksigen mempengaruhi warna kulit bayi.

3. Sulit untuk bernafas

Selain pada jantung sendiri, penyakit ini juga mempengaruhi paru-paru. Pada kondisi salah satu bagian jantung yang membengkak karena bekerja terlalu berat akan menekan paru-paru. Fungsi paru untuk pertukaran udara jadi terganggu.

4. Tumbuh kembang terganggu

Akibat kondisi kompleks yang terjadi di dalam tubuh penderita, biasanya tumbuh kembang mereka jadi terhambat. Nutrisi yang seharusnya digunakan untuk bertambah berat dan tinggi badan habis untuk mengatasi masalah kinerja jantung.

Ciri-ciri Penyakit Jantung Lemah

Usia yang seharusnya produktif untuk beraktifitas dapat terlewatkan begitu saja jika penyakit jantung menghampiri. Kasus kejadian penyakit jantung semakin banyak pada usia 40 tahun ke bawah. Beberapa ciri ini dapat Anda jadikan acuan untuk segera menghubungi dokter demi penanganan yang tepat.

1. Sesak napas

Ciri-Ciri Penyakit Jantung
hellosehat.com

Selain pada asma, sesak napas pada penyakit jantung dapat terjadi karena kurangnya oksigen terlarut dalam darah. Beberapa penyakit jantung seperti gagal jantung dan peradangan pada selaput pembungkus jantung juga memiliki gejala ini.

2. Mengalami nyeri dada yang menjalar

Ciri-Ciri Serangan Jantung

Nyeri dada yang terjadi pada penyakt jantung terasa hingga punggung. Beberapa penderita menggambarkan nyeri yang mereka alami seprti tertusuk benda tajam dengan tekanan yang kuat.

3. Detak jantung yang terlampau cepat

Ciri-Ciri Penyakit Jantung
doktersehat.com

Detak jantung menggambarkan kondisi listrik jantung. Dimana kejadian berulang pada detak jantung ini akan mempengaruhi otot jantung dalam menjalankan fungsi pompa darah.

4. Sering lelah tanpa sebab yang jelas

Ciri-Ciri Serangan Jantung

Penurunan kualitas oksigen dalam darah berpengaruh sistemik ke tubuh. Organ yang yang kekurangan oksigen tidak dapat menjalankan fungsinya dengan normal. Kelelahan ditengarai sebagai akibat dari kondisi ini.

5. Nyeri perut periodik

Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Nyeri perut yang biasanya dikaitkan dengan penyakit maag merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Nyeri ini merupakan kelanjutan nyeri dada menjalar pada penderita jantung. Jangan remehkan nyeri perut yang penyebabnya tidak diketahui.

Ciri-ciri Serangan Jantung Ringan

Ciri-Ciri Penyakit Jantung
hellosehat.com

Fungsi jantung juga menurun akibat gaya hidup tidak sehat dalam jangka waktu yang panjang. Penumpukan plak di arteri penderita bisa saja lebih tebal seiring dengan pertambahan usia mereka. Hal ini bisa saja menyebabkan angina (biasa dikenal dengan serangan jantung) atau myocard infark (MI).

Gejala angina merupakan tanda awal penyakit jantung koroner. Masyarakat umum seringkali salah menganggapnya dengan masuk angina duduk, sehingga penanganan menjadi terlambat. Lebih lanjut dari penyakit ini adalah kematian otot jantung (MI) yang berakibat fatal bagi penderitanya.


Segeralah mencari bantuan kesehatan jika ciri-ciri penyakit jantung sudah terasa mengganggu. Penanganan yang cepat dapat memberikan harapan kesembuhan yang lebih baik. Terapkan pola hidup sehat dan selalu berpikiran positif.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *