Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita Berikut Ini

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita – Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita tidaklah begitu spesifik. Tanda tersebut tidak selalu berwujud nyeri seperti tertekan di dada kiri, yang kemudian menyebar ke lengan, punggung, atau leher, layaknya pada pria.

Pada beberapa kasus, penyakit jantung pada wanita seperti gejala sakit mag. Penderita merasa mual, ingin muntah, dan merrasa nyeri di lambung layaknya sakit mag.

Sementara itu, ada juga yang merasa nyeri di dada kiri yang kemudian menyebar ke leher dan punggung, tetapi diartikan sebagai gejala kanker payudara ganas. Oleh sebab itu, obat mag atau pereda nyeri jika diberikan tidak segera memberi dampak positif.

Tindakan yang perlu dilakukan adalah segera lakukan elektrokardiograf (EKG). Waktu dua hari cukup untuk mengambil kesimpulan apakah obat mag dan pereda nyeri memberi efek positif sebelum dilakukan EKG atau pemeriksaan enzim jantung.

Biasanya, kondisi ini disertai nyeri yang bertambah dan disertai keringat dingin. Penderita juga akan merasa lemah dan sesak napas yang semakin berat. Pada kondisi ini, umumnya pasien segera dilarikan ke Unit Gawat Darurat dengan diagnosis serangan jantung.

Kemungkinan yang terserang, jantung bagian bawah (inferior). Karena bagian ini relatif lebih dekat dibanding jantung bagian posterior.

Riset juga membuktikan, gejala yang sering dijumpai pada wanita yang pernah mengalami serangan jantung ialah napas pendek atau sesak, lemah dan letih tanpa tahu penyebabnya.

Gejala ini disertai tanda yang mirip gangguan pencernaan seperti mual, nyeri pada ulu hati, perut sesak, dan nyeri pada punggung belakang. Meskipun demikian, tidak semua gangguan pencernaan dimaknai sebagai serangan jantung.

Beberapa kasus rasa mual yang terjadi, ternyata memang bagian dari gangguan lambung, yang disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Hal ini bergantung pada faktor risiko yang dimiliki oleh wanita.

Namun, tetap harus dilihat apakah wanita memiliki faktor risiko seperti turunan, usia, obesitas, hipertensi, kelebihan kolesterol, diabetes, stres, dan memiliki kebiasaan merokok. Wanita dengan faktor risiko tersebut, harus menyikapi dengan lebih hati-hati.

Penelitian di tahun 2013 menghasilkan bahwa satu dari lima perempuan mengalami serangan jantung. Nyeri dada bukan gejala pertama mereka. Perempuan biasanya mengalami nyeri di rahang, leher, tenggorokan, kelelahan, mual, dan pusing.

Tidak mengenali tanda-tanda tersebut sebagai potensi serangan jantung, dapat membuat mereka menunda mendapat penanganan medis.

Intervensi awal

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung pada Wanita | hellosehat.com

Menurut Marla Mendelson, ahli jantung di Rumah Sakit Northwestern Memorial, tren utama dalam 20 tahun terakhir dalam pengobatan kardiovaskular ialah harus ada intervensi awal .

Laki-laki dan perempuan mempunyai banyak faktor risiko penyakit jantung yang sama. Seperti sejarah keluarga, obesitas, merokok, dan hipertensi.

Dari segi usia, perempuan cenderung mendapatkan penyakit jantung sedikit lebih lambat dari laki-laki karena mereka mendapat perlindungan dari (hormon) estrogen.

Estrogen mampu menyehatkan jantung dengan menjaga pembuluh darah fleksibel dan membuat darah mengalir lebih mudah. Penelitian menunjukkan bahwa risiko perempuan terserang penyakit jantung meningkat setelah menopause.

Di mana pada periode menopause, siklus menstruasi berhenti dan produksi estrogen menurun.

Kondisi kehamilan

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung pada Wanita | hellosehat.com

Kondisi kehamilan juga dapat meningkatkan risiko ciri-ciri penyakit jantung pada wanita. Penelitian awal tahun ini mengaitkan diabetes gestational, jenis diabetes sementara yang diakibatkan selama kehamilan, dengan pengerasan arteri atau aterosklerosis.

Demikian pula perempuan yang mengalami tekanan darah tinggi karena kehamilan, dikenal sebagai preeklampsia, dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung di masa depan.
Perempuan-perempuan dengan kondisi tersebut direkomendasikan untuk memeriksakan kesehatannya ke kardiolog.

Dengan demikian, mereka akan berada dalam sistem yang mudah untuk dilacak. Faktor risiko dan evaluasi lebih mendalam bisa membuat mereka mendapatkan bantuan dan bimbingan yang dibutuhkan.

Cara Mencegahnya

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita
Penyakit Jantung pada Wanita | kabarwanita.id

Para wanita hendaknya menjalani pola hidup sehat sedini mungkin, sejak mereka merasa baik-baik saja, untuk selalu menjaga kesehatan jantung.

Pola ini meliputi aktivitas rutin, seperti: makan buah dan sayur tiga porsi sehari, rajin berolahraga 15–30 menit sehari, tidak merokok, dan membatasi konsumsi alkohol


Itulah beberapa ciri-ciri Penyakit jantung pada wanita yang perlu Anda perhatikan. Intinya, segera tangani penyakit jantung sedini mungkin. dan jika gejala tersebut masih berlanjut segera konsultasikan ke dokter.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read