Ciri-Ciri Penyakit Ginjal yang Dapat Anda Ketahui Sejak Dini

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal – Penyakit ginjal lazim disebut dengan gagal ginjal. Meskipun tidak semua penyakit ginjal berujung pada kegagalan ginjal, Anda harus tetap mencegahnya. Ciri-ciri penyakit ginjal diketahui dari fungsinya yang tidak lagi optimal seperti ginjal sehat.

Fungsi Ginjal Sehat

Ciri-Ciri Ginjal yang Sakit

Ginjal yang sehat terlihat dari kinerjanya yang baik. Ginjal adalah organ yang fungsi utamanya menyaring darah agar bersih dari residu dan racun lainnya. Sisa penyaringan dikeluarkan bersama urin. Fungsi lengkap ginjal sebagai berikut:

  1. Menyaring darah dari hasil metabolisme tubuh
  2. Menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh
  3. Mengontrol tekanan darah dan garam yang terlarut dalam darah
  4. Mengatur keseimbangan pH darah
  5. Memastikan kecukupan darah merah
  6. Mengaktifkan vitamin D
  7. Menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit

Jenis Penyakit Ginjal

Ciri-Ciri Ginjal yang Sakit

Terdapat dua jenis penyakit ginjal, yaitu akut dan kronis. Kedua jenis ini mewakili penyebab penyakit ginjal.

Penyakit Ginjal Akut

Penyakit ginjal akut terjadi secara mendadak dan membutuhkan pertolongan segera. Berikut ini penyebabnya:

1. Kurangnya asupan cairan tubuh

Kekurangan cairan menyebabkan tubuh dehidrasi. Ginjal akan menahan air keluar tubuh agar dehidrasi tidak semakin parah. Sayangnya hal ini mempercepat terbentuknya batu ginjal.

Ginjal membutuhkan air yang cukup untuk membuang seluruh residu yang dikeluarkan tubuh. Kekurangan cairan menumpuk sampah metabolisme. Warna kencing menjadi patokan kecukupan cairan tubuh, semakin bening semakin bagus.

2. Infeksi demam berdarah, leptospirosis dan malaria

Diketahui infeksi dari penyakit tersebut berpengaruh ke ginjal. Jika penyebab penyakit tersebut ikut menginfeksi ginjal, fungsi ginjal pasti akan ikut terganggu.

3. Luka bakar yang parah

4. Sumbatan batu ginjal

Batu ginjal yang terbawa hingga saluran kencing akan menimbulkan rasa nyeri dan panas saat berkemih.

5. Konsumsi minuman beralkohol dan berkalori tinggi lainnya

Minuman beralkohol memperberat kerja ginjal dalam menyaring darah. Kadar gula yang cukup tinggi dalam alkohol akan terlarut dalam darah. Darah menyimpan kalori dalam bentuk gula darah.

6. Meminum obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat disyaratkan untuk banyak minum air setelah mengkonsumsinya. Anda sebaiknya mematuhi saran dokter ini agar ginjal Anda tetap sehat.

Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal yang terjadi dalam waktu lama atau bersamaan dengan penyakit kronis lainnya. Penyakit berikut memperbesar peluangnya:

1. Diabetes melitus

Kadar gula dalam darah yang tinggi pada penderita diabetes akan memperberat fungsi ginjal untuk menyaring darah. Jika hal ini terjadi terus-menerus maka fungsi ginjal akan terganggu.

2. Hipertensi

Hipertensi menjadi penyakit terbanyak kedua setelah diabetes yang memicu terjadinya penyakit ginjal. Hipertensi memaksa jantung bekerja keras sehingga terjadi kerusakan pembuluh darah.

Fungsi ginjal terganggu saat hipertensi karena ginjal membutuhkan tekanan yang normal untuk menyaring darah. Kerusakan pembuluh darah di bagian ginjal juga memperburuk kondisinya. Ketika ini terjadi maka penderita akan menunjukkan ciri-ciri penyakit ginjal

3. Peradangan ginjal

Infeksi yang tidak ditangani dengan tuntas dapat menyebar hingga ginjal. Misalnya infeksi saluran kemih. Bakteri yang tidak selesai ditangani menginfeksi ginjal dan menyebabkan peradangan.

4. Penyakit ginjal yang diturunkan

Penyakit ginjal tidak hanya akibat dari pola hidup yang tak sehat, tapi juga faktor keturunan.

Obat Penyakit Ginjal

Ciri-Ciri Penyakit Ginal

Penyakit ginjal yang sudah parah, baik itu akut maupun kronik harus membutuhkan pengobatan khusus. Dokter akan memberi resep obat yang mengobati ginjal ataupun penyebabnya, misalnya diberikan obat pengatur tekanan darah.

Jika obat oral tidak lagi bisa menangangi, maka diambil prosedur lain seperti operasi. Ketika ginjal sudah tidak mampu menjalankan fungsinya, dialisis menjadi solusi. Prosedur cuci darah dapat ditempuh untuk memastikan darah yang beredar dalam tubuh penderita sudah layak.


Jangan remehkan ciri-ciri penyakit ginjal saat fungsi normalnya mulai terganggu. Batasi penggunaan garam dan protein. Banyak minum air putih. Jaga tekanan darah dan kadar gula darah. Selalu biasakan berolahraga. Semoga Anda terhindar dari penyakit ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *