9 Ciri-Ciri Penyakit Ginjal pada Wanita

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal pada Wanita – Sebenarnya tidak ada yang berbeda antara ciri-ciri penyakit ginjal pada wanita dan pria. Walaupun wanita lebih sering mengalami gangguan pada organ ini, namun pria memiliki kemungkinan lebih besar menjalani cuci darah karena gangguan tersebut.

Penyakit tersbut merupakan kondisi serius yang perlu mendapat penanganan dengan baik agar tidak menyebabkan gagal ginjal stadium akhir.

Ginjal merupakan sepasang organ yang berukuran sekepal tangan orang dewasa dan terletak pada bagian bawah tulang rusuk di rongga belakang tubuh.

Ginjal mempunyai peranan yang vital untuk tubuh manusia, terutama untuk menyaring pembuangan zat limbah dan racun dari darah.

Selain itu, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan asam-basa (pH) dalam darah, mempertahankan tekanan darah, mengolah vitamin D, dan memproduksi hormon eritropoietin yang berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Fungsi lainnya adalah ginjal juga menjaga kadar ion dan elektrolit tubuh, serta mengeluarkan air yang berlebihan dalam berkemih.

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal pada Wanita

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Wanita
Penyakit Ginjal pada Wanita | kesehatanaz.com

1. Menstruasi yang tidak teratur

Sakit ginjal kronis atau Chronic Kidney Disease (CKD) pada wanita dapat ditandai dengan pendarahan haid yang berlebihan, tidak mengalami menstruasi sama sekali, atau mungkin lebih cepat memasuki masa menopause (menopause dini).

Namun, tak perlu khawatir, hal tersebut dapat diatasi dengan obat-obatan yang membantu mengatur siklus menstruasi.

2. Masalah kehamilan

Gejala ginjal yang abnormal pada wanita, yaitu cenderung sulit hamil. Wanita hamil dengan CKD berisiko besar mengalami tekanan darah tinggi hingga persalinan prematur.

Bahkan, hilangnya fungsi ginjal yang signifikan sehingga memerlukan tindakan cuci darah juga dapat terjadi. Sehingga, diperlukan konseling prakonsepsi untuk wanita penderita diabetes dan hipertensi untuk meminimalkan komplikasi pada ginjal mereka.

3. Badan jadi gampang capai

Ginjal yang sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru.

Namun, apabila ginjal mengalami kerusakan, produksi hormon eritropoetin menjadi menurun. Sehingga, produksi sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun. Hal inilah yang membuat tubuh jadi mudah capai.

4. Beberapa bagian tubuh akan membengkak

Ginjal yang telah rusak tidak mampu lagi menyaring limbah kotoran sebaik dulu, sehingga ada banyak protein yang terbuang ke dalam urine.

Berkurangnya protein di dalam darah dapat menyebabkan tungkai tangan dan kaki membengkak. Orang yang memiliki masalah ginjal juga mungkin mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata.

5. Gatal-gatal

Terganggunya fungsi ginjal membuat kotoran sisa metabolisme menumpuk. Hal ini akan berimbas buruk pada kulit.
Selain itu, penyakit ginjal bisa menimbulkan rasa gatal, ruam kemerahan, serta kulit kering. Apabila gatal tersebut terus digaruk, timbul luka atau pendarahan ringan.

Sayangnya, kebanyakan orang mengabaikan rasa gatal akibat sakit ginjal karena terkesan sama dengan gatal biasa.

6. Selalu mual dan ingin muntah

Sakit ginjal yang telah akut atau jika sudah sampai tahap gagal ginjal, sering disebut juga sebagai silent killer, karena gejalanya yang sulit dideteksi, seperti mual dan muntah. Hal ini sama dengan penyakit ringan yang memiliki gejala serupa, seperti sakit mag.

Namun dalam kasus penyakit ginjal, gejala mual dan muntah muncul dikarenakan adanya tumpukan limbah dan kotoran dalam darah karena tidak berhasil dikeluarkan.

Hal ini dapat menyebabkan terganggunya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan, sehingga terjadilah mual dan muntah.

7. Sesak napas

Terganggunya fungsi ginjal membuat cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup di dalam tubuh, terutama paru-paru.

Kurangnya pasokan oksigen dalam darah membuat tubuh Anda sulit berfungsi maksimal sehingga menyebabkan napas menjadi terengah-engah dan memburu.

8. Sakit pinggang

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Wanita
Penyakit Ginjal pada Wanita | health.grid.id

Merupakan salah satu ciri umum yang banyak diketahui oleh masyarakat, yaitu nyeri pinggang baik kanan maupun kiri. Gejala sakit ini bisa saja dikarenakan oleh batu ginjal.

Terkadang, gejala dari adanya batu ginjal tidak tampak jelas tapi kemungkinan besar akan menimbulkan nyeri pada pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter.

9. Kurang konsentrasi dan pusing

Saat ginjal Anda tidak bisa bekerja dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak.
Kurangnya suplai oksigen ke otak menyebabkan pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah dan kepala yang terasa pusing.


Demikian sembilan ciri-ciri penyakit ginjal pada wanita yang harus Anda ketahui agar terhindar dari sakit yang lebih parah. Jangan lupa jalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, menjauhi rokok dan alkohol, serta rajin berolahraga. Semoga bermanfaat!

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read