Ciri-Ciri Penyakit Campak pada Anak dan Penanganannya

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Campak – Ciri-ciri penyakit campak yang mudah terlihat dan umum diketahui oleh masyarakat luas adalah ruam kemerahan yang muncul merata di permukaan kulit. Ruam ini biasanya muncul setelah demam tinggi melanda.

Jika si kecil mengalami ruam kemerahan setelah demam tinggi, tak perlu khawatir berlebihan, wahai Ayah dan Bunda. Artikel ini akan membahas bagaimana cara penanganannya. Namun sebelum itu, mari simak gejala lain dari campak selain ruam kemerahan.

Gejala Penyakit Campak pada Anak

Ciri-Ciri Penyakit Campak
Penyakit Campak | mybaby.co.id

Ada gejala-gejala yang terlihat muncul sebelum dan sesudah munculnya ruam kemerahan pada kulit anak Anda. Berikut ini penjelasannya.

– Sebelum ruam

Keluhan yang terlihat pada anak 4 hari sebelum ruam tersebut muncul meliputi batuk, demam, mata memerah, dan pilek.

– Setelah ruam

Tampaknya bintik-bintik berwarna putih di sepanjang garis mulut, atau biasa disebut juga dengan Koplik’s spot.

Pantangan Sakit Campak

Penyakit Campak
Penyakit Campak | gulalives.co

Kemudian, apa saja yang tidak boleh dilakukan atau dimakan oleh anak ketika terkena campak? Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari agar sakit campak tidak menular dan anak semakin cepat pulih.

1. Tempat umum

Menghindari tempat umum merupakan tindakan bagus, baik untuk anak Anda maupun orang lain. Di tempat-tempat umum, terlebih jika ramai, beragam virus dapat dengan mudah berpindah dari orang satu ke yang lainnya.

Jika anak dengan campak mengakses tempat umum, kemungkinan kondisinya akan bertambah parah karena hal tersebut. Selain itu, menghindari tempat umum juga berarti mencegah orang lain tertular virus dari anak Anda.

2. Mandi air dingin

Boleh-boleh saja memandikan anak yang sedang terkena campak, penyakit tidak akan bertambah parah karenanya. Akan tetapi, gunakan air hangat alih-alih dingin untuk membuat anak Anda nyaman.

Lagipula, mandi dapat menjadi cara untuk menjaga kesehatan kulitnya saat campak melanda. Hanya saja, tidak perlu menggosok badannya seperti mandi biasa. Membasuhnya saja sudah cukup.

3. Dehidrasi

Jangan sampai tubuh anak kekurangan cairan. Pastikan buah hati Anda minum lebih banyak air putih dari biasanya agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh dapat berdampak pada semakin keringnya kulit.

Kulit kering hanya akan membuat anak merasa gatal dan, percayalah, itu merupakan hal terakhir yang Anda inginkan.

4. Memakai pakaian tebal

Mengapa? Alasan utamanya adalah kenyamanan. Karena penyakit campak berhubungan dengan kulit yang bersentuhan langsung dengan pakaian, ada baiknya memastikan anak nyaman dengan apa yang ia kenakan.

5. Makanan asin dan berminyak

Makanan yang mengandung banyak garam dan dimasak dengan cara digoreng dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan anak. Garam berlebih juga dapat mengacaukan keseimbangan elektrolit dalam tubuhnya yang membuat virus bertahan lebih lama.

Obat Campak Tradisional yang Ampuh

Penyakit Campak
Ciri-Ciri Penyakit Campak | hellosehat.com

Umumnya, dokter akan memberikan tindakan medis pada anak Anda berupa obat-obatan untuk menangani campaknya. Namun, tak ada salahnya mengombinasikan tindakan medis dengan pengobatan tradisional, bukan? Tentu tetap dengan konsultasi pada dokter anak Anda.

Berikut pengobatan tradisional yang dimaksud.

1. Ramuan pegagan

Bahan-bahan yang disiapkan adalah daun pegagan dan bunga mawar. Pertama, rebus bahan setelah dicuci bersih. Setelah itu, saring ke dalam gelas. Biarkan dingin sebelum diminum oleh anak.

2. Ramuan kunyit

Cuci bersih beberapa buah kunyit, lalu parut. Setelah itu, beri air pada parutan kunyit sebelum memeras sarinya. Kemudian, rebus air perasan tersebut hingga matang. Tuang dalam gelas, lalu beri beberapa sendok madu sesuai selera anak.

Setelah itu, aduk rata dan diminumkan pada anak Anda.

3. Ramuan bunga cengkih

Diperlukan waktu lebih lama untuk membuat ramuan ini. Anda harus merendam bunga cengkih dalam air matang selama satu hari sebelum menambahkan gula batu. Setelah itu, anak dapat meminumnya.


Demikian informasi tentang ciri-ciri penyakit campak pada anak beserta cara penanganannya dirangkum untuk Anda. Semoga buah hati Anda terhindar dari penyakit yang serius dan berbahaya.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read