Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal dan Pengertiannya

2 min read

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal – Batu ginjal atau nefroliatiasis merupakan kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk kristal menyerupai batu dari sisa limbah dalam darah yang mengendap. Ciri-ciri penyakit batu ginjal belum terlihat jika batu masih berukuran kecil dan dapat keluar bersamaan dengan urine.

Namun, gejala baru dirasakan ketika ukuran batu yang cukup besar susah melewati ureter. Akibatnya timbul rasa nyeri akibat infeksi dan luka pada dinding organ tersebut.

Pengertian Batu Ginjal

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal
Batu Ginjal | hellosehat.com

Batu ginjal merupakan sejenis kristal yang mengendap pada organ ginjal. Pengendapan terjadi karena kurangnya asupan air, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan kondisi medis yang dapat memengaruhi kadar senyawa tertentu dalam urine.

Batu ginjal terdiri dari batu ginjal, batu asam urat, batu sistina, dan batu struvit. Penanganan penyakit ini akan berbeda tergantung pada jenis batu ginjal yang diderita.

Penyakit ini umumnya terjadi pada usia 30–60 tahun, tetapi risiko pada pria lebih tinggi daripada wanita karena berkaitan dengan penyumbatan saluran pembuangan urine pada pria.

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal
Batu Ginjal | galena.co.id/

Sebelum terlambat, sebaiknya Anda mengenali ciri-ciri penyakit ini untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai agar tidak berkembang menjadi batu ginjal kronis bahkan gagal ginjal.

1. Nyeri di beberapa bagian tubuh

Nyeri akibat batu ginjal terasa ketika batu turun ke ureter dan keluar dari tubuh lewat urine. Nyeri dirasakan pada kedua sisi punggung bawah, perut bawah dan selangkangan, serta di bawah tulang rusuk. Rasa nyeri biasanya menyerang ketika buang air kecil.

2. Mual dan muntah

Rasa sakit yang parah dapat menyebabkan mual dan muntah. Nyeri hebat, mual, dan muntah dapat terjadi ketika batu ginjal bergerak melewati ureter dan menghalangi aliran urine.

3. Darah dalam urin

Darah dalam urin atau hematuria merupakan gejala umum batu ginjal. Hematuria disebabkan oleh luka ketika batu ginjal melewati ureter atau saluran kencing. Luka dan iritasi ureter menyebabkan darah ikut keluar ketika buang air kecil.

4. Urine berwarna keruh

Urine orang normal yang tidak memiliki masalah kesehatan biasanya bening atau kuning. Namun, pada penderita batu ginjal urine berwarna keruh dan sangat berbau. Jika mengalami gejala ini bersama dengan gejala lainnya, segera konsultasikan dengan dokter.

Ciri-Ciri Batu Ginjal Keluar

Batu Ginjal
Batu Ginjal | faktualnews.co

Gejala sakit batu ginjal di atas akan berlangsung hingga batu ginjal keluar. Ciri-cirinya, yaitu sebagai berikut.

1. Nyeri Ketika Buang Air Kecil Hilang

Batu ginjal biasanya berada di daerah saluran kemih sehingga menyebabkan nyeri ketika buang air kecil. Setelah batu ginjal keluar, rasa nyeri ketika buang air kecil pun tidak muncul kembali.

Nyeri di perut bagian bawah terutama sebelah kanan dapat menjadi ciri-ciri gangguan pada ginjal. Jika batu ginjal sudah keluar penderita sudah tidak merasakan nyeri di bagian tersebut. Nyeri di bagian punggung juga tak lagi terasa.

2. Badan Terasa Lebih Sehat

Setelah batu ginjal keluar, tubuh terasa lebih sehat. Meski penyembuhan harus melewati proses, sudah terasa ada perbedaan dan terasa lebih sehat.

3. Warna Urine Lebih Cerah

Bagi penderita ginjal, tes urine penting dilakukan untuk mengetahui kadar protein di dalamnya. Setelah batu ginjal keluar urine berwarna lebih cerah karena tidak ada gangguan fungsi ginjal.

4. Urine Bebas dari Nanah dan Darah

Darah atau nanah yang keluar bersama urine disebabkan karena bagian kandung kemih atau bagian ginjal lain terluka. Setelah pengobatan dan batu ginjal keluar, urine sudah bebas dari darah atau nanah.


Demikian ulasan tentang ciri-ciri penyakit batu ginjal dan kondisinya setelah batu ginjal keluar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read