Mengenal Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Penanggulangan Penyakit Ini

2 min read

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah – Penyakit paru-paru basah muncul karena adanya infeksi pada organ paru-paru. Infeksi tersebut menyebabkan inflamasi pada kantong udara atau alveolus di organ paru-paru. Ciri-ciri paru-paru basah diantaranya nyeri dada dan batuk kering.

Bukan hanya itu, pengidap bisa pula mengalami batuk berdahak, napas lebih cepat, terasa sesak saat bernapas, demam, tubuh menggigil, berkeringat, nyeri di sekujur tubuh nafsu makan berkurang, mual, dan jantung berdetak lebih kencang.

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Penangananya

Paru-Paru Basah
Paru-Paru Basah | hellosehat.com

Ciri-ciri paru-paru basah diantaranya nyeri dada dan batuk kering, untuk menangani paru-paru basah dapat melakukan Prosedur drainase  dengan mengambil cairan berlebih yang ada pada pleura. Penanganannya dilakukan dengan cara memasukkan tabung yang berukuran kecil ke dalam pleura, agar carian dapat keluar.

Prosedur ini membutuhkan pengawasan dari petugas medis supaya tabung tidak berpindah dan menjaga keamanan prosedur. Terutama jika prosedur ini membutuhkan pengulangan.

Prosedur lain yang bisa dilakukan untuk menangani paru-paru basah adalah pleurodesis. Prosedur ini melibatkan obat-obatan yang dimasukkan dalam rongga pleura. Obat tersebut, nantinya akan melekatkan pleura sehingga cairan tidak masuk ke lapisan paru-paru.

Jenis obat yang dimasukkan sangat bergantung pada penyebab dari paru-paru basah. Sebagai contoh paru-paru basah yang disebabkan karena infeksi memerlukan obat antibiotik dan obat diuretik.

Obat antibiotik untuk menangani infeksi, sedangkan obat diuretik berguna untuk mengurangi kelebihan cairan dalam pleura. Penanganan masalah paru-paru basah dengan prosedur operasi merupakan pilihan terakhir.

Prosedur ini kerap dilakukan untuk pasien dengan masalah paru-paru basah yang akut atau karena kanker. Dokter akan melakukan pembedahan untuk memasukan tabung kecil ke rongga dada. Tabung ini akan mengalirkan cairan supaya tidak mengganggu kinerja dari organ tubuh lainnya.

Apakah Paru-Paru Basah Menular?

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah
Paru-Paru Basah | wap.mi.baca.co.id

Penyakit paru-paru basah berpotensi menular, sebab paru-paru basah kebanyakan disebabkan oleh adanya mikroba yang membuat infeksi pada paru-paru. Meskipun penularan paru-paru basah tidak akan mudah menular seperti pada penyakit flu.

Karena paru-paru basah tetap berpotensi menular ke orang lain, ada baiknya bila penderita menggunakan masker sebagai langkah antisipasi. Penyakit paru-paru basah ada beragam jenisnya, digolongkan berdasar penyebab dari paru-paru basah.

Paru-paru basah yang menular antara lain, viral pneumonia, pneumonia bakteri, MRSA pneumonia, dan mycoplasma pneumonia. Bagi penderita paru-paru basah jenis tersebut harus lebih berhati-hati, agar tidak menularkan ke orang lain.

Bahaya Penyakit Paru-Paru Basah

Paru-Paru Basah
Paru-Paru Basah | kiatfit.com

Penanganan medis untuk penyakit ini sangat dibutuhkan terutama bila sudah muncul ciri-ciri paru-paru basah. Pemeriksaan dokter diperlukan agar penyakit dapat segera diatasi dan tidak bertambah parah. Penumpukan cairan pada paru-paru akan membuat penderita sulit untuk bernafas.

Paru-paru basah yang tidak ditangani dengan segera dapat menimbulkan komplikasi berupa infeksi darah. Gejala dari infeksi ini pada awalnya terlihat ringan, seperti batuk, pernafasan pendek, detak jantung meningkat, jumlah sel darah putih tinggi, demam, dan perubahan produksi urin.

Pada ciri-ciri paru-paru basah yang lebih parah, cairan pada paru-paru dapat membuat paru-paru bengkak dan berisi nanah. Kondisi ini disebut dengan abses paru-paru. Apabila ini terjadi maka jaringan pada organ paru-paru akan mengalami kerusakan dan dipenuhi butiran nekrotik.

Kondisi lainnya yang mungkin diderita bila paru-paru basah tidak segera di obati adalah bronkitis kronis dan kanker paru. Bronkitis yang kronis akan menimbulkan peradangan pada saluran napas. Kanker paru-paru akan menjadi gangguan yang sangat serius dan membutuhkan pengobatan yang lama.


Ciri-ciri paru-paru basah pada dasarnya mirip dengan gejala penyakit pernapasan pada umumnya. Paru-paru basah memerlukan pengobatan secara medis untuk mengeluarkan cairan yang ada dalam paru-paru. Penyakit ini punya potensi menular sehingga harus segera mendapat penanganan agar tidak memburuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *