Ciri-Ciri Kutil Kelamin, Bahaya, dan Cara Penyembuhannya

2 min read

Ciri-Ciri Kutil Kelamin – Kutil kelamin atau kondiloma akunimata merupakan penyakit menular seksual yang muncul akibat infeksi HPV (human papilloma virus) tertentu, yaitu HPV 6 dan 11. Umumnya, ciri-ciri kutil kelamin adalah benjolan kecil berwarna merah yang tumbuh di sekitar organ genital.

Kutil kelamin umumnya tumbuh dalam ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak terdeteksi dengan mata telanjang. Namun, lambat laun dapat terdeteksi dengan sentuhan.

Ciri-Ciri Kutil Kelamin

Ciri-Ciri Kutil Kelamin
Kutil Kelamin | guesehat.com

Kutil kelamin dapat tumbuh sendiri-sendiri maupun bergerombol. Meski kadang tidak tampak secara kasat mata, kutil kelamin dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti gatal dan tidak nyaman pada area kelamin.

Selain itu, juga timbul rasa nyeri dan pendarahan ketika berhubungan kelamin, dan sensasi panas seperti terbakar di sekitar alat kelamin.

Pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh di batang atau ujung penis, selangkangan, kantung buah zakar, paha atas, dan sekitar atau dalam anus.

Sedangkan pada wanita, penyakit ini dapat tumbuh pada dinding vagina, daerah antara vagina dan anus, bagian luar vagina, di dalam vagina atau anus, dan leher rahim.

Tak hanya tumbuh pada area sekitar kelamin, kutil kelamin juga dapat tumbuh di mulut, lidah, bibir, dan tenggorokan. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh aktivitas seks oral dengan orang yang telah terinfeksi.

Bahaya Kutil Kelamin

Ciri-Ciri Kutil Kelamin
Kutil Kelamin | doktersehat.com

Kutil kelamin sangat berbahaya jika tidak segera diobati. Bahaya yang ditimbulkan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menularkan Kepada Orang Lain

Penyakit ini dapat menular kepada orang lain melalui aktivitas seksual dan sentuhan pada organ reproduksi.
2. Menyebabkan Tidak Nyaman

Kutil kelamin dapat membesar dan menyebabkan gatal, serta rasa tidak nyaman lainnya yang dapat mengganggu aktivitas.

3. Mudah Terinfeksi

Kutil kelamin yang membesar rentan terhadap infeksi karena kutil tersebut menjadikan tempat tumbuhnya menjadi lembap sehingga mudah terluka dan menjadi infeksi.

4. Tertular HIV

Penderita kutil kelamin rentan terkena HIV dan infeksi penyakit lainnya.

Pencegahan Kutil Kelamin

Kutil Kelamin
Kutil Keamin | hellosehat.com

Pencegahan terbaik agar terhindar dari kutil kelamin, yaitu dengan tidak berhubungan seksual di luar pernikahan. Berbagi pakai alat bantu hubungan seksual dengan orang lain juga bukan tindakan yang bijak.

Selain itu, cara mencegah kutil kelamin dilakukan dengan imunisasi HPV. Imunisasi HPV diberikan 2 atau 3 kali sebelum seseorang aktif secara seksual, yaitu antara usia 10 hingga 18 tahun.

Berdasarkan penelitian, pemberian vaksin dapat mengurangi risiko tertular hingga 50 persen.

Apakah Kutil Kelamin Bisa Sembuh?

Kutil Kelamin
Kutil Kelamin | hellosehat.com

Pada kondisi tertentu kutil kelamin dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Akan tetapi, kutil kelamin yang tidak diobati dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Kutil kelamin dapat disembuhkan meski infeksi HPV tidak dapat diobati.

Kutil kelamin dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua tahun atau lebih pada sebagian orang. Sedangkan jika dirawat, penyembuhannya dapat lebih cepat. Berikut ini adalah pengobatan untuk kutil kelamin.

1. Krim Topikal

Krim topikal bisa didapat dengan ataupun tanpa resep dokter. Namun, obat yang dijual bebas belum tentu dapat menyembuhkan kutil kelamin. Krim yang biasa direkomendasikan, antara lain Sinecatechin dan Imiquimod.

2. Cryotherapy

Terapi ini melibatkan nitrogen cair untuk menghilangkan kutil kelamin. Efek yang diakibatkan oleh terapi nitrogen cair, yaitu lecet dan melepuh di sekitar kutil, tetapi dapat sembuh setelah luka tersebut pulih.

Cryotherapy dapat bekerja cepat dan efektif. Namun, memiliki efek samping berupa rasa sakit dan pembengkakan di sekitar alat kelamin, serta sensasi terbakar ringan.

Selain pengobatan dengan kedua cara di atas, ada juga prosedur elektrodikasi dan operasi laser untuk menyembuhkan kutil kelamin.


Demikian ulasan tentang ciri ciri kutil kelamin, cara pengobatan, dan bahayanya. Semoga ulasan di atas berguna bagi Anda.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read