Apa Saja Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Berbahaya?

2 min read

Ciri-Ciri Kolesterol – Ada begitu banyak makanan yang lezat di dunia ini. Kebanyakan makanan yang dianggap lezat justru malah berpotensi menimbun kolesterol. Ciri-ciri kolesterol sendiri ada beragam dan mudah dikenali, sayangnya banyak orang yang mengabaikannya.

Namun, Anda semestinya memprioritaskan kesehatan di atas segalanya. Ketika kolesterol makin menumpuk, saat itulah Anda akan merasa bahwa kesehatan adalah segalanya. Jangan sampai Anda menyesal. Kenali beberapa ciri kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

Ciri-Ciri Kolesterol Pada Tubuh

Gejala kolesterol pada tubuh sebetulnya memiliki sifat umum, tetapi apabila hal-hal ini dialami secara bersamaan, besar kemungkinan bahwa kolesterol Anda tinggi. Ciri tersebut adalah:

1. Sakit di bagian tengkuk

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Sering merasakan sakit dan pegal di bagian tengkuk, padahal Anda tak beraktivitas berat? Bisa jadi hal itu adalah pertanda dari kolesterol tinggi. Ya, saat kolesterol tinggi, otot-otot pada bagian tengkuk menegang dan menimbulkan rasa tak nyaman.

2. Gangguan pada pernapasan

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Bila Anda sering merasa sulit untuk bernapas, hati-hati, bisa saja kolesterol sudah mulai menyerang. Banyaknya kolesterol pada pembuluh darah pada paru akan mengganggu pernapasan dan akibatnya, Anda akan merasa mudah sesak napas.

3. Sering pusing tanpa sebab

Ciri-Ciri Kolesterol

Bila Anda sering merasa pusing padahal sudah makan dengan baik dan tidur dengan cukup, maka bisa saja hal tersebut disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol. Ya, kolesterol dapat mengganggu kinerja pembuluh darah, termasuk pembuluh yang mengalirkan darah menuju kepala.

Cara Mengecek Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit berbahaya yang dapat berujung pada stroke bahkan kematian mendadak. Anda tentunya tak mau bukan hal tersebut terjadi? Maka dari itu, bila Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, segera cek kadar kolesterol dalam darah melalui metode-metode di bawah ini.

1. Cek sampel darah di apotek

Ciri-Ciri Kolesterol

Berbagai apotek besar menyediakan layanan pengecekan kolesterol instan. Sedikit bagian dari jari Anda akan ditusuk, dan darah yang mengalir akan diteteskan ke dalam sebuah kertas. Nantinya, kertas itu akan dimasukkan ke dalam sebuah alat pengukur. Metode ini menghabiskan waktu kurang lebih dua menit dan akan menampilkan kadar kolesterol total

Kelebihan: harganya murah, prosesnya cepat,
Kekurangan: tidak menampilkan kolesterol secara rinci, akurasi bisa tidak mencapai 90% apabila ada kesalahan pada kertas/alat

2. Cek panel lipid di laboratorium

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi
Blood sample for lipid profile test

Untuk mengetahui kadar kolesterol, baik HDL, LDL, ataupun trigliserida secara spesifik, Anda bisa melakukan tes panel lipid di laboratorium. Nantinya dokter akan mengambil darah Anda, kemudian memberikannya ke laboratorium.

Kelebihan: akurasi tinggi, hasil spesifik
Kekurangan: harganya lebih mahal daripada tes di laboratorium, waktu lebih lama

Cara Mengatasi Kolesterol

Sebetulnya, cara untuk mengatasi kolesterol amatlah mudah dan terjangkau. Namun banyak orang yang tak berhasil untuk melakukannya. Salah satunya adalah karena kurangnya konsistensi untuk menerapkan gaya hidup yang lebih baik.

Lalu, apa saja sebetulnya cara untuk mengatasi kolesterol yang harus Anda patuhi? Ini dia:

1. Hindari daging-daging merah

Ciri-Ciri Kolesterol

Tidak ada salahnya mengonsumsi daging sapi, kambing, dan daging merah lainnya. Namun jangan konsumsi berlebihan, karena selain menimbulkan darah tinggi, kadar kolesterol pun akan meningkat pesat dan membahayakan diri Anda.

2. Kurangi gorengan

Ciri-Ciri Kolesterol

Gorengan sebetulnya adalah musuh utama kesehatan. Bagaimana tidak? Dalam gorengan, terdapat kalori yang tinggi, gizi yang memudar, dan tentunya kolesterol tinggi. Jadi sejak muda, kurangi bahkan hindari goreng-gorengan, apalagi yang digoreng dalam minyak sisa.

3. Olahraga teratur

Ciri-Ciri Kolesterol

Terlalu banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan tanpa pembakaran yang cukup akan membuat lemak dan kolesterol menutupi pembuluh darah pada tubuh.
Jadi, sempatkanlah sekali hingga tiga kali dalam seminggu untuk berolahraga


Bukan sekadar memahami ciri-ciri kolesterol tetapi Anda mesti konsisten untuk mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan gaya hidup baik. Jangan sampai kolesterol membunuh Anda perlahan-lahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *