Waspadalah, Ciri-Ciri Ini Menandakan Kolesterol Tinggi!

2 min read

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi – Kolesterol bukanlah penyakit, namun sejenis zat dalam tubuh. Pada angka normal zat tersebut sangat berguna, tapi berbahaya jika sudah melebihi ambang batas. Artikel ini akan memaparkan apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus Anda waspadai.

Kolesterol diproduksi oleh hati. Salah satu fungsi zat lilin ini adalah membantu membentuk asam empedu. Asam empedu sendiri memiliki fungsi penting dalam proses penghancuran lemak.

Kolesterol disebut sebagai lipoprotein karena zat ini harus mengikat protein agar dapat berpindah ke dalam aliran darah. Dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat yang disebut low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik bernama high-density lipoprotein (HDL).

HDL disebut kolesterol baik karena fungsinya “menyapu” lemak dari seluruh organ tubuh dan membawanya kembali ke hati. Sebaliknya, LDL dapat menyebabkan lemak bertumpuk dalam pembuluh darah. Kondisi inilah yang disebut dengan kolesterol tinggi, yaitu kolesterol jahat yang kadarnya sudah melebihi batas.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | dedaunan.com

Ambang batas kolesterol LDL yang dapat diterima tubuh adalah sejumlah maksimal 239 mg/dl. Melebihi jumlah itu disebut kolesterol tinggi. Tubuh memiliki cara tertentu untuk memberitahu kondisi tersebut dengan memunculkan ciri fisik seperti berikut:

1. Sakit Kepala

Sering sakit kepala merupakan salah satu tanda kolesterol Anda sudah melewati ambang batas. Hal ini karena terjadi penumpukan lemak pada pembuluh darah yang menghambat oksigen masuk ke otak.

2. Sering Kesemutan

Sering kesemutan juga menjadi ciri dari kolesterol tinggi. Bagian tubuh yang sering merasakan kesemutan adalah tangan dan kaki. Kesemutan terjadi karena aliran darah yang terganggu akibat penumpukan lemak.

3. Nyeri Dada

Nyeri dada harus diwaspadai karena penumpukan lemak akibat tingginya kolesterol jahat mulai terjadi pada pembuluh jantung. Hal ini membuat jantung kesulitan menjalankan tugasnya memompa darah.

4. Nyeri Punggung dan Leher

Kolesterol tinggi juga ditandai dengan seringnya terasa nyeri pada punggung dan leher. Hal ini juga disebabkan karena aliran darah yang terganggu akibat penumpukan lemak.

5. Mudah Lelah

Aliran darah yang terganggu dan oksigen yang terhambat akhirnya mengganggu metabolisme tubuh dan membuat tubuh mudah lelah.

Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | doktersehat.com

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit lain yang membahayakan dan bisa mengancam nyawa. Berikut adalah beberapa penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi:

1. Stroke

Timbunan lemak membuat suplai darah ke otak terganggu atau bahkan malah berhenti sama sekali. Darah yang terbendung akhirnya menekan pembuluh hingga akhirnya pecah. Kondisi inilah yang disebut dengan stroke.

2. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang dipicu oleh kerasnya kerja jantung memompa darah. Hal tersebut terjadi karena sumbatan di pembuluh darah akibat endapan lemak yang ditinggalkan oleh tingginya kolesterol jahat.

3. Jantung Koroner

Penyakit ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh arteri jantung akibat timbunan lemak. Penyempitan tersebut membuat aliran darah terhambat, sehingga jantung kekurangan suplai darah. Timbunan lemak yang menumpuk dapat menyumbat arteri, sehingga menyebabkan serangan jantung.

Makanan untuk Kolesterol Tinggi

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | .kaskus.co.id

Salah satu penyebab kolesterol tinggi berasal dari makanan.Itulah mengapa jika Anda mengalami kolesterol tinggi, harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk kolesterol tinggi:

1. Sayur dan Buah

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Sayur dan buah memiliki kadar lemak jenuh yang rendah sehingga memberikan rasa kenyang namun tidak menimbulkan efek samping.

2. Oat

Kandungan serat betaglukan pada sereal ini sangat baik dikonsumsi karena mampu mengikat kolesterol jahat dan mencegahnya terserap dalam darah.

3. Kacang-kacangan

Jenis makanan ini mengandung banyak zat gizi seperti protein, kalium, magnesium, Vitamin E, juga lemak tak jenuh yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol.


Demikianlah ulasan tentang ciri-ciri kolesterol tinggi. Jika Anda sudah merasakannya dalam tubuh, itu adalah peringatan untuk segara memperbaiki gaya hidup. Mulailah hidup sehat dan lakukan segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *