Ciri-Ciri Kolesterol Rendah yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

2 min read

Ciri-Ciri Kolesterol Rendah – Kadar kolesterol yang terlalu tinggi diketahui bisa menyebabkan penyakit. Karena itu muncul anggapan bahwa kadar kolesterol harus selalu rendah. Tapi tahukah Anda bahwa kolesterol yang terlalu rendah juga bisa berbahaya? Lalu apa saja ciri ciri kolesterol rendah?

Perlu dipahami bahwa tubuh membutuhkan kolesterol, salah satunya untuk pembentukan hormon. Namun kolesterol terbagi menjadi dua macam, yaitu high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Normalnya, kadar kolesterol total dalam tubuh tidak boleh lebih dari 200mg/dl, kadar LDL harus di bawah 130mg/dl, HDL minimal 45mg/dl, dan trigliserida harus kurang dari 200mg/dl.

Seseorang dianggap memiliki kolesterol rendah apabila jumlahnya kurang dari 160mg/dl. Orang dengan kolesterol rendah biasanya menunjukkan gejala-gejala tertentu yang berhubungan dengan psikis, contohnya sebagai berikut:

1. Mudah gugup dan cemas
2. Depresi
3. Mudah putus asa
4. Perubahan mood atau suasana hati

Kenapa hal ini bisa terjadi? Kolesterol sangat penting dalam pembentukan hormon dan vitamin D. Vitamin D punya peran besar dalam kesehatan otak sehingga juga berpengaruh pada mental manusia.

Tak hanya itu, Anda pasti mengenal suatu hormon bernama serotonin yang sering disebut sebagai hormon kebahagiaan. Ketika kadar kolesterol terlalu rendah, maka akan berdampak pada pembentukan hormon dan vitamin D sehingga mempengaruhi psikis seseorang.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Ciri-Ciri Kolesterol Rendah
Kolesterol | kaskus.co.id

Kolesterol tinggi dan asam urat adalah dua penyakit yang berbeda tapi tetap berkaitan. Keduanya sama-sama disebabkan oleh pola makan yang kurang baik, yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Itulah kenapa kolesterol tinggi sering dibarengi oleh keluhan asam urat. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diperhatikan:

1. Tangan dan kaki terasa sakit

Kolesterol tinggi bisa membuat aliran darah tidak lancar. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan tangan dan kaki kesemutan sehingga tidak nyaman saat beraktivitas.

2. Nyeri sendi dan pembengkakan

Penderita asam urat biasanya mengeluhkan nyeri pada persendian tulang, khususnya tangan dan kaki. Rasa nyeri ini dibarengi dengan pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

3. Sesak nafas

Kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyumbat pembuluh darah di paru-paru sehingga menyebabkan gangguan pernafasan.

Cara Sederhana Mengecek Kolesterol

Kolesterol
Kolesterol | doktersehat.com

Ciri-ciri kolesterol rendah dan tinggi sudah disebutkan di atas, tapi gejala tersebut tak bisa dijadikan patokan untuk menentukan jumlah kolesterol. Maka satu-satunya cara untuk mengetahui kadar kolesterol dengan tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan darah.

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan alat tes kolesterol. Sebelum melakukan tes sendiri, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu, baik tentang cara penggunaan alat maupun hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum menjalani tes.

Apabila Anda menginginkan hasil yang lebih akurat, maka disarankan untuk pergi ke dokter atau langsung cek darah ke laboratorium. Dari hasil pemeriksaan inilah Anda bisa mengetahui kondisi tubuh dengan lebih detail.

Cara Mengatasi Kolesterol

Kolesterol
Kolesterol | baca.co.id

Kolesterol tinggi dapat diatasi dengan obat-batan dari dokter, misalnya dengan mengonsumsi statin (penurun kolesterol). Tapi sebaiknya jangan hanya bergantung pada obat, tapi juga terapkan gaya hidup sehat.

1. Ubah pola makan

Jauhi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti junk food. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti oatmeal, sayur, dan buah-buahan.

2. Rutin beraktivitas dan olahraga

Jangan malas bergerak dan tetaplah beraktivitas. Usahakan untuk selalu berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

3. Tinggalkan kebiasaan buruk

Jauhi alkohol dan rokok. Tinggalkan pula kebiasaan tidur terlalu malam agar organ-organ tubuh bisa tetap bekerja dengan baik.


Kini Anda bisa mengetahui bahwa bukan hanya kolesterol tinggi saja yang berbahaya. Bila Anda mengalami ciri-ciri kolesterol rendah seperti di atas, jangan ragu untuk pergi ke dokter agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read