Ciri-Ciri Kista yang Jarang Disadari oleh Banyak Orang

1 min read

Ciri-Ciri Kista – Kista merupakan salah satu penyakit yang sangat umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Ciri-ciri kista kadang terlihat jelas, namun bila penyakit ini menyerang bagian/organ dalam, gejalanya tidak akan tampak sehingga penderitanya pun tidak sadar sedang memiliki kista.

Kista sendiri selalu identik dengan penyakit yang hanya dialami oleh wanita. Padahal kista bisa menyerang siapa saja, termasuk kaum pria. Jadi jangan lengah dengan penyakit apapun dan mari kenali kista lebih dalam lagi.

Apakah Kista Berbahaya?

Ciri-ciri Kista

Kista adalah penyakit yang berbentuk benjolan dan biasanya berisi cairan, bisa berupa nanah atau bahkan gas. Kista termasuk tumor jinak dan dianggap tidak berbahaya. Bahkan dalam beberapa kasus, kista bisa hilang dengan sendirinya walau tanpa pengobatan medis.

Penyebab kista sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari adanya infeksi, kondisi genetik, cedera, penyumbatan saluran tubuh, hingga adanya sel yang cacat. Kista juga bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, seperti di kulit, payudara, bahkan di ovarium.

Meski tergolong jinak dan tidak berbahaya, Anda harus tetap waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter ketika mulai timbul gejalanya. Karena terkadang ada pula kista yang bisa berubah jadi penyakit ganas apabila tidak segera ditangani dengan tepat.

Ciri-Ciri Kista

Kista bisa berada di berbagai organ. Ciri-cirinya bisa jadi khas, sesuai dengan organ tempat kista tersebut berada. Berikut ciri-ciri kista sesuai lokasinya

Ciri-Ciri Kista Kulit

Ciri-ciri Kista dan Cara Mengobatinya

Kista jenis ini bisa menyerang bagian tubuh manapun, termasuk wajah dan leher. Cirinya-cirinya:
• Ada benjolan di bawah kulit
• Area benjolan bisa meradang dan kemarahan
• Bila keluar cairan, isinya kental dan berbau busuk seperti nanah

Ciri-Ciri Kista Payudara

Kista ini bisa terjadi di salah satu payudara atau bahkan keduanya. Ciri-cirinya:
• Muncul benjolan lembut berbentuk bulat atau oval dengan garis batas yang jelas
• Benjolan dan area sekitarnya terasa nyeri
• Saat tiba waktunya menstruasi, benjolan biasanya terasa nyeri dan bisa bertambah besar. Tapi ketika menstruasi berakhir, ukuran benjolan kadang kembali mengecil.

Ciri-Ciri Kista Ovarium

Ciri-ciri Kista dan Cara Mengobatinya

Sesuai namanya, kista ini menyerang ovarium atau indung telur pada wanita. Kista ovarium pun dibagi menjadi 2 jenis, yaitu fungsional dan patologis. Kista fungsional adalah yang paling umum terjadi dan dapat mengecil dengan sendirinya.

Kista patologis berbentuk benjolan karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal. Kista jenis ini bisa bersifat jinak atau ganas sehingga perlu penanganan khusus. Sementara ciri-ciri kista ovarium yang paling umum adalah:

• Pinggang bawah atau panggul terasa nyeri, kadang menyebar sampai ke paha
• Terasa nyeri saat berhubungan seksual
• Siklus menstruasi tidak teratur
• Pendarahan yang tidak wajar saat menstruasi
• Ada sensasi penuh/berat pada perut, khususnya bagian bawah
• Mual dan ingin muntah
• Sering buang air kecil karena kista menekan kandung kemih

Itu adalah beberapa ciri kista ovarium, tapi tidak semua penderita mengalami gejala yang sama. Bahkan ada wanita yang sama sekali tidak sadar memiliki kista karena tidak mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas.

Pengobatan Kista

Ciri-ciri Kista dan Cara Mengobatinya

Bila timbul gejala-gejala kista, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Setelah pemeriksaan menyeluruh, dokter biasanya akan memutuskan apakah kista tersebut perlu diobati atau justru harus dioperasi.

Pada kasus kista yang dianggap ringan, beberapa dokter biasanya hanya akan memberikan obat dan memberi saran untuk mengonsumsi makanan sehat. Namun untuk kista yang berukuran besar atau mengandung sel abnormal, biasanya diperlukan tindakan operasi.


Demikian pembahasan mengenai ciri ciri kista, jenisnya, maupun langkah pengobatannya. Tetaplah jaga kesehatan dan jangan pernah takut untuk pergi ke dokter, karena penyakit apapun akan lebih mudah disembuhkan apabila diketahui dan ditangani sejak dini.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *