Kenali Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan agar Sembuh Lebih Cepat

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Tenggorakan – Kanker tenggorokan termasuk penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera ditangani dengan tepat. Ironisnya, masih banyak orang yang belum paham dengan ciri-ciri kanker tenggorokan atau bahkan menyepelekannya.

Hal ini karena gejala kanker tenggorokan memang tidak spesifik dan cenderung mirip seperti penyakit lain. Biasanya penderita baru sadar kalau dirinya terkena kanker ketika penyakit ini sudah parah sehingga sulit untuk disembuhkan.

Kanker ini bisa menyerang area mana saja, mulai dari bagian atas tenggorokan, amandel, hingga pita suara. Penyebabnya pun bermacam-macam, tetapi faktor yang paling berpengaruh adalah kebiasaan merokok, minum alkohol, serta buruknya kesehatan mulut dan gigi.

Ciri-ciri Kanker Tenggorokan Stadium Awal

Kanker Tenggorokan
Ciri – Ciri Kanker Tenggorokan | beritagar.id

Untuk menghindari bahaya yang lebih besar, Anda sebaiknya mewaspadai gejala kanker tenggorokan berikut ini.

1. Tenggorokan terasa sakit dan sulit menelan

Ciri utama dari kanker jenis ini adalah tenggorokan yang terasa sakit. Penderita juga akan kesulitan menelan makanan karena adanya tumor yang tumbuh di bagian tenggorokan.

2. Batuk yang tidak kunjung sembuh

Batuk merupakan gejala dari berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker tenggorokan, apalagi bila batuk terjadi terus-menerus dan tak kunjung sembuh. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

3. Terjadi perubahan suara

Gejala yang satu ini terjadi ketika kanker menyerang bagian pita suara. Jadi, bila Anda merasa sakit tenggorokan dan suara mendadak berubah, segera berkonsultasilah dengan dokter.

4. Nafas berbunyi (mengi)

Mengi atau berbunyi saat bernafas juga bisa menjadi salah satu ciri kanker tenggorokan. Hal ini disebabkan adanya penyempitan saluran pernafasan gara-gara pertumbuhan kanker.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kanker dapat menjalar ke bagian kelenjar getah bening sehingga terjadi pembengkakan. Jadi, ciri-ciri kanker tenggorokan yang juga harus diwaspadai adalah bila terdapat benjolan di bagian leher akibat pembengkakan tersebut.

Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan?

Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan
Kanker Tenggorokan | baca.co.id

Ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan oleh seseorang yang menderita kanker tenggorokan. Seperti kebanyakan penyakit, kanker sebenarnya bisa disembuhkan apabila terdeteksi lebih awal dan penderitanya mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sebaliknya, kanker jenis apapun akan sangat sulit disembuhkan ketika sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Untuk proses penyembuhan kanker ini, dokter biasanya akan melakukan metode pengobatan sebagai berikut.

1. Operasi

Pada stadium awal, ukuran tumor biasanya masih kecil dan hanya tumbuh di area tenggorokan saja, jadi belum menyebar ke organ lainnya. Di tahap ini, tumor masih bisa dihilangkan dengan cara operasi.

2. Radiasi

Selain operasi, terapi radiasi juga bisa dilakukan dengan tujuan menghancurkan sel-sel kanker yang ada di tenggorokan. Bila masih stadium awal, pengobatan ini bisa membuat penderita sembuh dari penyakit kankernya.

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah metode pengobatan kanker dengan cara menyuntikkan obat-obatan ke dalam tubuh si pasien. Obat-obatan ini berfungsi untuk memperlambat sekaligus membunuh sel kanker yang berbahaya.

Bila metode operasi dan radiasi terfokus pada satu titik area saja (yang terkena kanker), kemoterapi tidak bisa terpusat di bagian tertentu. Obat yang disuntikkan otomatis akan menyebar ke area tubuh lainnya.

Itulah kenapa kemoterapi sering direkomendasikan pada kasus kanker stadium lanjut, khususnya yang sudah menyerang organ-organ lain. Sayangnya, kemoterapi tidak hanya membunuh kanker, tetapi juga mempengaruhi sel-sel yang masih sehat.

Walau termasuk prosedur yang aman, bagaimanapun juga kemoterapi memberikan efek samping pada penderita kanker, mulai dari rasa mual, muntah, badan lemas, hingga kerontokan rambut.


Kanker tenggorokan memang termasuk penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kematian. Namun, apabila ciri-ciri kanker tenggorokan bisa disadari lebih cepat dan segera ditangani, kesembuhan bukanlah hal yang tidak mungkin.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read