9 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Penting Anda Ketahui

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Serviks – Kanker serviks menginfeksi daerah mulut rahim hingga bagian dalam kemaluan. Kanker yang menjadi pembunuh tertinggi perempuan di seluruh dunia ini bisa dicegah. Salah satunya dengan mengenali ciri-ciri kanker serviks agar penanganan lebih cepat dilakukan.

Kanker serviks disebut juga kanker leher rahim karena terjadi di saluran panjang mirip leher di daerah antara organ intim dan mulut rahim. Kanker stadium awal bisa saja tidak menimbulkan gejala. Luka kanker berkembang di mulut rahim hingga menimbulkan perdarahan.

Kanker yang disebabkan oleh Human Papillloma Virus (HPV) ini baru menjadi kanker setelah 10-20 tahun dari pertama kali terinfeksi. Faktor penyebaran virus diperkuat oleh sanitasi yang buruk. Selain itu gaya hidup bebas juga menjadi jalur penularannya.

9 Gejala Kanker Serviks

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Kanker serviks pada stadium awal hampir tidak menunjukkan gejala apapun. Baru setelah naik ke stadium sedang gejala ini dapat ditemui:

1. Perdarahan organ intim

Seluruh perdarahan yang terjadi di organ intim bisa merujuk kanker jika tidak diketahui penyebabnya. Perdarahan terjadi diluar siklus haid. Bahkan terjadi setelah melakukan hubungan suami istri.

2. Nyeri sekitar pinggul

3. Sakit saat berhubungan intim

Rasa sakit yang biasanya tidak dialami pada saat intercourse. Segeralah konsultasi ke dokter jika semakin terasa sakit

4. Keputihan yang abnormal

Keputihan normal berwarna putih kekuningan dan tidak berbau. Jika didapati keputihan sangat banyak, berwarna kehijauan dan berbau busuk itu adalah pertanda terjadi infeksi. Terkadang keputihan disertai darah yang jumlahnya bervariasi.

5. Perdarahan setelah masa menopause

6. Perdarahan haid yang panjang dengan jumlah yang banyak

Jika mengalami masa haid yang lama dan volumenya banyak, coba ingatlah kapan terakhir kali Anda haid. Jika perbedaan dari haid terakhir sangat mencolok, disertai gejala lain dari kanker serviks, segeralah memeriksakan diri.

7. Frekuensi buang air kecil yang meningkat secara mendadak

8. Sembelit parah dan rasa sakit saat buang air besar

9. Nafsu makan menurun drastis

Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks dapat dideteksi dini melalui pap smear. Dianjurkan bagi wanita yang telah melakukan hubungan intim untuk menjalani tes ini setahun sekali. Jika selama tiga kali berturut-turut hasilnya baik, tes bisa dihentikan.
Agar Anda tidak turut terkena kanker serviks, hal-hal berikut dapat coba Anda lakukan:

Melakukan hubungan intim yang sah

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Pelaku hubungan bebas tidak memperhatikan bagaimana kondisi pasangannya. Dari ketidakpedulian mereka justru menjadi sumber penularan virus ini. Hubungan intim memang seharusnya hanya dengan pasangan yang benar secara agama.

Vaksinasi HPV jika belum pernah berhubungan badan

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Vaksin HPV diklaim mampu memproteksi penggunanya dari HPV 16 dan 18. Kedua virus tersebut diketahui menyebabkan kanker serviks. Sangat penting untuk menginvestasikan hal ini demi kesehatan Anda.

Mempraktikkan pola hidup sehat

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Pola hidup sehat meliputi berolahraga rutin, memperbanyak buah dan sayur dalam diet harian, serta menghindari alkohol dan rokok. Rokok berperan dalam menurunkan imunitas sehingga infeksi lebih mudah terjadi.

Menjaga kebersihan area genital

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Virus HPV diketahui terdapat pada toilet umum yang juga digunakan oleh penderita kanker serviks. Virus menempel pada dudukan kloset dan menulari pengguna setelahnya. Karenanya penting untuk menggunakan tisu basah anti bakteri di wc umum.

Ciri-ciri Kanker Serviks Stadium Akhir

Pada stadium akhir kanker serviks memberikan tanda yang jelas, baik pada fisik maupun psikis penderita. Terkadang ciri pada stadium awal juga masih terjadi pada stadium ini.

Beberapa ciri yang dilaporkan adalah:

1. Terasa sakit pada punggung
2. Kelelahan berkepanjangan
3. Tulang dan persendian terasa ngilu
4. Pembengkakan di area kaki, terutama paha
5. Keluarnya urin atau feses dari organ intim


Ciri-ciri kanker serviks dapat muncul pada wanita segala usia. Langkah terbaik agar tidak terinfeksi adalah dengan hidup sehat, imunisasi HPV, dan melakukan pap smear secara berkala. Mari kita menjaga diri dan orang di sekitar kita dari pembunuh wanita terbanyak ini. Semoga bermanfaat.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *