Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru, Perokok Harus Waspada!

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru – Salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan adalah kanker paru-paru. Sayangnya, ciri-ciri kanker paru-Paru biasanya tidak terlalu disadari oleh penderitanya karena gejala awalnya memang mirip penyakit lain.

Kenali Tanda Awal dan Gejala Kanker Paru

Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru | http://kondisiumum.com

Ada beberapa gejala kanker paru yang harus Anda ketahui. Kebanyakan gejalanya berhubungan dengan pernapasan, contohnya sebagai berikut.

1. Sesak napas

Pernapasan adalah hal pertama yang mengalami gangguan ketika paru-paru terkena penyakit kanker. Penderita kanker paru-paru cenderung merasakan sesak napas meski tidak beraktivitas berat.

Napasnya juga bisa berbunyi atau mengi seperti terkena asma. Hal ini bisa terjadi karena kanker mulai menghambat saluran pernapasan sehingga penderitanya akan kesulitan bernapas.

2. Batuk terus-menerus

Batuk sering dianggap sebagai penyakit biasa dan sudah sangat umum. Tapi Anda patut waspada apabila batuk tidak kunjung sembuh dan berlangsung lebih dari 2 minggu.

Batuk yang disebabkan oleh penyakit ringan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari. Tapi bila batuk terjadi secara terus-menerus atau bahkan semakin parah, segera periksakan diri ke dokter.

3. Batuk berdarah

Ciri kanker paru berikutnya adalah batuk yang semakin memburuk dan menunjukkan tanda-tanda pendarahan. Dari yang semula hanya batuk kering, kemudian muncul dahak, lalu mengeluarkan darah.

4. Dada terasa nyeri

Pada beberapa kasus kanker paru-paru, penderita akan merasakan nyeri pada bagian dada. Biasanya hal ini terjadi ketika kankernya tumbuh di lapisan luar paru-paru. Selain dada, bagian tubuh lain seperti bahu dan punggung juga bisa terasa sakit.

5. Nyeri pada tulang

Hal paling menakutkan dari kanker adalah ketika penyakit ini sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Di tahap lanjutan seperti ini, penderita bisa merasakan sakit dan nyeri pada tulang, khususnya di daerah punggung, bahu, lengan, dan leher.

Cara Mencegah Kanker Paru-Paru

Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru
Kanker Paru | wajibbaca.com

Penyakit apapun sejatinya bisa dicegah, termasuk kanker paru-paru. Berikut cara pencegahannya yang bisa Anda terapkan sehari-hari:

1. Konsumsi makanan sehat

Makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh sekaligus pencegah penyakit. Syaratnya, makanan yang Anda konsumsi haruslah berkualitas, artinya mengandung banyak gizi dan tidak memiliki zat karsinogenik.

Makanan mungkin bukanlah penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Tapi makanan yang buruk dipastikan dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Jadi perhatikan menu makan Anda dan perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan.

2. Jauhi rokok

Tak hanya perokok aktif, yang pasif pun memiliki resiko yang sama terhadap penyakit kanker paru. Rokok memiliki banyak zat racun yang berbahaya. Bila terserap dan mengendap di paru-paru, terjadinya kanker hanya tinggal menunggu waktu.

3. Olahraga teratur

Sama halnya seperti makanan bergizi yang dapat menurunkan resiko kanker, bergitu pula dengan olahraga. Tubuh yang aktif bergerak biasanya jarang terjangkit penyakit, karena itu rajin-rajinlah berolahraga setiap hari.

Apakah Tumor Paru Bisa Disembuhkan?

Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru | hellosehat.com

Satu hal yang perlu dipahami adalah tumor dibedakan menjadi dua macam, yaitu jinak dan ganas. Tumor jinak biasanya berupa benjolan akibat adanya sel yang tumbuh secara abnormal.

Sedangkan tumor ganas bukan hanya sel abnormal, tapi pertumbuhannya tak terkendali dan bisa menyebar ke organ lain. Tumor seperti inilah yang disebut dengan kanker.

Tumor atau kanker pada organ manapun bisa disembuhkan asalkan dapat dideteksi sejak dini dan diberikan penanganan yang tepat. Pada kanker paru stadium awal, penanganannya bisa berupa operasi pengangkatan tumor dan kemoterapi.

Namun pada kanker paru stadium lanjut dan sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, operasi biasanya tidak akan dilakukan lagi. Penanganannya akan lebih ke arah kemoterapi dan radioterapi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.


Dari penjelasan di atas diketahui bahwa kanker paru-paru termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Maka dari itu jangan abaikan ciri-ciri kanker paru-paru dan segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalaminya.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read