Ciri-Ciri Kanker Otak yang Perlu Diwaspadai Agar Tak Berakibat Fatal

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Otak – Kanker otak adalah tumor ganas yang menyerang bagian otak. Penyakit ini sering kali berakibat fatal karena terlambat didiagnosis dan ditangani. Hal tersebut disebabkan ciri-ciri kanker otak sulit dikenali karena sangat mirip dengan gejala penyakit lain yang lebih ringan.

Ciri-Ciri Kanker Otak dari Stadium Awal hingga Akhir

Ciri-Ciri Kanker Otak
beritagar.id

Penyakit kanker otak dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga usia lanjut. Pada stadium awal, penderita mungkin tidak merasakan gejala yang berarti sehingga sering kali diabaikan.

Lalu, bagaimana tahap perkembangan dan ciri-ciri kanker otak dari stadium awal hingga akhir? Simak penjelasannya berikut ini.

a. Stadium Awal

Pada tahap awal, penderita kanker otak biasanya tidak menunjukkan dan tidak merasakan gejala apa pun. Namun, Anda patut waspada jika mendadak mudah merasa lelah dan lemas, padahal sebelumnya stamina cukup kuat. Anda juga harus lebih berhati-hati jika ada riwayat kanker otak dalam keluarga, gaya hidup tidak sehat, atau mengonsumsi narkoba.

b. Stadium 2

Gejala keletihan akan semakin terasa pada pasien dengan kanker otak stadium 2, bahkan tak jarang disertai pingsan dan kejang. Rasa letih yang sangat membuat pasien tidak bisa berkonsentrasi melakukan pekerjaan apa pun dan hanya ingin tidur. Jika Anda merasakan gejala ini, segera lakukan T-Scan (scan otak).

c. Stadium 3

Ada lima gejala utama yang dirasakan penderita kanker otak stadium 3, yaitu:

  1. Sakit kepala yang sangat hebat membuat pasien tergantung pada obat karena rasa sakit akan kembali lagi setelah efek obat hilang.
  2. Letih, mengantuk, lemas, dan pingsan dengan derajat yang lebih kuat dan frekuensi lebih sering sehingga seringkali penderita putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya.
  3. Mimisan yang terjadi seminggu sekali atau lebih dan membuat penderitanya merasa pusing, pengap, dan ketakutan hingga pingsan.
  4. Demam atau menggigil karena sel kanker sudah menyebar melalui aliran darah.
  5. Mual dan muntah dengan mengeluarkan sedikit cairan hijau seperti nanah, terutama saat minum obat akibat reaksi penolakan dari tubuh.

d.  Stadium 4

Pada stadium 4, gejala kanker otak semakin jelas. Gejala pada stadium 3 menjadi bertambah parah. Selain itu, muncul gejala lain, seperti tatapan mata kosong, gangguan bicara, pendengaran, dan penglihatan, lumpuh karena otak tak bisa mengendalikan anggota tubuh, hilang ingatan, dan kemunduran mental.

Ciri-ciri Kanker Otak pada Anak

Ciri-Ciri Kanker Otak
beritagar.id

Terdapat beberapa pebedaan ciri-ciri kanker otak pada anak dan orang dewasa. Kanker otak pada orang dewasa bisa berupa kanker primer maupun sekunder, sedangkan pada anak berupa kanker primer.

Kanker primer adalah kanker yang berasal dari otak sendiri. Kanker sekunder terjadi akibat metastasis kanker yang menyerang organ lain.

Pada orang dewasa, kanker otak menyerang otak bagian atas (korteks), sementara pada anak, kanker menyerang otak kecil (cerebellum) dan batang otak. Kanker otak pada anak disebabkan kelainan genetik yang sudah berkembang sejak dalam kandungan.

Karena terjadi pada otak bagian dalam dan batang otak, kanker pada anak lebih banyak berpengaruh pada fungsi indra, saraf, dan pengaturan hormon. Akibatnya, anak mengalami gangguan penglihatan dan pubertas dini.

Gejala Kanker Otak pada Wanita

Ciri-Ciri Kanker Otak
sciencedaily.com

Secara umum, kanker otak menunjukkan gejala yang sama, baik pada pria dan wanita. Namun, ada satu gejala khas yang hanya terjadi pada wanita, yaitu gangguan kesuburan.

Hal ini disebabkan kanker menyerang kelenjar pituitari, struktur sebesar kacang polong yang terletak di dasar otak dan berfungsi mengatur produksi hormon.

Kanker menyebabkan kelenjar pituitari bekerja terlalu aktif sehingga mengeluarkan hormon secara berlebihan atau justru menghambat kerja kelenjar. Akibatnya, wanita yang menderita kanker otak tidak dapat hamil atau memproduksi ASI setelah melahirkan.


Penyakit kanker seringkali berakibat fatal karena terlambat diketahui. Oleh karena itu, jika Anda merasakan kondisi tubuh yang tidak biasa seperti ciri-ciri kanker otak di atas, segera periksakan diri ke dokter. Semakin cepat diketahui, kanker akan semakin mudah diatasi.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *