Ciri-Ciri Kanker Mulut yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

1 min read

Ciri-Ciri Kanker Mulut – Kanker jadi salah satu momok paling menakutan bagi semua orang. Selain karena bisa menyebabkan kematian, penyakit ini ditakuti karena bisa menyerang organ manapun di dalam tubuh, termasuk mulut. Lalu seperti apa ciri-ciri kanker mulut yang harus diwaspadai?

Kanker jenis ini bisa menyerang bagian mana saja di dalam mulut, mulai dari gusi, bibir, hingga lidah. Gejala dari kanker mulut yang paling mudah dikenali adalah sebagai berikut:

1. Muncul benjolan pada bibir, lidah, gusi, atau rongga mulut.
2. Terjadi pembengkakan atau penebalan di daerah tertentu di dalam mulut.
3. Terjadi pendarahan tanpa sebab. Pendarahan ini bisa terjadi pada daerah mana saja di dalam mulut.
4. Timbul bercak berwarna putih atau yang sering disebut leukoplakia.
5. Sariawan hingga pendarahan dan sulit sembuh.
6. Tenggorokan terasa sakit dan terjadi perubahan suara.
7. Mulut terasa mati rasa sehingga kemampuan mengecap menurun.
8. Kesulitan mengunyah makanan karena terasa sakit pada mulut, tenggorokan, dan rahang.

Ciri-Ciri Kanker Gusi Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Mulut
Kanker Mulut | deherba.com

Salah satu bagian mulut yang dapat terserang kanker adalah gusi. Gejalanya hampir sama seperti ciri-ciri kanker mulut yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, pada tahap awal, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
1. Gusi mengalami luka atau sariawan tapi tidak sembuh-sembuh
2. Sering terjadi pendarahan tanpa sebab
3. Gusi mengalami peradangan dan membengkak
4. Gigi goyang karena kondisi gusi yang sudah rusak.

Makanan Penyebab Kanker Mulut


Seperti kanker pada umumnya, penyakit mulut yang satu ini terjadi ketika ada sel-sel yang tumbuh secara abnormal. Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari faktor genetik, rokok, alkohol, hingga pola makan yang tidak sehat.

Ada beberapa jenis makanan yang terbukti bisa menyebabkan kanker. Meski demikian, bukan berarti Anda akan langsung terkena kanker bila mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Hanya saja makanan ini memang akan meningkatkan resiko terkena kanker mulut.

Makanan yang harus dihindari adalah sebagai berikut.

Kanker Mulut
Kanker Mulut | dream.co.id

1. Makanan yang mengalami banyak pemrosesan

Contoh makanan yang tidak sehat bagi tubuh adalah junk food. Makanan ini minim nutrisi karena sudah melalui proses pengolahan yang cukup banyak, termasuk pemanasan di suhu tinggi yang bisa menghilangkan kandungan gizi makanan.

2. Makanan yang digoreng dan dibakar

Proses penggorengan dan pembakaran diketahui dapat memicu terbentuknya zat karsinogenik pada makanan. Zat karsinogenik seperti N-nitroso-compound (NOC) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH) bisa menyebabkan mutasi sel sehingga timbul penyakit kanker.

3. Makanan dengan bahan pengawet

Bahan kimia untuk mengawetkan makanan rupanya juga dapat memicu timbulnya zat karsinogenik. Karena itu hindari makanan-makanan kemasan seperti daging olahan dan buah kalengan.

Tumbuhan Obat Kanker Mulut

Penyakit kanker bisa dicegah dengan memperbaiki pola makan, khususnya memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Namun bila Anda tertarik dengan pengobatan herbal, ada beberapa jenis tumbuhan yang diyakini mampu menyembuhkan penyakit kanker.

Contoh tanaman yang bisa digunakan sebagai obat kanker:

  1. Daun sirsak
  2. Tapak dara
  3. Temu kunci
  4. Melinjo
  5. Lempuyang wangi
  6. Keladi tikus
  7. Biji anggur

Tanaman-tanaman di atas telah melalui serangkaian uji coba dan terbukti memiliki senyawa aktif untuk melawan sel kanker. Melinjo misalnya, buah yang satu ini ternyata memiliki senyawa gnetin C dan trans-resveratrol yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

Lempuyang wangi yang dikenal oleh masyarakat sebagai rempah-rempah juga mengandung minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri inilah yang disebut-sebut sebagai zat antikanker sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri kanker mulut serta tumbuhan apa saja yang bisa menyembuhkannya. Jangan pernah meremehkan gejala-gejala kanker mulut dan jagalah pola makan akan terhindar dari segala macam penyakit.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read