Ciri-Ciri Kanker Lambung yang Perlu Anda Waspadai

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Lambung – Kanker lambung merupakan kanker yang menyerang lambung. Umumnya, penderita penyakit ini terdapat pada rentang usia 55 tahun ke atas. Meski demikian, kanker lambung dapat juga menghinggapi usia di bawahnya. Ciri-ciri kanker lambung dapat berbeda menurut jenisnya.

Jenis kanker lambung yang paling umum, yaitu adenocarcinoma, kanker yang menyerang sel-sel lapisan dalam lambung yang memproduksi cairan lendir atau mukus.

Selain itu, ada kanker lambung jenis lain, yaitu tumor stroma gastrointestina (GIST), limfadenoma lambung, dan karsinoid.

Ciri-Ciri Kanker Lambung

Kanker Lambung
Kanker Lambung | catatanmini.com

Ciri-ciri penyakit kanker lambung stadium awal sulit dikenali, karena hampir sama dengan masalah lambung yang lain seperti tukak lambung. Gejala yang dapat timbul, antara lain:

• kembung dan kerap bersendawa,

• perut sakit atau mulas,

• tulang dada terasa nyeri,

• cepat kenyang meski makan sedikit,

• mual dan muntah,

• sulit menelan makanan,

• sering mengalami gangguan pencernaan, dan

• mudah lelah.

Ciri-Ciri Kanker Lambung Stadium 4

Ciri-Ciri Kanker Lambung
Kanker Lambung | xyz.tirto.id

Kanker lambung memiliki 4 tahapan mulai dari stadium 1 hingga stadium 4. Pada stadium 1, kanker berada di dalam lambung dan menyebar ke kelenjar getah bening. Stadium 2, kanker mulai menyebar semakin banyak.

Pada stadium 3, seluruh lapisan lambung sudah terkena kanker. Terakhir stadium 4, kanker lambung sudah menyebar ke organ-organ tubuh lainnya.

Kanker lambung stadium 4 dapat dilihat dari ciri-ciri berikut ini.

1. Feses Berwarna Hitam atau Berdarah

Feses menghitam atau disertai darah terjadi karena lambung yang terkena kanker rapuh dan mudah terluka. Darah dari lambung yang bercampur dengan enzim pencernaan dan asam lambung itulah yang membuat feses menjadi hitam.

2. Kehilangan Selera Makan

Kehilangan nafsu makan sering dianggap sebagai gejala mag. Jika dibiarkan berlarut-larut, lambung terluka dan tidak dapat bekerja dengan optimal, sehingga tubuh melemah dan sel kanker lebih mudah menyebar dan berkembang.

3. Berat Badan Menurun

Berat badan yang menurun tiba-tiba, padahal tidak sedang menjalani diet harus diwaspadai. Hal ini mungkin merupakan gejala kanker lambung.

Penurunan fungsi lambung dapat mengakibatkan vitamin dan nutrisi tidak terserap maksimal sehingga berat badan menurun drastis. Selain menimbulkan hal tersebut, nutrisi yang tak terserap juga menimbulkan kelelahan.

4. Pembengkakan pada Perut

Perut yang membengkak secara tiba-tiba bisa mengindikasikan kanker lambung. Pembengkakan terjadi karena penumpukan cairan dalam perut akibat sel kanker atau tumor yang menyebar ke dalam rongga perut.

5. Anemia

Penderita kanker lambung yang cukup parah dapat mengalami anemia karena pendarahan pada lambung. Pendarahan lambung biasanya tidak terlalu terlihat, tetapi dapat diketahui dari adanya darah pada feses.

6. Kulit dan Mata Menguning

Kondisi ini terjadi karena bilirubin yang seharusnya dibawa oleh darah menuju hati lewat organ pencernaan menumpuk dan tersimpan pada kulit dan mata. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Apakah Kanker Lambung Bisa Sembuh Total?

Ciri-Ciri Kanker Lambung
Kanker Lambung | deherba.com

Kanker lambung dapat terjadi karena ulkus gastrikum atau tukak lambung dan infeksi Helicobacter pylori. Bisa juga diakibatkan oleh polip lambung, ketumbuhan jinak yang tumbuh dalam rongga lambung.

Kanker kemungkinan dapat tumbuh bersamaan dengan jenis polip yang berukuran besar atau jumlahnya lebih dari satu. Polip jinak dapat diangkat menggunakan prosedur endoskopi.

Jika ditemukan karsinoma di dalam lambung, operasi biasanya dilakukan untuk mengatasinya. Selain itu, sebagian lambung dan kelenjar getah bening di dekatnya diangkat.

Apabila karsinoma sudah menyebar keluar, pengobatan dilakukan untuk mengurangi gejala dan memperpanjang harapan hidup dengan cara kemoterapi dan penyinaran. Dengan penanganan ini, kemungkinan penderita dapat hidup lebih lama atau bahkan sembuh total.


Demikian ulasan tentang ciri-ciri kanker lambung. Apabila merasakan tanda-tanda atau gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lanjut.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read