Waspadai 5 Ciri Utama Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Kulit – Kanker masih menjadi penyakit pembunuh yang menduduki peringkat ke-3 di Indonesia menurut WHO. Sel kanker bisa menyerang ke mana saja termasuk kulit. Apa saja ciri-ciri kanker kulit? Ikuti ulasannya berikut ini.

Seperti jenis kanker yang lain, kanker kulit pun juga terdiri dari beberapa stadium dari jinak hingga ganas. Kanker kulit ganas disebut dengan melanoma maligna, bentuknya seperti tahi lalat yang membesar dan menimbulkan gatal. Jenis kanker ini disinyalir menjadi sebab meninggalnya Adara, menantu dari tokoh politik Hatta Rajasa beberapa waktu lalu.

Kanker kulit bisa menjalar ke organ-organ tubuh vital, inilah yang menyebabkan kematian. Namun jangan khawatir, tidak semua kanker kulit bersifat ganas seperti itu. Meski demikian kemunculannya tetap perlu diwaspadai.

Ciri-Ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat

Kanker Kulit
Kanker Kuit | doktersehat.com

Salah satu bentuk awal dari sel kanker adalah menyerupai jerawat. Banyak orang mengabaikannya karena dianggap sebagai jerawat biasa. Karena itulah Anda perlu mengenali ciri-cirinya untuk dapat mewaspadai bahayanya.

Berikut adalah 5 ciri kanker kulit yang menyerupai jerawat:

1. Bentuk Tidak Beraturan

Jerawat biasanya berbentuk lingkaran penuh, sedangkan benjolan awal kanker kulit bentuknya lebih tidak beraturan dan asimetris.

2. Tekstur Kasar

Berbeda dengan jerawat biasa yang bertekstur halus, benjolan kanker kulit teksturnya lebih kasar saat diraba.

3. Tidak Hilang dalam Waktu Lama

Jerawat biasanya hilang dalam kurun waktu satu hingga dua minggu. Benjolan kanker kulit menetap lebih lama dan tidak berangsur hilang.

4. Berwarna Gelap

Benjolan kanker kulit memiliki warna gelap seperti coklat kehitaman, berbeda dengan jerawat biasa yang cenderung berwarna merah.

5. Berubah Ukuran

Jerawat biasa meskipun berukuran besar dapat mengecil, mengempis kemudian hilang. Namun, diameter benjolan kanker kulit justru membesar.

Jika kelima tanda tersebut muncul pada tubuh Anda, segeralah berkonsultasi ke dokter terbaik. Ingatlah bahwa makin cepat kanker didiagnosa maka kemungkinan penyembuhannya akan lebih besar.

Pencegahan Kanker Kulit

Kanker Kulit
Kanker Kulit | doktersehat.com

Meski termasuk dalam penyakit berbahaya, kanker kulit dapat dicegah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya kanker kulit:

1. Memperbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah selain mengandung serat yang banyak, juga kaya akan kandungan aneka vitamin dan mineral yang berkhasiat menjadi antioksidan bagi kulit. Antioksidan berfungsi sebagai perisai yang melindungi kulit dari radikal bebas pemicu kanker kulit.

2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Tubuh membutuhkan cairan yang banyak agar kulit selalu lembap dan sehat. Sel kulit yang mendapatkan kelembapan cukup mampu mencegah serangan penyakit, termasuk kanker. Untuk mendapatkan manfaat optimal, pilihlah air yang sudah menjalani proses filterisasi.

3. Mengurangi penggunaan produk dengan bahan kimia

Terlalu banyak terpapar bahan kimia dapat meningkatkan risiko kanker pada kulit. Tidak hanya berasal dari produk kecantikan, bahan kimia juga dapat berasal dari produk kebersihan rumah tangga.

4. Melindungi kulit dari terkena paparan sinar matahari langsung

Radiasi sinar ultraviolet pada matahari juga dapat memperbesar risiko terkena kanker kulit. Karenanya Anda perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Banyak cara melakukannya seperti menggunakan tabir surya, payungatau baju panjang berbahan nyaman.

Cara Mengobati Kanker Kulit

Kanker Kulit
Kanker Kulit | fitnessformen.co.id

Jika sudah positif kanker, cara mengobatinya disesuaikan dengan jenis dan stadiumnya. Pada kanker kulit melanoma yang ganas, pengobatannya adalah melalui jalan operasi. Dokter akan melakukan pembedahan untuk mengeluarkan sel kanker. Sel kanker yang tersisa akan dibunuh dengan kemoterapi.

Penanganan kanker kulit non-melanoma disesuaikan dengan jenisnya. Jika kanker bersifat jinak, maka dokter akan melakukan prosedur ringan dengan kuretase. Kanker yang hanya terdapat pada permukaan kulit biasanya akan diobati dengan memberikan krim antikanker.


Itulah ulasan tentang ciri-ciri kanker kulit yang perlu Anda waspadai. Ingat bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dan jangan menunda untuk ke dokter jika menemukan ciri-ciri tersebut di atas pada kulitAnda. Segeralah tangani sebelum terlambat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *