Ciri-Ciri Kanker Getah Bening yang Perlu Diketahui

2 min read

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening – Sel kanker dapat tumbuh dan berkembang pada bagian-bagian tubuh mana saja, termasuk dalam kelenjar-kelenjar getah bening. Kondisi berkembangnya sel kanker dalam kelenjar getah bening dinamakan limfoma. Lalu, bagaimana masyarakat dapat mengenal ciri-ciri kanker getah bening?

Apakah limfoma dapat dicegah dan diobati? Jawabannya ada di dalam artikel ini. Mari simak sampai habis!

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening

Kanker Getah Baning
Ciri-Ciri Kanker Getah Bening | doktersehat.com

Seperti penyakit-penyakit lainnya, slogan “mencegah lebih baik daripada mengobati” juga berlaku pada limfoma. Namun, tak banyak upaya yang dapat dilakukan untuk betul-betul mencegah kanker, karena penyebabnya masih belum dapat dipastikan.

Karena itu, yang dapat dioptimalkan adalah mengenali ciri-ciri dan gejalanya, agar pengobatan terhadap kanker getah bening dapat diberikan sebelum terlambat. Berikut adalah ciri-cirinya.

1. Kelelahan

9 dari 10 penderita limfoma mengeluh lebih mudah lelah dari biasanya. Namun, tingkat kelelahan tiap-tiap orang agaknya berbeda. Jika Anda merasa mudah capai yang tak wajar, segera periksakan diri ke dokter.

2. Demam, menggigil, dan berkeringat di malam hari

Saat tubuh dimasuki zat yang tak dikenali, reaksi normalnya adalah demam. Begitu pula dengan tanda awal terkena limfoma. Demam dengan suhu relatif rendah yang dibarengi dengan rasa kedinginan dan menggigil banyak dikeluhkan penderita.

Namun pada malam hari, pasien limfoma mengeluarkan keringat berlebih hingga membasahi bantal dan seprai.

3. Berat badan turun

Gejala limfoma berikutnya yang harus diwaspadai adalah menurunnya berat badan secara drastis dan mendadak. Hal ini dikarenakan tubuh berusaha melawan tumbuhnya sel kanker dengan membakar energi lebih banyak dari biasanya.

Dalam sebulan, berat badan penderita umumnya akan turun sebanyak 5–10% dari bobot awal.

4. Gatal dan ruam

Gejala yang satu ini biasanya terjadi pada limfoma jenis Hodgkin dan disebabkan oleh tubuh yang melepas zat sitokin untuk memerangi sel kanker.

5. Nyeri punggung bawah atau dada

Sel kanker dapat menyerang kelenjar getah bening yang terletak di antara tulang dada dan paru atau yang berada di area punggung bawah. Oleh karenanya, keluhan berupa nyeri di daerah dada atau punggung bawah umum dirasakan penderita limfoma.

Pengobatan Herbal Kelenjar Getah Bening

Kanker Getah Baning
Kanker Getah Bening | doktersehat.com

Secara medis, dokter akan menyarankan tindakan-tindakan berupa kemoterapi, operasi, radiasi, terapi eksperimental, serta transplantasi. Namun, tak ada salahnya penderita juga mengombinasikan tindakan medis tersebut dengan pengobatan herbal.

Berikut obat-obatan herbal dan alami yang dipercaya dapat bermanfaat melawan sel kanker.

1. Kunyit putih

Ada minyak atsiri yang terkandung di dalam kunyit putih yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kunyit putih juga merupakan sumber antioksidan yang bagus yang berperan menangkal radikal bebas penyebab sel kanker, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai tindakan pencegahan penyakit.

2. Sarang semut

Kandungan flavonoid dalam tanaman sarang semut memiliki banyak manfaat dalam melawan limfoma, di antaranya adalah mengakhiri pertumbuhan dan memperlambat siklus pembelahan sel kanker.

Selain itu, sarang semut juga diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh penderita.

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Kanker Getah Baning
Kanker Getah Bening | hellosehat.com

Hingga kini, penyebab penyakit kanker secara umum belum dapat diketahui dengan pasti, begitu pula dengan limfoma. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat berpengaruh pada munculnya sel kanker ini. Berikut adalah beberapa faktor di antaranya.

1. Usia. Siapa saja dapat terserang limfoma, tetapi sebagian besar penderita didominasi oleh mereka yang berumur di atas 60 tahun.

2. Penyakit autoimun. ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) dan penderita rheumatoid arthritis, lupus, serta sarcodiosis lebih rentan terkena limfoma karena kekebalan tubuhnya menurun.

3. Radiasi tingkat tinggi. Orang yang terpapar radiasi semacam ini (contoh: reaktor nuklir dan bom atom) berisiko tinggi terjangkit limfoma setelahnya.


Informasi mengenai ciri-ciri kanker getah bening beserta penyebab dan cara pengobatannya di atas semoga dapat menjadikan para pembaca awas akan penyakit ini. Berupaya hidup sehat menjadi satu-satunya cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read