Ciri-Ciri Jantung Lemah yang Tidak Boleh diabaikan

2 min read

Ciri-Ciri Jantung Lemah – Lemah jantung merupakan masalah kesehatan yang cukup serius dan perlu ditangani dengan cara yang tepat. Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham tentang ciri ciri jantung lemah sehingga masalah kesehatan ini sering diabaikan.

Jantung lemah sering dikaitkan dengan kardiomiopati. Kardiomiopati termasuk penyakit atau kelainan yang membuat otot jantung melemah, akibatnya organ tubuh yang satu ini tidak bisa memompa darah secara maksimal sehingga menimbulkan gangguan kesehatan.

Ciri-Ciri Jantung Lemah dan Cara Mengatasinya

Jantung Lemah
Jantung Lemah | icpcapsule.net

Ketika jantung tidak melakukan fungsinya dengan baik, maka akan timbul beberapa gejala yang akan dirasakan oleh tubuh. Berikut adalah beberapa ciri jantung lemah yang harus Anda waspadai.

  1. Detak jantung tidak teratur, terasa berdebar.
  2. Sering mengalami sesak napas.
  3. Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti pergelangan kaki dan tangan.
  4. Dada terasa nyeri atau seperti ditekan.
  5. Mudah lelah saat beraktivitas.
  6. Sering pusing dan mudah pingsan. Karena fungsi jantung dalam memompa darah sudah menurun, maka pasokan oksigen ke otak juga berkurang.

Apabila Anda mengalami ciri ciri jantung lemah, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih jelas. Dari pemeriksaan medis itulah, dokter kemudian akan menentukan cara penanganan yang tepat sesuai dengan diagnosisnya.

Cara mengatasi jantung lemah pun bisa bermacam-macam tergantung dari tingkat keparahannya. Beberapa cara untuk mengatasi lemah jantung adalah sebagai berikut:

1. Obat
Obat yang diberikan oleh dokter bisa beragam, mulai dari obat tekanan darah tinggi hingga untuk menjaga kestabilan detak jantung.

2. Operasi
Operasi bisa berupa pemasangan perangkat implan medis seperti alat pacu jantung. Bila organ ini benar-benar sudah memburuk, pilihan terakhir adalah operasi transplantasi jantung.

3. Ubah gaya hidup
Dokter tentu akan menyarankan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko lemah jantung. Gaya hidup sehat meliputi pola makan teratur, olahraga rutin, menghindari rokok dan alkohol, serta rajin memeriksakan diri ke dokter.

Bahaya Lemah Jantung

Jantung Lemah
Jantung Lemah – hellosehat.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lemah jantung adalah kondisi ketika organ penting ini tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya. Jantung tidak mampu memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, dan hal ini pastinya bisa berakibat cukup fatal.

Darah sendiri memiliki fungsi yang sangat penting, salah satunya adalah mengangkut oksigen. Jadi ketika darah tidak terpompa dengan baik, tentu hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah, misalnya sering merasa pusing atau mudah pingsan.

Lemah jantung juga tidak boleh dianggap sepele. Apabila diabaikan dan tidak segara ditangani dengan tepat, penyakit ini bisa berkembang menjadi gagal jantung yang jauh lebih berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

Makanan Lemah Jantung

Ciri-Ciri Jantung Lemah
Lemah Jantung | hellosehat.com

Ada cukup banyak makanan yang baik untuk kesehatan jantung, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Buah-buahan
Berry atau buah buni termasuk yang paling baik untuk kesehatan jantung, contohnya stroberi, blueberry, atau blackberry. Buah lain yang juga baik untuk dikonsumsi adalah apel, anggur, ceri, alpukat, jeruk, dan almon.

2. Sayur
Hampir semua jenis sayur bagus untuk kesehatan jantung, terutama brokoli, bayam, asparagus, dan kacang-kacangan. Sayuran tak hanya mengandung antioksidan, tapi juga serat tinggi yang baik untuk kardiovaskular.

3. Oatmeal
Oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan sudah terkenal sebagai salah satu makanan penyehat jantung. Oatmeal terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat, mengurasi tekanan darah tinggi, dan bisa menjaga kadar gula dalam darah.


Itulah ciri ciri jantung lemah dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan ragu untuk segera pergi ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut. Dan yang paling penting, tetaplah jaga kondisi tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *