Ciri-Ciri Jantung Koroner dan Bagaimana Pengobatannya

1 min read

Ciri-Ciri Jantung Koroner – Meski penyakit jantung koroner (PJK) sering disebut sebagai penyebab banyak kematian mendadak, namun gangguan kesehatan ini bukan tanpa gejala. Suatu keharusan bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri jantung koroner bahkan sejak diri merasa baik-baik saja.

Artikel ini akan membahas seluk-beluk tentang jantung koroner, termasuk penyebab dan pengobatannya. Mari simak sampai habis!

Gejala Jantung Koroner

Ciri-Ciri Jantung Koroner
Ciri-Ciri Jantung Koroner | hellosehat.com

Tersumbatnya pembuluh darah di jantung karena plak menumpuk merupakan asal-muasal terjadinya penyakit ini. Oleh sebab itu, penderita jantung koroner akan menampakkan gejala-gejala berikut ini.

1. Nyeri dada

Keluhan yang lebih dikenal dengan angina ini terjadi saat otot jantung tak memperoleh pasokan oksigen yang cukup. Rasanya seperti ada yang menekan dada saat penderita terlalu banyak melakukan aktivitas.

2. Keringat dingin

Otot jantung yang kekurangan pasokan oksigen mengakibatkan suatu keadaan yang dikenal dengan iskemia. Iskemia menjadi penyebab keluarnya keringat dalam jumlah lebih banyak dari biasa atau umum disebut dengan keringat dingin.

3. Mual

Iskemia juga memicu penderita merasakan mual dan muntah.

4. Sesak napas

Berbarengan dengan nyeri dada, keluhan penderita jantung koroner biasanya adalah kesulitan bernapas. Jika jantung bekerja tidak seperti biasa, umumnya sesak napas memang menjadi imbasnya.

Pengobatan Jantung Koroner

Pengobatan Jantung Koroner | hellosehat.com

Mengubah pola hidup dan mengonsumsi obat-obatan umumnya adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit jantung koroner. Mengubah pola hidup meliputi:

– tidak merokok;

– tidak minum minuman beralkohol;

– makan makanan bergizi seimbang: perbanyak serat, hindari yang mengandung lemak jenuh, kurangi konsumsi tinggi kalori dan gula;

– menghindari stres: pelajari manajemen pengelolaannya dan alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan favorit;

– mendapat cukup tidur;

– menjaga bobot tubuh ideal; dan

– teratur berolahraga setiap hari agar lemak yang tertimbun dalam tubuh dan menyumbat pembuluh darah dapat terbakar.

Adapun obat-obatan untuk penyakit ini yang umum diberikan dokter adalah:

– pengencer darah, untuk mencegah terjadinya pembekuan serta mengurangi risiko nyeri dada dan serangan jantung;

– statin, untuk memperlambat perkembangan penyakit;

– ACE inhibitors atau ARB, untuk menangani hipertensi;

– beta blockers, untuk mencegah nyeri dada dan menangani hipertensi pula;

– nitrat atau antagonis kalsium, untuk memperlebar pembuluh darah; serta

– diuretik, untuk mengurangi jumlah garam dan air dalam darah serta memperlebar pembuluh darah pula.

Namun, jika mengonsumsi obat-obatan tidak membuat penderita lebih baik, dokter akan menyarankan tindakan operasi. Berikut adalah tiga tindakan yang dapat dilakukan.

1. Pasang ring jantung

Disebut juga angioplasti koroner, cara melakukan prosedur ini adalah dengan memasukkan kateter ke bagian arteri yang bermasalah. Setelah itu, balon kecil akan dikembangkan melalui kateter untuk mengatasi arteri yang sempit.

2. Bypass jantung

Cara melakukan prosedur ini adalah dengan mengambil pembuluh darah dari bagian atau organ tubuh lain sebelum dicangkokkan ke daerah di antara arteri dan aorta melalui area yang bermasalah.

Jika ring jantung dapat dilakukan tanpa membedah, prosedur ini harus melalui pembedahan. Oleh sebab itu, bypass jantung umumnya hanya dilakukan ketika arteri yang menyempit diketahui ada lebih dari satu.

3. Transplantasi jantung

Prosedur yang satu ini termasuk operasi besar yang dilakukan ketika kerusakan jantung sudah parah. Transplantasi melibatkan penggantian jantung yang rusak dengan yang sehat, karenanya prosedur ini membutuhkan pendonor.


Informasi yang meliputi ciri-ciri jantung koroner dan pengobatannya di atas, dirangkum untuk Anda agar awas terhadap penyakit yang satu ini. Semoga Anda terhindar dari gangguan kesehatan yang membahayakan. Salam hidup sehat!

Ciri-Ciri Penyakit Kanker yang Patut Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Kanker – Sebelum timbul gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, yang menyebabkan jaringan tubuh normal...
Moh Hisyam
2 min read